Lutut Sering Sakit dan Berbunyi? Lakukan Hal Ini

Rheumapas.com – Bertambahnya usia akan membuat kepadatan tulang dan kekuatan sendi menjadi berkurang. Salah satu bagian yang terasa perubahannya ialah lutut. Jika pada usia 20-an lutut Anda masih terasa kuat, maka rasa sakit dan juiga berbunyi mungkin mulai akan terjadi menjelang usia 35 tahun. Ketika kondisi ini sedang terjadi, banyak yang malah justru membatasi olahraganya, terutama yang bertumpu pada lutut. Pandangan yang seperti ini tampaknya sedikit keliru karena ada beberapa gerakan yang justru akan ikut menjaga kesehatan lutut Anda.

Berikut merupakan beberapa gerakan yang dapat sembuhkan lutut yang berbunyi:

SQUAT

Banyak orang ygang menghindari gerakan squat ketika alami lutut yang sakit atau berbunyi. Padahal jika Anda melakukan squat dengan benar secara rutin dalam 2 – 3 bulan, maka kekuatan lutut akan kembali optimal. Apabila Anda sudah mencoba untuk squat namun kondisi lutut tetap sakit, sebaiknya Anda melakukannya dengan arahan dan bimbingan personal trainer.

JUMP SQUAT 

Jika sudah terbiasa untuk nmenjalankan squat dengan benar, maka sertai lompatan saat melakukannya. Akan tetapi perhatikan kekuatan dan posisi kaki untuk menghindari cedera. Lakukan sebanyak 4 set dengan masing-masing 15 kali squat jump.

WALKING LUNGE

Langkahkan kaki jauh ke depan untuk melakukan gerakan ini. Angkat tumit kaki  kea rah belakang, kemudian turunkan badan hingga kaki depan dan belakang menekuk. Ganti posisi kaki dengan berkala. Lakukan 3 sesi dengan 15 kali dengan bergantian pada kaki

LOW SIDE-TO-SIDE LUNGE

Gerakan ini mengharuskan posisi kaki terbuka ke arah samping. Kepalkan 2 tangan di depan dada kemudian tekuk pada salah satu kaki Anda. Lakukan sebaliknya hingga dengan 3 sesi dengan 15 kali pada setiap kaki.

MOUNTAIN CLIMBERS

Posisikan tubuh seperti ingin melakukan push-up. Arahkan lutut kanan mendekat ke dada dan kemudian kembalikan pada posisi seperti pemula. Lakukan gerakan yang sama untuk lutut bagian kiri. Awali dengan tempo yang lambat dan tingkatkan semakin semaksimal.

LATERAL BAND WALKS

Lingkarkan kedua paha menggunakan rubber band. Buka kaki Anda agar rubber band terasa dengan kencang. Gerakkan salah satu kaki Anda ke arah samping sebanyak 20 kali kemudian ganti dengan kaki yang lainnya. Lakukan gerakan sebanyak 3 sesi pada masing-masing kaki.

Untuk melakukan gerakan seperti di atas, Anda tidak perlu terburu-buru untuk mencapai jumlah yang ditentukan. Anda boleh mengurangi jumlahnya namun harus semakin ditingkatkan setiap kali melakukan latihan. Rasakan perbedaannya setelah melakukan olahraga rutin selama 2 hingga 3 bulan.

Baca Juga