Rheumapas.com – Anda pasti pernah melihat ada beberapa orang dengan lutut seolah kopong. Selain tidak sedap untuk dipandang, dengkul kopong akan mengalami sakit bagi yang mengalaminya ketika berjalan, bahkan ketika berdiri. Padahal rutinitas kita sehari-hari dibutuhkan untuk berjalan dan berdiri. Penderita juga akan mengalami nyeri pada sendi lutut. Tentu saja hal itu dapat mengganggu anda yang mengalami lutut kopong. Lantas bagaimanak caranya mengobati lutut kopong, atau apa saja faktor yang mempengaruhi nya?

Sebenarnya ada banyak cara dalam menyembuhkan lutut kopong ini disesuaikan bersama tingkat keparahan lutut kopongnya. Pada tingkat keparahan tersebut tentu cara menyembuhkannya pun berbeda. Disarankan bagi anda agar segera mengatasinya, karena akan mengundang berbagai penyakit lainnya, Berikut adalah 3 cara menguatkan lutut kopong:

Lutut Kopong dengan Tingkat Ringan

Lutut kopong tingkat ringan ini termasuk pada level yang paling ringan sehingga penanganannya tergolong cukup mudah. Anda cukup menguatkan lutut kopong dengan istirahat yang cukup. Selain dari itu, anda juga harus mengubah pola makan menjadi pola makan yang sehat alami. Agar lebih optimal, perhatikan posisi tidur yang baik bagi kesehatan. Anda harus segera melakukan cara-cara itu agar tidak lebih parah kondisinya, karena tingkat ini belum masuk pada tahap pengobatan.

Lutut Kopong Tingkat Menengah

Tingkat selanjutnya merupakan lutut kopong tingkat menengah. Bagi anda yang menderita ini, anda harus melibatkan peran dokter dalam mengatasinya. Biasanya dokter akan memberikan penanganan dan pemberian beberapa obat rematik serta anti inflamasi. Tujuannya agar lutut kopong segera sembuh dan malah tidak menjadi parah ke tingkat selanjutnya. Dokter juga biasanya akan menyarankan kepada anda agar memerhatikan pola makan dan gaya hidup yang baik.

Lutut Kopong Tingkat Berat

Tingkat yang terakhir ialah lutut kopong tingkat berat. Jika lutut kopong menengah saja anda sudah disarankan untuk pergi kedokter, begitupun dengan tingkat berat ini, wajib bagi anda untuk memeriksakannya ke dokter. Dokter juga biasanya akan memberikan obat rematik atau obat anti inflamasi. Bahkan, dokter juga akan melakukan suntik pada bagian lutut. Sedangkan yang lebih parahnya lagi, dokter akan menyarankan mengambil tindakan operasi untuk lutut kopong tersebut. Setelah operasi anda harus melalui tahap penyembuhan hingga sampai masa pasca operasi selesai.

Demikianlah 3 cara untuk menguatkan lutut kopong, dijamin ampuh asalkan anda lakukan dengan rutin setiap hari. Ingat, menjaga kesehatan kaki merupakan hal penting karena kaki adalah alat tubuh yang vital bagi manusia. Yang termasuk dalam organ kaki ialah sendi yang membuat anda bisa bergerak lincah, dan fleksibel. Perlu anda ketahui bahwa sendi merupakan bagian tubuh yang rentan dengan penyakit. Jika anda sembarangan merawatnya, bersiaplah terserang penyakit sendi dan hal itu tentu akan sangat mengganggu aktivitas anda.

Baca juga