8 Dampak Buruk Kebiasaan Telat Makan bagi Kesehatan (Bahaya)

Rheumapas.com – Banyak yang menyepelekan untuk makan tepat waktu. Sebagai contoh, banyak orang yang malas untuk sarapan agar tidak telat dan di siang atau malam hari banyak sekali orang yang masih disibukkan dengan pekerjaan. Faktanya, ada bahaya jika telat makan yang mengintai Anda.

Dampak jika telat makan bagi kesehatan tubuh

Pakar kesehatan menyebutkan kebiasaan telat makan akan mengacaukan berbagai sistem pada tubuh, termasuk pada sistem metabolisme. Dampaknya bagi kondisi kesehatan pun tidak bisa disepelekan.

Berikut merupakan beberapa dampak buruk telat makan bagi kesehatan tubuh:

1.  Gangguan pada sistem metabolisme

Kebiasaan makan yang tidak teratur dapat membuat sistem metabolisme tubuh menjadi terganggu.

Hal ini disebabkan karena tidak konsistennya waktu tubuh untuk mendapatkan asupan nutrisi makanan. Ritme sirkadian pada tubuh pun akan kebingungan dengan hal ini hingga pada akhirnya kesulitan untuk melakukan proses pembakaran kalori serta penyerapan nutrisi dengan baik. Lama-kelamaan hal ini dapat berimbas pada meningkatnya berat badan serta risiko obesitas.

2.  Menyebabkan gangguan fungsi otak

Kita tentu akan sulit untuk berpikir ketika sedang lapar, bukan?

Pakar kesehatan menyebut bahwa kebiasaan telat makan memang dapat menurunkan fungsi otak dengan signifikan. Selain sulit untuk berpikir atau susah untuk berkonsentrasi, kita juga akan lebih mudah mengalami pusing. Masalahnya adalah jika kita sedang bekerja di tempat yang membutuhkan konsentrasi tinggi, bisa jadi kondisi ini bisa menyebabkan datangnya kecelakaan.

3.  Gangguan memori

Selain gangguan kognitif seperti susah untuk berkonsentrasi dan berpikir, kebiasaan telat makan juga dapat membuat kita mudah lupa.

Hal ini juga terkait dengan tidak adanya sumber energi yang didapatkan otak untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Masalahnya adalah mudah lupa akan memberikan dampak negatif bagi kehidupan sehari-hari.

4.  Tubuh teras lemas

Kebiasaan telat makan juga akan membuat tubuh menjadi lemas karena tidak adanya asupan sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, wajah kita juga akan terlihat menjadi lebih pucat dan tidak segar. Hal ini berarti, selain tubuh yang tidak fit, penampilan tubuh juga dapat terpengaruh.

5.  Membuat tubuh mudah sakit

Dampak telat makan ternyata juga dapat berakibat membuat kita mudah jatuh sakit.

Hal ini disebabkan karena tubuh yang tidak mendapatkan nutrisi makanan dengan maksimal. Hal ini dapat berpengaruh besar pada kekuatan sistem kekebalan tubuh. Beberapa jenis penyakit yang dapat muncul jika kita terlalu sering telat makan biasanya adalah tipes, maag, dan flu.

6.  Rambut lebih mudah rontok

Rambut rontok ternyata juga bisa disebabkan karena kebiasaan telat makan.

Hal ini disebabkan karena tubuh yang tidak mendapatkan nutrisi dengan maksimal akibat dari kebiasaan telat makan. Akar rambut pun dapat menjadi tidak subur hingga akhirnya membuat rambut menjadi lebih mudah untuk rontok.

7.  Perut menjadi buncit

Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan melalui cara melewatkan waktu makan. Padahal, pada realitanya kebiasaan ini akan membuat perut untuk lebih rentan membuncit. Hal ini disebabkan karena kebiasaan ini yang meningkatkan produksi hormon kortisol yang justru akan merangsang tubuh lebih banyak untuk menyimpan lemak di dalam perut.

8.  Gangguan siklus menstruasi

Bagi kaum hawa, kebiasaan telat makan  dapat menyebabkan gangguan siklus menstruasi. Bahkan, pada banyak kasus, bisa jadi hal ini dapat menyebabkan gangguan kesuburan.

Melihat fakta-fakta seperti di atas ini, sebaiknya memang kita menerapkan pola makan yang sehat serta tidak pernah telat makan pada setiap harinya.

Baca juga