Manfaat Daun Kersen, yang Ternyata Baik untuk Kesehatan

Rheumapas.com – Anda tentunya telah mengenal pohon kersen atau yang dikenal juga dengan pohon seri. Selain buahnya yang enak untuk disantap, ternyata manfaat daun kersen juga baik untuk kesehatan, lho. Salah satunya adalah daun kersen untuk obat diabetes .Tanaman kersen pada dasarnya bisa digolongkan sebagai tanaman yang liar karena tumbuh bebas tanpa dibudidayakan.

Pohon kersen biasanya tumbuh di pekarangan rumah bersama dengan tanaman liar lainnya. Pohon kersen memiliki ciri yang khas yaitu buahnya yang berwarna merah serta berbuah tanpa mengenal musim. Buahnya juga memiliki rasa manis yang sangat khas dan banyak disukai orang. Tapi jangan hanya mengambil buahnya saja, karena daun kersen juga ternyata memiliki beragam manfaat

Kandungan Daun Kersen

Daun kersen memiliki beragam manfaat tentunya bukan tanpa alasan. Manfaat dari daun kersen ini didapatkan dari berbagai kandungan senyawa di dalamnya. Beberapa kandungan dalam daun kersen ini merupakan senyawa yang sangat penting untuk tubuh. Kandungan pada daun kersen antara lain adalah air, karbohidrat, lemak, serat, kalsium, protein, fosfor, zat besi, riboflavin, karoten dan niacin. Daun kersen juga memiliki kandungan yang lain seperti flavonoid, saponin, tanin, dan juga steroid.

Melihat dari kandungan yang ada dalam daun kersen, tentunya sudah tidak diragukan bahwa daun ini memang telah menyimpan banyak sekali manfaat. Salah satu manfaat dari daun kersen secara umum ialah sebagai antioksidan, antibakteri dan antiinflasmasi.

Daftar Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan

Setelah mengetahui tentang beberapa kandungan dari daun kersen, sekarang saatnya untuk mengetahui yang lebih detail tentang manfaat daun kersen. Apa saja manfaat dari daun kersen untuk kesehatan?

1. Mengontrol kadar kolesterol

Manfaat daun kersen yang pertama ialah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Berdasarkan penelitian, terbukti bahwa ternyata daun kersen juga dapat menurunkan kolesterol serta membantu menurunkan penimbunan lemak dalam pembuluh darah.

2. Mengobati diabetes

Selain dapat menurunkan kolesterol jahat, manfaat daun kersen untuk obat diabetes. Masih berkaitan bersama dengan kandungan flavonoid dan juga saponin di dalamnya, kedua kandungan ini juga ternyata mampu untuk membantu seksresi hormon insulin dalam tubuh.

3. Antikanker

Manfaat dari daun kersen selanjutnya adalah sebagai tanaman antikanker dan juga tumor. Kandungan senyawa tanin, saponin, dan juga flavinoid dalam daun kersen merupakan senyawa-senyawa antoksidan yang dapat menangkal radikal bebas, yang merupakan salah satu dari pemicu kanker.

4. Antibakteri

Bakteri adalah jenis dari mikroorganisme yang bisa menyebabkan berbagai infeksi dalam tubuh. Sifat antibakterinya ternyata juga merupakan salah satu manfaat dari daun kersen. Sebuah penelitian menyatakan bahwa ekstrak daun kersen mengandung senyawa flavonoid berupa flavonol, flavon da auron, yang telah terbukti memiliki daya antibakteri terhadap beberapa bakteri.

5. Anti peradangan

Manfaat dari daun kersen selanjutnya adalah dapat dijadikan sebagai obat anti inflamasi atau antiperadangan. Fungsi ini pada dasarnya berhubungan dengan poin sebelumnya.

6. Mencegah tekanan darah tinggi

Beberapa sumber juga telah mengakatakan bahwa daun kersen memiliki manfaat untuk darah tinggi. Penyakit darah tinggi dapat dikatakan sebagai penyakit yang sangat berbahaya karena dapat memicu penyakit lainnya seperti jantung dan stroke. Daun kersen memiliki manfaat yaitu untuk mencegah darah tinggi. Namun jika tekanan darah tinggi telah kambuh dan parah, obat herbal ini efektivitasnya dapat menurun.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Berdasarkan manfaat dari daun kersen seperti diatas, dapat dikatakan bahwa daun kersen memiliki manfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan antioksidan dan juga vitamin yang ada dalam daun kersen dapat membuat daun ini mampu memelihara tubuh dan dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit.

Baca juga