Rheumapas

Daftar Anjuran Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Bagi penderita asam urat memang sangat penting memperhatikan jenis makanan yang boleh maupun tidak boleh dikonsumsi. Pengaturan makan memang sangat dianjurkan bagi penderita asma urat supaya jaringan sendi bisa berfungsi secara optimal. Selain itu, pilihan makanan bagi penderita asam urat juga tak kalah penting untuk mencegah terjadinya serangan asam urat yang menyiksa. Dengan demikian Anda perlu mengetahui apa saja anjuran makanan untuk penderita asam urat yang perlu diterapkan sehari-hari.

Anjuran Makanan Bagi Penderita Asam Urat

Penyakit asam urat pada umumnya disebabkan oleh adanya pembetukan kristal urat pada jaringan tubuh. Masalah tersebut sering terjadi di bagian sendi serta menghasilkan jenis arthritis menyakitkan. Sebetulnya penyebab pasti adanya asam urat memang belum diketahui secara pasti. Namun menurut para ahli, penyakit asam urat kemungkinan terjadi karena adanya kombinasi faktor yang meliputi hormonola, keturunan dan makanan.

Dengan demikian bagi penderita asam urat sebaiknya perlu memperhatikan anjuran makanan untuk penderita asam urat sebagai kunci untuk mengendalikan asam urat. Selain membatasi konsumsi makanan tinggi purin, Anda juga perlu memperhatikan anjuran makanan sebagai berikut:

1. Memenuhi Kebutuhan Karbohidrat

Anjuran makanan untuk penderita asam urat yang pertama yaitu dengan memenuhi kebutuhan karbohidrat. Sebab karbohidrat adalah sumber energi yang utama bagi penderita asam urat. Biasanya penderita asam urat diberikan karbohidrat dalam jumlah cukup tinggi yaitu sebesar 65-75 persen dari total kebutuhan kalori per hari.

2. Membatasi Asupan Protein

Asam urat yang berlebih berasal dari metabolisme purin. Sedangkan purin adalah bagian dari nukleoprotein. Makanan memang hanya sedikit mempengaruhi proses pembentukan serta pemecahan purin. Sehingga pembatasan makanan yang mengandung purin tidak bisa mengurangi simpanan purin dalam tubuh.
Namun penderita asam urat sebaiknya membatasi atau bahkan menghindari makanan yang tinggi purin. Supaya menurunkan stres metabolik sekaligus mengurangi penggunaan obat-obatan. Makanan untuk penderita asam urat sebaiknya diberikan protein sebesar 1 gram per kg dari berat badan.

3. Membatasi Konsumsi Lemak

Penderita asam urat dianjurkan mengkonsumsi lemak dalam jumlah yang sedikit yakni 10-25 persen dari total kalori per hari. Makanan untuk penderita asam urat tersebut bertujuan untuk memelihara berat badan dan membatasi konsumsi lemak saat diet rendah purin bertujuan agar terhindari dari asidosis yang menjadikan urine lebih asam dan mempersulit pembuangan asam urat. Selain itu, makanan dengan kandungan lemak jenuh harus dihindari oleh penderita asma urat agar tidak memperparah peradangan.

Anjuran makanan untuk penderita asam urat sebaiknya mengutamakan makanan dengan asam lemak omega-3 untuk memperkuat sendi serta mengurangi peradangan. Adapun jenis makanan yang mengandung omega-3 yang bagus dikonsumsi oleh penderita asam urat antara lain ikan, kenari, salmon, biji bunga matahari, ikan air tawar dan sebagainya.

4. Membatasi Konsumsi Purin

Makanan yang Anda konsumsi setiap harinya mengandung purin kurang lebih 600-1.000 mg. Bagi penderita asam urat sebaiknya batasi konsumsi purin sekitar 100 – 150 ng per hari. Jenis makanan mengandung purin tinggi yang perlu dibatasi yaitu minuman beralkohol, jeroan, ikan sarden, kepiting, kerang, sarden kalengan, kaldu daging, kembag kol, dan sebagainya.

5. Konsumsi Makanan yang Kaya Akan Vitamin A dan Vitamin C

Makanan untuk penderita asam urat berikutnya yaitu mengkonsumsi makanan yang akan akan vitamin A dan vitamin C. Sebab jenis makanan tersebut sangat bagus melawan radikal bebas sekaligus membantu meningkatkan kesehatan tendon, otot dan jaringan. Namun pemberian vitamin A maupun Vitamin C sebaiknya tetap memperhatikan angka kecukupan gizi.

6. Perbanyak Konsumsi Serat

Penderita asam urat dianjurkan mengkonsumsi serat sebanyak 20-30 gram per hari. Sebab kebutuhan serat yang tercukup akan mempercepat proses pembuangan sebelum akhirnya sisa makanan berbuah menjadi tosik.

7. Kurangi Jenis Makanan Siap Saji

Penderita asam urat sebaiknya perlu membatasi konsumsi makanan siap saji karena jenis makanan ini mengandung asam arakhidonat yang cukup tinggi. Dimana kandungan tersebut saat masuk ke dalam tubuh akan berubah menjadi senyawa yang kuat dan bisa menyebabkan terjadinya peradangan.

Bagi Anda yang selama ini sering tersiksa karena nyeri sendi atau peradangan sendi yang disebabkan oleh asam urat sebaiknya perlu memperhatikan makanan untuk penderita asam urat. Selain itu, untuk merningankan rasa sakit tersebut, Anda sebaiknya mengkonsumsi Rheumapas. Produk satu ini dibuat dari dua ekstrak tumbuhan yang berkhasiat atasi asam urat dan masalah sendi akibat asam urat.

Dua ekstrak tanaman tersebut yaitu sambiloto dan temulawak yang keduanya sudah dikenal sebagai obat pereda asam urat yang ampuh. Selain itu, Rheumapas sudah memiliki izin POM sehingga terjamin kualitas dan keamanannya. Dengan kandungan bahan alami yang ampuh atasi menjadikan produk ini cocok dikonsumsi untuk meredakan nyeri sendi, mengurangi peradangan sendi, membantu proses pengeluaran asam urat hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk mencegah terjadinya kambuh dan nyeri sendi asam urat yang menyakitkan maka Anda perlu memperhatikan makanan untuk penderita asam urat. Apabila keluhan yang disebabkan oleh asma urat tak kunjung sembuh, cobalah mengkonsumsi Rheumapas. Sebab produk ini diformulasikan untuk atasi masalah asam urat yang dijamin ampuh, aman dan bebas efek samping.

Baca Juga : 7 Pilihan Olahraga untuk Penderita Penyakit Rematik

Tinggalkan Komentar