Pantangan Makanan Asam Urat dan Kolesterol

Rheumapas.com – Tahukah anda jika asam urat dan kolesterol berkaitan? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa mereka yang sedang mengalami kadar kolesterol tinggi cenderung akan memiliki masalah pada asam urat. Sebagai informasi, asam urat merupakan penyakit yang disebabkan karena penumpukan zat asam urat pada darah yang dapat membuat gangguan pada persendian, tulang, otot, hingga jaringan ikat. Asam urat sendiri berkaitan dengan beberapa gangguan pada metabolisme tubuh, termasuk juga kolesterol. Diyakini, kadar kolesterol darah yang tinggi juga ikut dalam meningkatkan resiko datangnya masalah pada asam urat.

Mengingat masalah asam urat bisa memicu rasa nyeri pada persendian yang menyakitkan, ada baiknya jika penderita asam urat dan kolesterol tinggi mengurangi atau bahkan untuk tidak lagi mengkonsumsi beberapa jenis makanan sebagai berikut

Jeroan

Makanan pertama yang harus dihindari penderita asam urat dan kolesterol adalah jeroan. Jeroan bisa berupa hati, babat, kikil, ginjal, dan lain sebagainya. Jeroan mengandung zat purin yang sangat tinggi sehingga dapat membuat kadar asam urat pada tubuh meningkat. Tak hanya purin, jeroan juga memiliki kadar kolesterol jahat sehingga kurang baik untuk dikonsumsi.

Makanan laut

Beberapa makanan laut contohnya seperti ikan teri, kerang, ikan sarden, ikan tuna, dan ikan makarel yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat karena kaya dengan kandungan purin. Sementara itu, penderita kolesterol tinggi sebaiknya untuk tidak mengkonsumsi lobster, apalagi jika lobster ini di olah dengan digoreng.

Daging

Penderita asam urat dan kolesterol sebaiknya mulai untuk mengurangi asupan dagingnya. Beberapa jenis daging, khususnya untuk daging merah, yang ternyata kaya dengan kandungan purin dan kolesterol.

Minuman beralkohol

Minuman beralkohol, khususnya pada bir, mampu meningkatkan kadar asam urat dengan signifikan. Tak hanya itu, minuman beralkohol juga dapat membuat kadar trigliserida dan alkohol di dalam darah meningkat.

Baca juga