Rheumapas

Ciri-ciri Asam Urat Tinggi yang Harus Diwaspadai

Asam urat kerap dianggap sebagai salah satu jenis penyakit orang tua karena banyak yang menderita penyakit ini saat manusia sudah berusia lanjut. Namun, sekarang ini penyakit asam urat nyatanya juga dapat mempengaruhi siapa saja tanpa memandang usia. Baik laki-laki maupun perempuan memiliki resiko yang sama untuk mengalami penyakit ini, meski memang laki-laki lah yang berpotensi lebih tinggi. maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui ciri-ciri asam urat tinggi.

Asam urat merupakan senyawa alami yang dihasilkan tubuh dengan jumlah wajar. Selama asam urat dalam tubuh berada dalam kadar yang wajar maka tubuh akan sehat-sehat saja. Namun berbeda jika kadar asam urat dalam tubuh tinggi maka tubuh akan mengalami penyakit asam urat dan menimbulkan rasa nyeri. Semakin tinggi kadar asam urat dalam tubuh seseorang maka rasa nyeri pun semakin tak tertahankan.

Ciri-ciri Asam Urat Tinggi

Selain rasa nyeri pada bagian persendian, terdapat beberapa gejala lain yang menjadi ciri-ciri asam urat tinggi. Nah, dalam ulasan berikut ini kami ingin membahas mengenai apa saja ciri-ciri asam urat tinggi yang harus kita waspadai demi menjaga kesehatan tubuh kita.

1. Nyeri sendi yang sangat parah


Ciri-ciri asam urat tinggi yang pertama adalah rasa nyeri yang tidak tertahankan pada bagian sendi. Nyeri sendi ini menjadi gejala umum yang muncul saat tubuh kita memiliki kadar asam urat yang tinggi di dalam darah. Hal ini bisa terjadi karena ginjal tidak dapat mengolah asam urat dengan baik sehingga menumpuk di dalam tubuh.


Asam urat yang menumpuk dalam persendian dapat mengeras hingga berubah menjadi kristal. Akibat pengkristalan tersebut sendi mengalami peradangan hingga menimbulkan nyeri yang tak tertahankan.


Bagian sendi yang umumnya diserang nyeri karena asam urat yang tinggi antara lain lutut, jempol kaki, pergelangan kaki, ibu jari dan juga siku. Rasa nyeri sendi akibat penyakit asam urat inipun juga dapat muncul secara tiba-tiba. Biasanya, nyeri sendi akibat asam urat ini sering menyerang saat malam hari.

2. Sendi membengkak dan lunak

Ciri-ciri asam urat tinggi berikutnya bisa kita lihat melalui penampilan persendian yang mengalami masalah. Sendi yang nampak membengkak dan lunak saat ditekan menandakan bahwa kadar asam urat dalam tubuh terlalu banyak.
Pembengkakan sendi ini dapat terjadi karena jaringan pelapis sendi sinovium mengalami pembengkakan. Selain itu bisa juga terjadi karena peningkatan jumlah pelumas sendi (cairan sinovial). Kedua kondisi tersebut menjadi tanda bahwa sedang terjadi peradangan aktif dalam sendi karena sel-sel darah putih banyak mengalir ke sendi.

3. Warna kemerahan pada kulit sendi yang sakit


Saat sendi mengalami peradangan, maka aliran darah dalam tubuh menjadi meningkat. Namun darah tersebut mengalir menuju bagian sendi yang bermasalah. Hal ini disebut dengan istilah vasodilatasi. Kondisi tersebut membuat sendi mengalami perubahan warna menjadi kemerahan. Warna kemerahan pada kulit bagian sendi yang terasa nyeri dapat menjadi ciri-ciri asam urat tinggi.

4. Rasa panas pada area sekitar sendi


Ciri-ciri asam urat tinggi berikutnya adalah persendian yang terasa panas dan nampak bengkak. Rasa panas pada bagian persendian ini merupakan efek dari peradangan sendi. Proses inflamasi atau peradangan ini dapat mengakibatkan sistem kekebalan tubuh menjadi rusak. Hal ini karena peptida (protein kecil) dilepaskan oleh sistem imun dalam tubuh menuju jaringan lunak pada area sendi.


Zat yang mengakibatkan proses peradangan juga memicu cairan pada area sekitar sendi berkumpul. Hal ini menjadikan aliran darah terus meningkat dan mengakibatkan sendi terasa hangat sekaligus nampak bengkak.

5. Muncul benjolan (tophi)


Asam urat yang dibiarkan terlalu lama bisa memicu penyakit lain yang akan membahayakan kesehatan tubuh. Bahkan jika penyakit asam urat ini terlambat ditangani bisa menjadi salah satu pemicu penyakit kronis. Tophi atau benjolan keras dapat berkembang pada kulit dan persendian serta jaringan lunak yang terdapat disekelilingnya.


Keberadaan benjolan keras ini secara permanen dapat mengakibatkan kerusakan sendi. Oleh karena itu, diperlukan perawatan sesegera mungkin saat anda merasakan nyeri pada sendi agar penyakit asam urat tidak menimbulkan komplikasi atau penyakit kronis.

Mengetahui ciri-ciri asam urat tinggi dapat membant anda untuk lebih berwaspada dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Jika ciri-ciri asam urat tinggi di atas anda rasakan sebaiknya segera lakukan pengobatan khusus atau berkunjung ke dokter. Dengan demikian asam urat akan segera hilang dan tidak memicu penyakit lain yang tidak diinginkan.

Salah satu obat herbal yang dapat membantu mengobati penyakit asam urat adalah Rheumapas. Produk herbal ini terbuat dari tumbuhan alami sambiloto dan temulawak yang bagus untuk menjaga kesehatan sendi.

Produk ini berkhasiat untuk mengurangi nyeri sendi, membantu mengeluarkan asam urat berlebih dalam tubuh, mengurangi peradangan dan juga membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Tinggalkan Komentar