Rheumapas

Daftar Tanaman untuk Obat Rematik

Rematik merupakan penyakit yang menyebabkan rasa sakit karena persendian atau otot yang mengalami pembengkakan atau peradangan. Pada umumnya kerusakan yang terjadi dapat menyebabkan rasa nyeri yang hebat bahkan sampai menjadikan sendi kehilangan fungsinya untuk bergerak sehingga dapat mengganggu kegiatan sehari-hari.

Menanggapi hal ini ternyata terdapat tanaman untuk obat rematik yang bisa digunakan untuk mengatasi kondisi tersebut secara alami. Obat pereda nyeri dan juga pola hidup sehat umumnya menjadi rekomendasi dari para dokter untuk membantu mengatasi gangguan rematik.

Namun selain itu, kita bisa memanfaatkan obat alami yang bisa digunakan untuk  membantu meredakan rasa nyeri akibat rematik. Penyakit rematik sendiri memiliki berbagai jenis, mulai dari osteoarthritis, rheumatoid arthritis, sindrom Sjorgen, penyakit asam urat, dan lupus. Pada semua jenis penyakit rematik tersebut, peradangan terlibat sebagai salah satu bagian dari proses penyakit rematik itu sendiri.

Tanaman untuk Obat Rematik

Oleh sebab itu, tidak sedikit dari penderita yang memilih untuk menggunakan tanaman obat rematik yang mengandung antiradang dan dapat dikonsumsi sehari-hari untuk meredakan peradangan serta gejala penyakit rematik lainnya. Berikut ini beberapa daftar tanaman untuk obat rematik yang bisa digunakan untuk  meredakan peradangan secara alami.

1. Lada hitam dan kunyit

Selain dibutuhkan sebagai bumbu dalam masakan kari, kunyit juga umum dimanfaatkan sebagai obat untuk menyehatkan pencernaan tradisional di Negara India. Bukan hanya itu saja, kunyit ternyata juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit rematik.

Kandungan kurkumin di dalam kunyit adalah senyawa aktif yang bersifat antioksidan kuat, antibakteri, antiradang dan juga antijamur. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa kunyit dapat dijadikan sebagai tanaman untuk obat rematik secara alami. Sayangnya, kandungan zat tersebut tidak begitu mudah dapat diserap oleh tubuh.

Untuk memudahkan penyerapan secara maksimal, tanaman kunyit membutuhkan peran dari lada hitam yang memiliki kandungan piperin. Kandungan piperin dalam lada hitam tersebut merupakan senyawa aktif yang sudah terbukti mampu membantu meringankan sakit kepala, mual, gangguan pencernaan dan juga bersifat anti inflamasi.

Perpaduan antara sedikit lada hitam dan kunyit diyakini dapat menjadi obat untuk mengatasi rematik secara alami dengan melawan peradangan dan meredakan rasa nyeri di area sendi.

2. Jahe

Jahe merupakan rempah yang dipercaya mengandung sifat antiradang karena senyawa gingerol di dalamnya. Tanaman herbal ini sudah sangat populer dimanfaatkan untuk mengurangi mual yang biasanya dialami oleh ibu yang sedang mengandung pada trimester pertama.

Disamping itu, riset menyebutkan bahwa rempah yang memiliki aroma khas ini cukup ampuh sebagai salah satu tanaman untuk obat rematik. Jahe dinyatakan mampu meredakan gejala peradangan sendi dengan menekan senyawa yang menimbulkan rasa sakit dan juga peradangan.

3. Teh hijau

Teh hijau memiliki kandungan polifenol yang cukup banyak dan menjadi antioksidan. Kandungan tersebut diyakini mampu menurunkan rasa nyeri dan peradangan yang muncul akibat rematik. Selain itu, senyawa aktif yang terdapat di dalam teh hijau dipercaya mampu mengubah respon yang tidak normal di dalam sistem kekebalan tubuh penderita rematik. Dengan demikian rasa sakit yang dialami bisa berkurang.

Teh hijau banyak disediakan di pasaran serta cara untuk mengkonsumsinya pun cukup mudah. Hal ini menjadikan teh hijau sangat ideal untuk dijadikan sebagai tanaman untuk obat rematik secara alami.

4. Bawang putih

Bawang putih sudah terbukti ampuh untuk mengatasi peradangan sendi. Hal ini menjadikannya mampu dimanfaatkan sebagai salah satu tanaman untuk obat rematik alami, misalnya osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Rempah yang memiliki bau kuat ini memberikan efek antiradang dengan menghambat produksi dari zat sitokin pemicu reaksi radang.

5. Kayu manis

Tanaman untuk obat rematik berikutnya adalah kayu manis yang mengandung sifat antioksidan kuat sehingga mampu menghambat kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas. Riset baru-baru ini menyatakan bahwa kayu manis yang dimakan secara teratur dapat menurunkan nyeri serta pembengkakan sendi bagi penderita rematik. Hal ini menunjukkan jika kayu manis juga dapat dijadikan pilihan obat rematik alami.

Meskipun masih membutuhkan riset lebih lanjut untuk membuktikan keefektifannya terhadap rematik, namun tidak ada salahnya jika anda memanfaatkan rempah ini menjadi bagian dari menu masakan anda. Selain mendapatkan manfaat berupa antiradang yang dimilikinya, anda juga bisa memperoleh makanan dengan cita rasa dan aroma yang khas.

Namun demikian, pastikan untuk mengkonsumsi kayu manis dalam batas wajar karena jika dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan pembekuan darah.

Nah, itulah tanaman untuk obat rematik yang bisa anda coba untuk mengatasi rematik secara alami. Selain itu anda juga bisa mengkonsumsi produk herbal Rheumapas yang bagus untuk mengatasi gejala rematik, dibuat dari ekstrak temulawak dan sambiloto. Bukan hanya menggunakan obat rematik saja, namun juga diharapkan untuk menerapkan gaya hidup sehat serta menjaga berat badan. Selain itu, usahakan untuk istirahat dalam waktu yang cukup setidaknya 8 jam setiap hari.

Tinggalkan Komentar