Rheumapas

Cara Tradisional Mengobati Rematik

Rematik merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang persendian serta bagian lain yang ada di sekitarnya. Pada dasarnya, terdapat lebih dari 100 macam penyakit rematik di dalam dunia medis. Salah satu yang sudah sering kita dengar adalah radang sendi atau rheumatoid artritis. Tak sedikit masyarakat Indonesia yang mengalami penyakit rematik dan mencari cara tradisional mengobati rematik terbaik.

Cara Tradisional Mengobati Rematik

Rematik sendiri dapat memicu rasa nyeri, kekakuan pada sendi dan juga bengkak. Umumnya, gejala rematik muncul di area kaki, tangan serta di sekitar pegelangan. Masalah ini bisa diatasi dengan berbagai cara tradisional seperti ulasan di bawah ini.

1. Melakukan kompres

Kompres dingin menggunakan es batu di bagian sendi yang mengalami peradanga bisa membantu menurunkan resiko bengkak. Sensasi dingin yang timbul dari kompres es batu ini bisa sedikit membantu meredakan rasa nyeri. Akan tetapi, apabila Anda merasakan gejala rematik seperti tegang dan nyeri, berendam atau mandi di air hangat akan sangat membantu meredakan kondisi tersebut.

Disamping itu, Anda juga bisa menggantinya dengan memakai handuk yang sebelumnya sudah direndam di dalam air hangat.

2. Relaksasi dan istirahat

Sangat penting bagi Anda untuk memiliki waktu tidur yang cukup. Pastikan Anda tidur dengan nyenyak selama 8 jam dalam sehari. Akan tetapi, apabila malam tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tidur tersebut, maka Anda bisa menggantinya dengan jam tidur siang.

3. Jahe

Cara tradisional mengobati rematik berikutnya adalah dengan memanfaatkan rempah jahe yang sangat mudah ditemukan dipasaran. Jahe merupakan rempah yang sering dipakai untuk alternatif obat untuk mengatasi rasa tidak nyaman pada perut atau mual.

Jahe memiliki kandungan zat yang sangat penting sebagai efek anti radang. Anda dapat mengkonsumsi jahe secara rutin yang diklaim mampu meredakan peradangan akibat gejala rematik.

4. Menggunakan pereda nyeri

Gel, krim da lotion bisa dioleskan secara langsung pada bagian kulit yang terasa nyeri agar gejala radang sendi atau rematik bisa berkurang. Bahan aktif yang ada di dalam pereda nyeri ini bisa diserap kulit dan mejadikan nyeri berkurang.

5. Melakukan olahraga sehat

Olahraga secara teratur adalah cara yang bagus untuk memperluas gerakan sendi serta melatih otot agar tidak kaku. Pemanasan, berenang, berjalan maupun aerobik bisa menjadi contoh olahraga ringan yang tidak akan memberatkan sendi.

Aktivitas olahraga ini juga bisa Anda lakukan dimana saja bahkan di rumah. Anda bisa berjalan santai atau lari-lari ringan dengan memutari halaman berkali-kali sesuai kemampuan Anda. Agar lebih seru, Anda bisa mengajak teman atau saudara untuk melakukan olahraga bersama.

6. Melakukan meditasi mindfulnes

Meditasi ini merupakan momen kesadaran ketika kita berlatih untuk membawa perhatian penuh atas apa saja yang kita lakukan kala itu. Melakukan meditasi ini bisa membantu pasien rematik untuk merasa rileks dan menurunkan rasa sakit akibat gejalanya.

Duduk pada satu posisi di waktu yang cukup lama ketika meditasi mungkin akan terasa sangat menyakitkan. Namun jika Anda sudah terbiasa maka proses meditasi justru akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan rileks.

7. Yoga

Cara tradisional mengobati rematik selanjutnya adalah dengan melakukan yoga. Adapun olahraga ini sangat berfokus pada teknik relaksasi dan pernapasan. Olahraga yoga ternyata dapat memberikan manfaat bagi penderita rematik sebab memiliki gerakan yang mampu melatih kelenturan serta keseimbangan tubuh.

Yoga memang tidak bisa dilakukan sembarangan, jika Anda  belum pernah melakukan yoga sebelumnya maka Anda bisa meminta instruktur yoga untuk mengajari olahraga seru ini. Selain itu, Anda juga bisa melihat tutorial yang sudah banyak tersedia di Youtube.

8. Berhenti Merokok

Merokok menjadikan seseorang beresiko mengalami berbagai macam masalah bagi kesehatan, termasuk penyakit rematik. Aktivitas ini bisa mengakibatkan peradangan yang akan memperburuk kondisi rematik.

9. Memperhatikan pemakaian sendi

Menyadari pemakaian sendi pada setiap aktivitas menjadikan kita mampu menurunkan tekanan di bagian sendi yang rematik. Misalnya seperti mengangkat barang atau hal berat yang lain. Pastikan Anda selalu memperhatikan pemakaian sendi dengan baik sebagai cara tradisional mengobati rematik.

10. Mengatur pola makan

Makanan yang kita konsumsi bisa berpengaruh pada kesehatan secara menyeluruh. Jenis makan yang disarankan sebagai cara tradisional mengobati rematik yaitu makanan dengan kandungan anti inflamasi dan antioksidan, misalnya :

  • Buah-buahan
  • Yogurt
  • Sayuran rebus atau mentah
  • Rempah

Nah, itulah penjelasan mengenai cara tradisional mengobati rematik yang bisa Anda terapkan dengan mudah. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi obat herbal pereda nyeri rematik Rheumapas. Obat herbal ini dibuat dari ekstrak sambiloto dan temulawak yang dapat membantu menurunkan gejala nyeri pada sendi. Produk herbal dari PT Tiga Puspa ini hadir dalam bentuk kapsul yang bisa Anda minum tanpa efek samping.

Tinggalkan Komentar