8 Ciri-ciri Usus Buntuk Yang Harus Anda Ketahui

Usus buntu atau apendisitis disebabkan karena peradangan atau pembengkakan yang terjadi pada organ apendiks hingga menyebabkan nyeri pada bagian perut kanan. Meskipun usus buntu bukanlah penyakit yang mematikan atau menular, namun bisa menjadi sebuah komplikasi yang serius bagi penderita.

Usus buntu yang telah meradang jika dibiarkan dapat pecah sehingga infeksi akan menyebar pada lapisan perut (peritonium) dimana terdapat banyak pembuluh darah sehingga infeksi mudah menyebar ke aliran darah seluruh tubuh (sepsis). 

Berikut Merupakan Ciri Ciri  Usus Buntu Yang Perlu Diketahui

1. Sakit Perut Kanan Bawah

Sakit perut terjadi karena usus meradang dan juga membengkak, sehingga menimbulkan rasa yang sangat sakit. Sakit perut akan terasa lebih menyakitkan ketika berjalan, menggerakkan perut, pada saat batuk, bersin, hingga ketika mengalami guncangan pada saat berkendara.

2. Sakit Perut Cepat Memburuk

Banyak yang sulit untuk membedakan sakit perut usus buntu atau maag karena sekilas, keduanya memiliki gejala yang cukup sama. Namun tidak seperti dan juga maag atau penyakit lainnya, karena sakit perut karena usus buntu dapat memburuk dengan cepat, hal ini terjadi dikarenakan infeksi dan bengkak yang makin dibiarkan maka semakin memburuk.

3. Badan Panas atau Demam Ringan

Gejala dan tanda usus buntu yang mirip dengan penyakit lainnya yaitu demam. Jadi, ketika mengalami sakit perut seperti yang dijelaskan sebelumnya bahkan sampai tidak bisa berdiri, dan mengalami demam, maka bisa jadi itu adalah ciri-ciri usus buntu Anda sedang meradang.

4. Mual, Muntah, dan Tidak Nafsu Makan

Mual sampai ingin muntah serta hilang nafsu makan juga merupakan gejala yang sering muncul pada usus buntu. Tidak nafsu makan, rasa mual dan juga muntah ringan biasanya terjadi pada awal bahkan sebelum adanya rasa sakit di perut.

5. Sembelit atau Diare

Sembelit dan juga diare mungkin juga muncul seperti ciri-ciri adanya masalah pada pencernaan lainnya, dan pada beberapa orang gejala ini mungkin tidak muncul atau mungkin akan muncul setelah mengalami sakit perut.

6. Perut Kembung

Perut kembung bisa terjadi karena susah kentut, dan Ini merupakan gejala pelengkap, perut akan terasa kembung, terkadang susah kentut.

7. Sering Buang Air Kecil 

Usus buntu juga sering ditandai dengan seringnya buang air kecil, hal ini disebabkan karena usus buntu membengkak sehingga menekan kandung kemih dan mengakibatkan perasaan ingin buang air kecil terus menerus.

8. Perut Kembung 

Perut kembung dan gas yang berlangsung pada beberapa hari dapat menjadi gejala atau ciri-ciri usus buntu. Jika keadaan ini diikuti dengan rasa nyeri yang parah pada perut bagian kanan bawah, demam atau gejala yang lain tersebut diatas, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter. 

Kapan Harus Ke dokter?

Radang usus buntu merupakan penyakit yang hanya dapat didiagnosa oleh dokter. Karena ciri-ciri diatas merupakan rujukan saja, namun untuk memastikan apakah mengalami usus buntu atau tidak, makadokter harus melakukan beberapa tes. 

Baca juga