Rheumapas

Cara Menurunkan Asam Urat Mudah dan Aman

Jumlah penderit gout atau asam urat di Indonesia tidak sedikit, penyakit asam urat sendiri adalah kondisi yang ditandai dengan munculnya rasa nyeri, bengkak, kemerahan, atau panas di area sendi. Kondisi ini disebabkan karena kadar asam urat dalam tubuh tinggi. Lantas, bagaimana cara menurunkan asam urat?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara menurunkan asam urat, perlu Anda ketahui bahwa asam urat dapat menyerang bagian sendi mana pun pada tubuh. Akan tetapi, kondisi ini lebih sering ditamukan pada sendi bagian ujung kaki, jari tangan, pergelangan tangan, dan lutut.

Ada beberapa factor yang menyebabkan kadar asam urat dalam tubuh tinggi. Penyebab utamanya adalah akibat terlalu banyak dan sering mengonsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi, seperti daging merah, jeroan, dan makanan laut. Purin sendiri merupakan zat yang diproses dengan asam urat, sehingga semakit tinggi purin maka tubuh pun semakin banyak mengonsumsi asam urat. Selain purin, asam urat tinggi juga dapat disebabkan karena gangguan metabolism, penyakit ginjal, penyakit tiroid, efek samping obat-obatan, hingga akibat kecanduan alkohol.

Sayangnya penyakit asam urat tidak dapat disembuhkan secara total. Meski demikian, penyakit ini dapat dikendalikan dengan penanganan yang tepat. Itulah mengapa cara menurunkan asam urat penting untuk diketahui.

Cara Menurunkan Asam Urat

Ada beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah, yaitu :

1. Batasi konsumsi makanan tinggi purin

Seperti yang telah Anda ketahui, asam urat merupakan zat yang membantu mengurai kandungan purin dalam tubuh. Dengan begitu, semakin tinggi kadar purin dalam tubuh maka semakin tinggi pula produksi asam urat. Oleh karena itu, penderita asam  harus menjaga asupan makanannya dengan membatasi makanan yang mengandung purin tinggi.

2. Konsumsi makanan rendah purin

Purin pada dasarnya adalah pemicu tingginya kadar asam urat dalam darah, sehingga diperlukan untuk meningkatkan konsumsi makanan rendah purin. Beberapa jenis makanan yang diketahui memiliki kandungan purin rendah adalah susu atau produk susu rendah lemak, selai kacang, buah-buahan, sayuran, roti, kentang, dan kopi.

Namun perlu Anda ingat, bahwa perubahan pola makan ini tidak akan menghilangkan asam urat, melainkan hanya mencegah kadar asam urat tinggi dan timbulnya gejala yang parah.

3. Konsumsi buah dan sayuran tinggi vitamin C

Beberapa penelitian menunjukan bahwa buah dan sayuran mengandung vitamin C tinggi dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam darah. Dalam hal ini, jenis buah yang direkomendasikan untuk penderita asam urat adalah jambu, jeruk, nanas, papaya, semangka, dan kiwi.

Sementara itu, untuk sayuran untuk penderita asam urat antara lain adalah bayam, brokoli, kembang kol, tomat, kentang, dan paprika.

4. Banyak minum air putih

Air putih dapat membantu membuang kelebihan asam urat berlebih dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena air putih dapat menghasilkan lebih banyak urin. Dengan begitu asam urat lebih banyak terbuang melalui urine sehingga tidak menumpuk di dalam tubuh.

Selain air putih, Anda juga bias mengonsumsi susu atau produk susu atau yogurt rendah lemak menurunkan asam urat.

5. Menjaga berat badan ideal

Memiliki berat badan yang sehat dan ideal sangat banyak manfaatnya, salah satunya adalah dapat membantu mengurangi risiko penykakit asam urat.

Sementara itu, kelebihan berat badan (obesitas) dapat menyebabkan meningkatnya tekanan darah dan kolesterol, yang mana juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Oleh karena itu, selalu jaga berat badan sehat dan ideal untuk jangka panjang dengan lebih aktif berolahraga atau aktivitas fisik, konsumsi makanan gizi seimbang dan bernutrisi.

6. Hindari alkohol dan minuman manis

Mengonsumsi alkohol serta meinuman manis seperti soda dan jus buah dalam kemasan secara berlebihan juga dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam darah. Selain itu, alkohol dan minuman manis juga dapat menambah kalori yang tidak diperlukan ke dalam makanan, sehingga berpotensi menaikkan berat badan.

7. Minum kopi

Kopi diketahui dapat menurunkan risiko asam urat karena memiliki kandungan purin yang rendah. Bahkan, beberapa penelitian menunjukan bahwa orang yang minum kopi memiliki risiko kecil terserang penyakit tersebut. Namun, jika Anda memiliki masalah pada lambung sebaiknya jangan minum kopi berlebihan.

8. Obat Herbal sebagai Solusi Asam Urat

Selain beberapa cara mengobati asam urat secara alami diatas, konsumsi obat herbal juga menjadi salah satu akternatif yang disarankan untuk membantu mengatasi asam urat. Salah satu produk yang recommended sebagai obat asam urat adalah Rheumapas. Produk herbal ini dibuat dari ekstrak tanaman yang ampuh untuk meredakan nyeri sendi, menghilangkan radang sendi atau bengkak akibat asam urat.

Obat herbal Rheumapas juga memiliki khasiat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta mengeluarkan asam urat berlebih dalam tubuh. Dengan demikian, anda dapat mencoba mengkonsumsi Rheumapas sebagai cara mengobati asam urat secara alami sekaligus menjaga kesehatan tubuh agar selalu bugar sepanjang hari.

Tinggalkan Komentar