Rheumapas

Ciri-ciri Rematik Tulang yang Harus Diwaspadai

yang bisa timbul ketika kekebalan tubuh keliru menyerang jaringan-jaringan yang ada pada sendi. Hal ini mengakibatkan sendi mengalami peradangan dan memicu ciri rematik tulang. Nyeri sendi merupakan kondisi yang tidak dapat disepelekan. Kondisi kesehatan yang sudah dikenal masyarakat dapat memicu rasa nyeri pada area sendi ini adalah rematik atau disebut dengan penyakit perongrong sendi. Di dunia medis, penyakit ini disebut sebagai artritis rheumatoid

Ciri Rematik Tulang

Cara untuk mendiagnosis penyakit rematik ini tidaklah mudah. Terdapat beberapa cara yang harus dilakukan untuk mengetahui kondisi ini misalnya dengan tes laboratorium menggunakan sinar X. Hal ini akan membantu mengidentifikasi apakah seseorang mengidap penyakit rematik atau tidak. Namun orang yang memiliki rasa nyeri pada sendi disinyalir menjadi salah satu ciri rematik tulang sehingga harus selalu hati-hati.

Berikut ini ciri-ciri rematik tulang yang sering terjadi :

1. Kesemutan atau mati rasa

Gejala mati rasa ataupun kesemutan ini merupakan hal yang wajib untuk anda waspadai karena bisa saja merupakan ciri rematik tulang. Area yang biasanya mengalami gejala ini antara lain tangan dan pergelangan kaki.

Adanya sensasi pada bagian kaki atau tangan terjadi akibat adanya pembengkakan di lengan. Perasaan nyeri ini bisa lebih buruk saat malam hari, ada baiknya anda melakukan pengompresan pada kaki atau tangan yang mengalami gejala tersebut.

2. Cedera

Sejumlah orang mungkin mengalami kaki yang terkilir atau cedera, namun hal ini bisa cepat diatasi atau bahkan dianggap bukanlah hal yang serius. Namun nyatanya kondisi ini disinyalir merupakan salah satu ciri rematik tulang. Selain itu, ciri ini juga sering dirasakan pada anak yang masih berusia muda sehingga harus dilakukan penanganan dengan tepat dan cepat.

3. Sendi terasa pegal

Salah satu ciri rematik tulang yang sangat dominan dan dianggap sering terjadi pada penderita penyakit perongrong sendi ini merupakan rasa sakit pada area sendi. Nyeri pada sendi bisa berlangsung lama bahkan lebih dari seminggu.

Hal ini juga bisa mempengaruhi kaki, tangan dan juga lutut yang turut merasakan nyeri pada waktu yang bersamaan. Mayoritas masyarakat berfikir bahwa rasa sakit ini muncul karena pengeroposan tulang atau kelelahan, padahal kenyataanya gejala ini merupakan ciri dari penyakit tulang yang harus diwaspadai dan segera ditangani.

4. Sendi terasa kaku terutama di pagi hari

Ciri rematik tulang lainnya adalah sendi yang terasa sangat kaku. Biasanya sendi kaku ini akan sangat terasa ketika pagi hari. Hal ini juga menjadi masalah umum yang kebanyakan dialami oleh penderita rematik. Kondisi ini akan menyebabkan penderita mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari misalnya seperti rasa sakit sesudah melakukan pekerjaan dalam waktu lama.

Rasa kaku pada bagian sendi ini memang akan menjadi ringan setelah beberapa lama, namun tetap saja penderita dilarang untuk melakukan aktifitas yang berat terutama melakukan aktifitas terlalu lama.

5. Sendi terkunci

Penderita rematik tulang terkadang juga mengalami sendi seperti terkunci, khususnya pada area siku dan juga lutut. Hal ini terjadi akibat banyaknya pembengkakan tendon pada area sekitar sendi yang menyebabkan sendi terasa sulit untuk ditekuk. Kondisi ini juga dapat mengakibatkan kista pada belakang lutut yang bisa membengkak atau bahkan menghambat pergerakan pengidapnya.

6. Masalah mata

Selain dapat mempengaruhi sistem gerak pada tubuh, penderita rematik tulang juga memiliki resiko terkena gangguan autoimun atau sindorm sjogrens yang bisa mengakibatkan kekeringan pada bagian mata, hidung, mulut, kulit dan juga tenggorokan.

Kekeringan ini dapat muncul sebagai efek dari adanya peradangan. Gangguan kesehatan ini mengharuskan penderita untuk menemui dokter mata dan mengetahui penyebabnya, namun sebenarnya pemeriksaan dari spesialis reumatologi juga dibutuhkan jika gejala yang dirasakan tidak kunjung membaik.

7. Masalah pada kaki

Rematik tulang terkadang juga terjadi pada bagian depan kaki. Para wanita yang mengenakan sepatu high heels biasanya sering mengeluhkan rasa sakit dikarenakan adanya tekanan yang cukup kuat pada bagian depan kaki.  Oleh sebab itu, bagi anda yang mungkin sangat suka memakai sepatu high heels, usahakan untuk membatasi pemakaian agar kaki tidak mengalami gejala rematik.

Beberapa penderita rematik biasanya juga mengalami rasa sakit pada area tumit karena plantar fasciitis, yakni gangguan kaki umum akibat pembengkakan jaringan pada bagian bawah kaki di dekat tumit.

8. Nodul

Nodul atau benjolan yang dapat tumbuh pada kulit di dekat persendian yang mengalami rematik biasanya sering dialami pada area siku belakang. Pada penderita rematik stadium lanjut dapat menjadikan penderita tidak bisa melakukan aktivitas keseharian serta kualitas hidupnya akan menurun.

Demikian beberapa ciri rematik tulang yang harus senantiasa kita waspadai demi menjaga kesehatan tubuh setiap saat. Menjaga kesehatan sedari dini sangat diharapkan yakni dengan menerapkan pola makan yang sehat dan rajin berolahraga. Selain itu, disarankan untuk megkonsumsi produk Rheumapas yang merupakan obat herbal ampuh untuk mengatasi resiko penyakit rematik tulang dan menurunkan  rasa sakit akibat nyeri sendi.

Tinggalkan Komentar