Cara mengolah daun kelor untuk mengobati asam urat sangatlah beragam, Anda bisa mengolahnya menjadi minuman sehat seperti teh atau jamu.

Rheumapas.com – Cara mengolah daun kelor untuk mengobati asam urat sudah cukup popular bagi semua masyarakat Indonesia, itu karena daun ini sendiri mengandung banyak sekali mineral baik dan vitamin.

Di beberapa tempat, daun ini bahkan bisa untuk mengatasi gizi buruk. Untuk mendapatkan manfaat penuh dari daun kelor tidaklah sulit, hal ini mengingat daun kelor sendiri tumbuhan yang mudah ditemui dimana saja, terutama daerah tropis seperti Indonesia.

Kandungan Nutrisi

Beberapa Negara seperti Vietnam, Inggris, Filipina, Thailand sudah mengenal cara mengolah daun kelor untuk mengobati asam urat. Hal ini karena, menurut penelitian, daun ini mengandung berbagai nutrisi seperti potassium yang lebih tinggi dari pisang, dan kalsium setara susu.

Selain itu tentu masih banyak lagi kandungan kelor ini, bagian yang biasa mengandung nutrisi sebagai obat asam urat biasanya memang daunnya atau kadang bijinya. Apa saja nutrisinya?

  1. Vitamin C

Vitamin C pada kelor cukuplah tinggi, vitamin ini tentu saja sangat baik dalam menjaga kekebalan tubuh dan bisa menangkal segala bentuk penyakit ringan seperti, flu, pilek, batuk, dan yang pasti asam urat. Kandungan Vitamin C dari kelor 7 kali lebih banyak dari jeruk.

  1. Potasium

Potasium terkenal dengan khasiatnya untuk menjaga kinerja syaraf dan otak pada manusia. Selama ini kita mengenal bahwa pisang sebagai sumber potassium yang besar. Namun tahukah Anda, banyak peneliti percaya bahwa kelor mengandung 3 kali jumlah potassium, jika dibandingkan pisang.

  1. Antioksidan

Ada 46 jenis antioksidan yang terdapat pada daun kelor. Antioksidan ini bisa menjadi pelindung sel sel tubuh Anda rusak akibat radikal bebas. Antioksidan sendiri juga bagus sekali untuk mengatas asam urat dan mencegahnya untuk kambuh.

Cara Mengolah Daun Kelor Untuk Obat Asam Urat

Pada dasarnya, cara mengolah kelor untuk mengobati asam urat cukup beragam, Anda bisa sesuaikan berdasarkan favorit Anda, diantaranya ada:

  1. Sayur

Anda yang suka makan sayur tentu senang jika memakan kelor sebagai campuran sayur bening atau sup. Anda bisa mengonsumsinya sebagai kudapansehari haridan mengurangi lemak di tubuh.

  • Ambil beberapa daun lalu cuci, jangan lupa siapkan juga beberapa bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, serai, garam, air dalam wadah.
  • Masukan semua bumbu tersebut kedalam panci, rebus sampai hingga bau harum tercium, itu tanda bahwa sayur siap untuk disajikan dan di konsumsi.
  1. Serbuk Kering

Untuk cara mengolah daun kelor selanjutnya adalah dengan menjadikanya obat serbuk dan bisa dikonsumsi melalui capsul atau minuman.

  • Ambilah beberapa lembar daun kelor secukupnya lalu cuci sampai bersih menggunakan air hangat.
  • Jika sudah, jemurlah daun yang sudah dicuci tadi dibawah terik matahari, dan tunggu hingga kering.
  • Setelah itu, Anda tinggal tumbuk dan haluskan daun kelornya, lalu Anda bisa saring sampai mendapatkan serbuk yang paling halus.
  • Simpan pada tempat sejuk di dalam wadah, Anda bisa meminumnya dengan air atau mengonsumsinya bersama makanan favorit Anda.

Daun kelor mengandung banyak manfaat, tentu masih ada beberapa cara mengolah daun kelor untuk mengobati asam urat selain yang di atas tadi, Anda bisa mencampurkan juga serbuk yang sudah ditumbuk dengan teh, tentu rasanya akan enak. Atau tumbukannya itu di kasih sedikit air sehingga bisa menjadi serbuk oles. Namun jika Anda tak mau repot.

daun kelor untuk asam urat

Klik Untuk Lihat Produk

Anda bisa mengonsumsi obat yang terbuat dari daun sambiloto yang sudah dioleh secara higienis dan modern, yaitu Rheumapas. Obat ini bermanfaat mengatasi asam urat, mengeluarkan racun dan menjaga kekebalan tubuh. Lebih banyak manfaat bisa Anda rasakan dengan berkunjung ke marketplace kami disini.

Konsultasi Via Whatsapp Order Via Shopee Order Via Tokopedia

Baca Juga : Daun Salam bisa Digunakan Untuk Mengobati Asam Urat