ciri asam urat naik

Ciri Asam Urat Naik Yang Paling Umum

Berbagai Ciri-Ciri Asam Urat Naik

Asam urat merupakan bentuk dari penyakit osteoarthritis yang dapat menyebabkan sendi tiba-tiba menjadi berwarna kemerahan, membengkak, dan terasa sakit. Penyakit ini bisa saja menyerang seluruh persendian mana saja. Akan tetapi sendi lutut, pergelangan kaki, dan juga jempol merupakan yang paling sering terkena serangan asam urat ini. Apa saja gejala dan ciri-ciri asam urat naik?

Gejala umum ketika kadar asam urat tinggi

Asam urat sering dianggap penyakitnya orang tua alias penyakit lansia. Namun, penyakit ini bisa memengaruhi semua orang tanpa dengan memandang usia. Pria maupun wanita juga sama-sama bisa berisiko mengalami penyakit ini, meski memang cenderung lebih banyak terjadi pada pria.

Asam urat sebenarnya adalah senyawa alami yang diproduksi tubuh pada kadar sewajarnya. Tubuh Anda juga bisa menghasilkan asam urat ketika memecah zat purin dari setiap makanan yang Anda makan. Selama kadar asam urat dalam tubuh dalam batas normal, Anda tidak akan mengalami penyakit ini. Penyakit ini muncul akan ketika kadar asam urat melonjak naik.

Ciri-ciri asam urat naik  yang paling umum adalah:

1. Nyeri sendi parah

Nyeri sendi merupakan salah satu gejala yang paling umum muncul ketika kadar asam urat pada sedang darah tinggi.

2. Sendi bengkak dan lunak

Ciri-ciri nyeri sendi akibat karena asam urat juga bisa dilihat dari penampilan persendian yang bermasalah. Sendi bermasalah karena gejala asam urat tinggi biasanya terlihat bengkak dan terasa lunak ketika ditekan.

3. Kulit di persendian yang sakit berwarna kemerahan

Jika persendian yang bermasalah tidak hanya bengkak dan nyeri akan tetapi kulitnya juga akan tampak berwarna merah terang, ini bisa jadi ciri-ciri asam urat.

Pada jumlah normal, asam urat akan dibuang melalui air kencing. Namun ketika tubuh terlalu banyak menghasilkan asam urat, ginjal akan kesulitan untuk memprosesnya. Kelebihannya bisa  menumpuk, kemudian membentuk kristal pada persendian. Ini menyebabkan peradangan.

4. Rasa panas di sekitar sendi

Gejala asam urat juga bisa menyebabkan persendian bengkak dan memerah terasa panas. Sensasi panas yang muncul pada persendian ini adalah efek dari proses peradangan.

Ciri-ciri asam urat yang kurang umum

Asam urat memiliki banyak ciri-ciri yang umum terjadi. Akan tetapi, gejala yang biasanya muncul berdasarkan tingkat keparahan dan komplikasi yang terjadi.

Berikut ini merupakan beberapa gejala yang kurang umum namun dapat menyerang Anda kapan saja akibat kadar asam urat tinggi:

1. Gejala mirip flu

Peradangan yang dialami ketika asam urat biasanya dapat menjadi cukup parah apabila tidak bisa diobati. Uniknya, gejala peradangan akibat karena asam urat tinggi bisa timbul mirip seperti gejala flu. Selain nyeri sendi, kadang serangan asam urat juga dapat dibarengi dengan demam tinggi, nyeri otot, dan kelelahan.

2. Mengalami batu ginjal

Gejala asam urat tinggi yang sudah parah antara lain merupakan pembentukan batu ginjal. Ini karena asam urat tinggi akan menumpuk di dalam darah dan membentuk kristal dalam ginjal. Kristal bisa menjadi batu besar dan akan terasa sangat menyakitkan.

3. Tophi

Ciri-ciri asam urat yang parah lainnya ialah pengendapan kristal asam urat di bawah kulit.

Pengendapan ini dapat terlihat seperti benjolan (nodul) berwarna putih di bawah kulit persendian, termasuk jari pada kaki, lutut, dan siku. Akan tetapi, nodul juga bisa muncul di mana saja di tubuh Anda, termasuk kanal tulang belakang.

4. Nyeri sendi sacroiliac di bagian panggul

Ciri-ciri nyeri asam urat pada umumnya terasa di bagian kaki atau spesifiknya pada jempol kaki.

Namun, ada juga gejala asam urat yang muncul pada persendian lain bernama sacroiliac. Sendi ini terletak pada kedua sisi panggul antara sakrum dan ilium.

5. Nyeri pergelangan tangan

Nyeri sendi pada pergelangan tangan juga bisa menjadi ciri-ciri asam urat. Kondisi ini disebut dengan gout polyarticulari, yang artinya penyakit Anda memengaruhi lebih dari satu sendi.

Diagnosis gout polyarticular akibat karena penyakit asam urat biasanya sulit untuk dipastikan. maka dokter butuh pemeriksaan laboratorium dengan cara mengambil sampel sendi Anda terlebih dahulu.

Baca juga : Asam Urat di Tumit dan Cara Mengatasinya

Gejala asam urat berdasarkan tahapannya

Gejala atau ciri-ciri asam urat biasanya akan muncul dengan tiba-tiba, tidak bisa diprediksi, dan sering terjadi di tengah malam. Sebagian besar gejala atau ciri-ciri asam urat hanya dapat terjadi dalam beberapa jam selama 1-2 hari.

Namun pada kasus yang parah, nyeri sendi bisa saja terjadi dalam waktu selama berminggu-minggu. Jika Anda mengalami gejala ini, maka penyakit yang Anda miliki sudah cukup parah. Ada pula yang merasakan ciri-ciri-ciri asam urat 6 hingga 12 bulan dalam intensitas yang berbeda tiap harinya.

Ada tiga tahapan asam urat berdasarkan dari tingkat keparahannya, yaitu:

1. Tahap pertama

Ciri-ciri asam urat bisa mulai terlihat dari kadar asam urat yang sudah tinggi di dalam darah.

Akan tetapi belum ada gejala asam urat yang akan muncul. Atau bisa saja Anda tidak akan pernah merasakan gejala asam urat.

2. Tahap kedua

Memasuki tahap kedua, kadar asam urat yang terlalu tinggi sudah mulai membentuk kristal-kristal pada jari kaki.

Ciri-ciri asam urat yang dapat dirasakan pada tahap ini ialah nyeri, bengkak, dan sakit kemerahan pada area sendi, tetapi tidak akan berlangsung lama.

3. Tahap ketiga

Di tahap ketiga, gejala asam urat tidak kunjung hilang dan kristal-kristal asam urat yang terbentuk tidak hanya akan menumpuk di satu sendi saja. Pada tahap ini akan muncul seperti gumpalan-gumpalan yang sudah mengkristal pada bawah kulit. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa nyeri yang lebih parah dan dapat merusak tulang-tulang rawan.

Kapan harus ke dokter?

Apabila Anda mengalami gejala asam urat masih umum seperti diatas, segera ke dokter. Dokter akan mencoba untuk mendiagnosis kondisi Anda dengan melakukan tes asam urat pada darah dan urine. Ini berguna untuk mengetahui apakah nyeri sendi Anda yang dialami disebabkan karena asam urat atau bukan.

Segera hubungi dokter jika Anda mengalami asam urat tinggi  namun dengan diiringi ciri-ciri sebagai berikut:

  • Ini merupakan serangan sakit sendi karena asam urat yang pertama Anda. Anda akan mengalami sendi yang kaku dan nyeri parah. Segera periksakan ke dokter untuk diagnosis awal.
  • Anda mengalami demam yang tinggi hingga merasa kedinginan. Gejala serangan asam urat ini dapat menjadi tanda adanya peradangan yang akan menyerang persendian.
  • Anda harus pergi ke dokter apabila gejala Anda tidak membaik setelah 2 hari paling cepat atau bahkan hingga 1 minggu paling lama setelah minum obat pereda nyeri. Karena sebagian besar ciri-ciri serangan asam urat ini akan hilang dengan sendirinya dalam tujuh hingga dengan 10 hari bahkan tanpa minum obat

Baca juga

Tinggalkan Komentar