Cara Pijat Refleksi Sakit Pinggang Untuk Sembuh

Aktivitas yang padat dan juga terlalu banyak duduk seringkali dapat membuat kita mengalami sakit pinggang. Pada umumnya keluhan sakit yang kita dapat saat alami sakit pinggang erat hubungannya dengan susunan dan fungsi tulang belakang. Tulang belakang sebetulnya tersusun oleh beberapa ruas sehingga membentuk kesatuan fungsi, maka dari itu dapat berfungsi melakukan gerakan-gerakan yang kita inginkan, contohnya seperti: berdiri, jongkok, duduk, memutar, membungkuk, atau juga miring.

Deretan tulang belakang membentuk sebuah lengkungan ke depan ke daerah leher kita dan pinggang, dan juga lengkungan ke belakang di daerah dada dan pinggul kita. Antara tulang belakang yang satu dengan tulang yang lainnya yang terdapat persendian sehingga dapat dan memungkinkan gerakan untuk berputar ke kanan dan juga ke kiri.

Di antara semua bagian dari unit fungsional tersebut, semuanya mempunyai persarafan yang mampu mengantar rangsangan nyeri. Segala proses yang bisa menyebabkan tarikan, robekan, ataupun tekanan pada bagian-bagian tersebut hingga akan mengakibatkan nyeri pinggang. Demikian pula dengan proses peradangan dengan bagian tersebut, dapat juga menimbulkan efek atau gejala sakit pinggang.

Rasa nyeri dan rasa kaku pada pinggang dirasakan pada pagi hari dan dirasakan selama bertahun-tahun, sehingga lama kelamaan sakit tersebut dapat merambat ke atas tulang belakang hingga akan berdampak serta mengakibatkan punggung menjadi lebih kaku dan punggung akan menjadi bungkuk.

Penyebab dari sakit pinggang :

  1. Ditemukan gangguan mekanik dengan struktur dan kesatuan fungsi pada tulang belakang;
  2. Gerak dan sikap badan yang salah saat kita membungkuk atau mengangkat beban /barang
  3. Pemakaian sepatu kurang baik atau tumit tinggi, karena pada keadaan normal tulang belakang di daerah pinggang yang mempunyai lengkungan ke depan. Apabila lengkungan itu ke depan dengan berlebihan, hal itulah yang dapat menimbulkan gejala sakit pinggang.
  4. Tidur menggunakan alas / dasar yang terlalu lentur, hal itu akan membuat tulang belakang mengikuti lenturan alas yang kita tiduri.
  5. Jarang berolahraga atau bergerak, sehingga akan menimbulkan kelenturan sendi-sendi dan jaringan akan ikut menurun, sehingga otot akan mudah untuk cedera walaupun gerakan yang saderhana, seperti: mengangkat atau membungkuk.

Sakit pinggang juga muncul karena adanya pengaruh suatu penyakit, seperti gangguan dengan ginjal, penyakit jantung, penyakit tulang, kanker ataupun gangguan metabolik. Sakit pinggang yang ditimbulkan karena penyakit ginjal biasannya karena adanya suatu kelainan dengan air kemih. Kelainan itu berupa darah di dalam air kemih karena adanya kerusakan dinding saluran pada ginjal akibat luka yang diakibatkan karena batu ginjal, untuk cara pengobatannya bisa dilakukan dengan pijat urat, bagian-bagian yang harus dipijat diantaranya sebagai berikut :

Keterangan cara pijatĀ Pijat Refleksi Sakit Pinggang :

Berikut merupakan cara pijat sakit pinggang sesuai dengan gambar penjelasan diatas

  1. Hal pertama yang harus Anda dilakukan adalah mengoleskan pada area punggung dan pinggang dengan minyak hangat. Juga oleskan hingga rata dan lakukan pemijatan pelan.
  2. Pada titik A, lakukan pijatan dari atas kea rah kebawah.
  3. Pada titik B, lakukan pemijatan dengan memutar.
  4. Pada titik C, lakukan pemijatan kea rah kesamping.
  5. Lakukan pemijatan pelan pada seluruh titik A, B, C

Untuk yang lebih jelasnya mengenai cara Pijat Refleksi Sakit Pinggang, kalian dapat melihat gambar yang sudah disediakan di atas.

Baca juga