Rheumapas

Daftar Makanan Penyebab Asam Urat dan Rematik

Perlu Anda ketahui bahwa kadar asam urat di dalam darah sangatlah dipengaruhi oleh makanan yang Anda konsumsi. Saat tubuh kelebihan kadar asam urat maka bisa memperburuk kesehatan tubuh. Begitu juga dengan rematik yang juga sangat dipengaruhi oleh pola makan Anda sehari-hari. Sebab saat Anda salah menerapkan pola makan maka dapat memperparah peradangan sendi yang disebabkan oleh rematik. Untuk itulah sangat penting bagi Anda untuk mengetahui jenis-jenis makanan penyebab asam urat dan rematik.

Makanan Penyebab Asam Urat dan Rematik

Asam urat dan rematik merupakan dua jenis penyakit yang berbeda dari segi penyebabnya. Namun kedua jenis penyakit ini sama-sama menimbulkan nyeri dan radang sendi yang sangat mengganggu. Bagi penderita asam urat atau rematik sebaiknya perlu mewaspadai jenis makanan penyebab asam urat dan rematik. Terlebih bagi Anda yang belum mulai menunjukkan gejala salah satu penyakit tersebut sebaiknya perlu waspada agar terbebas dari dua penyakit tersebut.

Sebagai jenis penyakit yang sama-sama menimbulkan masalah di bagian sendi, menjadikan penyakit ini juga memiliki makanan penyebab yang hampir sama. Ketika seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi purin maka bisa menyebabkan asam urat dan lama kelamaan akan memicu terjadinya rematik. Dengan demikian memang seharusnya Anda perlu menjaga pola makan dan membatasi mengkonsumsi makanan penyebab asam urat dan rematik antara lain sebagai berikut:

1. Jeroan

Jeroan merupakan salah satu makanan penyebab asam urat dan rematik yang mengandung kadar purin tinggi. Jenis jeroan yang biasanya dikonsumsi tetapi memiliki kandungan purin tinggi yaitu hati, usus, ampela, jantung, otak dan sebagainya.
Meskipun memiliki rasa yang gurih, namun mengkonsumsi jeroan dalam jumlah yang banyak dan terus menerus maka bisa memicu asam urat maupun rematik.
Bahkan bagi yang sudah memiliki masalah asam urat atau rematik dapat meningkatkan risiko kambuh dan nyeri sendi yang menyiksa. Selain bisa menyebabkan asam urat dan rematik, jeroan juga dapat memicu penyakit lain seperti hipertensi, jantung, obesitas dan lain-lain.

2. Seafood

Seafood termasuk jenis makanan yang mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Namun penderita asam urat dan rematik sebaiknya membatasi atau bahkan menghindari seafood karena jenis makanan ini tinggi kandungan purin.
Adapun jenis makanan penyebab asam urat dan rematik dari ketagori seafood yaitu lobster, udang, ikan sarden, ikan teri, kerang, tiram dan kepiting. Bagi penderita asam urat atau rematik, mengkonsumsi seafood juga memperbesar peluang kambuh dan rasa nyeri sendi yang amat sakit.

2. Daging Merah

Daging merah seperti daging kambing dan daging sapi merupakan jenis makanan yang memiliki kadar protein tinggi. Akan tetapi Jenis makanan ini ternyata juga termasuk dalam makanan penyebab asma urat dan rematik. Sebab di dalam daging merah terkandung purin yang tinggi sehingga dapat menyebabkan asam urat dan memperparah kondisi rematik. Untuk memenuhi kebutuhan protein bagi penderita asam urat dan rematik maka bisa diganti dengan biji-bijian seperti kacang kedelai, kacang hijau dan sebagainya.

3. Jenis Sayuran Tertentu

Selain dikenal sebagai makanan yang menganding banyak mineral dan vitamin, ternyata sayuran juga termasuk dalam makanan penyebab asam urat dan rematik. Namun tidak semua jenis sayuran bisa menyebabkan asam urat atau rematik. Terdapat beberapa jenis sayuran tertentu yang perlu diwaspadai karena mengandung purin yang tinggi. Jenis sayuran yang dimaksud tersebut yaitu jamur, bayam, sawi, kangkung dan kembang kol.

4. Santan

Sebagian dari Anda mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa santan termasuk jenis makanan yang mengandung banyak purin. Hal inilah yang membuat santan termasuk dalam kategori makanan penyebab asam urat dan rematik. Kandungan purin di dalam santan dapat memicu nyeri sendi yang menyaktikan bagi penderita rematik serta meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Bagi Anda yang tidak ingin terkena risiko asam urat atau rematik sebaiknya batasi konsumsi santan dalam menu makanan setiap hari.

Selain membatasi dan menghindari beberapa jenis makanan pantangan untuk asam urat dan rematik, Anda sebaiknya mengkonsumsi obat pereda asam urat dan rematik. Adapun obat yang sangat direkomendasikan bagi penderita asma urat dan rematik yaitu Rheumapas. Dimana Rheumapas merupakan produk herbal yang dibuat dari ekstrak tumbuhan sambiloto dan temulawak. Kedua jenis tumbuhan ini sejak dahulu sudah dikenal sebagai obat asam urat dan rematik yang ampuh dan tidak menimbulkan efek samping.

Dengan mengkonsumsi Rheumapas yang dikemas dalam bentuk kapsul secara rutin, maka masalah asam urat dan rematik seperti nyeri sendi, radang sendi hingga sendi yang membengkak dapat disembuhkan secara bertahap. Selain itu, Rheumapas juga telah memperoleh izin POM sehingga aman dikonsumsi selama mengikuti aturan pakai yang tertera di kemasan.

Baik asam urat maupun rematik sebetulnya bisa disembuhkan tetapi membutuhkan proses yang tidak instan. Selain menerapkan pola hidup sehat dan membatasi jenis makanan yang disebutka di atas, Anda juga bisa mengkonsumsi Rheumapas. Sebab produk herbal satu ini sudah terbukti ampuh, aman dan bebas efek samping untuk mengatasi masalah asam urat maupun rematik yang menyiksa.

Baca  Juga : Tips Mudah Mengatasi Nyeri Sendi di Rumah

Tinggalkan Komentar