Rheumapas

Cara Mengobati Rematik Pada Jari Tangan

Pada umumnya kram dan nyeri pada bagian sendi jari-jari tangan maupun kaki disebabkan oleh penyakit rematik. Namun demikian, tidak semua rasa nyeri pada bagian sendi jari-jari maupun tangan tersebut mudah disembuhkan. Jika penyakit rematik sudah menyerang terutama pada jari tangan, tentunya berbagai aktifitas keseharian akan menjadi terganggu. Oleh sebab itu, dibutuhkan cara mengobati rematik pada jari tangan dengan segera agar aktifitas kembali lancar.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa AR  atau Artritis Reumatoid merupakan salah satu jenis penyakit rematik. Kondisi ini ditandai dengan gejala peradangan sinovium menetap. Seiring dengan berjalannya waktu, hal tersebut dapat menyebabkan erosi tulang, kehancuran rawan sendi serta kerusakan total pada sendi. Jika dibiarkan saja, lama kelamaan bisa pula mengenai bagian organ tubuh yang lainnya.

Penyakit rematik pada jari bisa timbul karena berbagai faktor mulai dari faktor keturunan hingga gaya hidup yang salah misalnya merokok. Salah teori yang umum adalah akibat sel dara putih berpindah melalui aliran darah menuju membran yang terletak di area sendi.

Cara Mengobati Rematik Pada Jari Tangan

cara mengobati rematik pada jari tangan dapat dilakukan dengan mengurangi peradangan sendi. Dengan demikian rasa nyeri dapat berkurang serta mampu memperlambat atau mencegah kerusakan sendi. Secara umum, cara mengobati rematik pada jari tangan yang bisa dilakukan adalah dengan operasi ataupun memberikan obat-obatan.

Berikut ini beberapa contoh obat-obatan yang bisa diberikan untuk mengatasi rematik pada jari tangan!

1. NSAIDs

Obat anti inflamasi non steroid atau NSAIDs ini bisa membantu mengurangi gejala nyeri serta proses peradangan. Adapun yang termasuk obat golongan ini antara lain natrium naproxen dan ibuprofen. Golongan ini memiliki resiko efek samping cukup tinggi apabila dikonsumsi dalam jangka panjang.

2. Kortikosteroid

Golongan obat kortikosteroid ini misalnya metilprednisolon dan prednison yang berfungsi untuk mengurangi resiko peradangan, rasa nyeri dan juga menghambat kerusakan sendi. Dalam jangka pendek, obat ini dapat memberikan hasil yang baik, namun jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama efektifitasnya bisa berkurang, bahkan dapat memicu efek samping serius.

Selain beberapa obat medis di atas, terdapat cara alami yang bisa dilakukan sebagai cara mengobati rematik pada jari tangan. Adapun cara alami tersebut diantaranya :

3. Air putih

Minuman berkhasiat yang dapat membantu meredakan rematik pada jari tangan adalah air putih. Sudah banyak yang tahu bahwa air putih sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk untuk meredakan rematik. Dianjurkan bagi kita semua untuk meminum air putih secara rutin dan cukup takaran yakni 8-12 gelas per hari.

Hal ini karena dengan meminum air putih maka zat racun yang ada didalam tubuh bisa dikeluarkan dengan baik. Adapun dalam kasus nyeri akibat penyakit rematik, air putih bisa membantu mengurangi nyeri rematik jika dikonsumsi dalam keadaan dingin.

4. Rempah kunyit

Cara mengobati rematik pada jari tangan berikutnya adalah dengan kunyit. Bubuk kunyit memiliki kandungan anti inflamasi yang dapat dijadikan bahan obat tardisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya rematik. Bahan rempah ini berperan penting dalam memerangi rasa nyeri ketika rematik menyerang. Anda bisa mengolah kunyit menjadi ramuan ataupun mencampurnya pada tetesan lemon.

5. Lemon

Buah lemon juga telah terbukti bermanfaat untuk membantu mengobati masalah nyeri saraf sekaligus menenangkan pembuluh darah. Hal ini karena lemon bisa meredakan nyeri rematik. Kandungan vitamin C, antiseptik dan juga zat anti inflamasi pada lemon sangat bagus untuk mengatasi nyeri. Anda bisa mengolah buah lemon menjadi minuman hangat atau bisa juga dibuat jus untuk pereda nyeri rematik.

6. Teh hijau

Teh hijau juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan rematik. Anda bisa meminum teh hijau dalam bentuk tablet, minuman dan juga tincture. Rasanya yang segar dan enak, menjadikan teh hijau banyak digemari sekarang ini.

7. Kopi

Selain memiliki rasa yang khas, kopi ternyata juga berkhasiat untuk melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel yang ada di dalam tubuh. Riset lain menyatakan bahwa kopi juga mempunyai efek perlindungan yang berkhasiat untuk melawan nyeri rematik.

8. Bluberry

Minuman untuk meredakan nyeri rematik pada tangan berikutnya adalah bluberry. Buah ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi buah berry bisa memberikan nutrisi dan vitamin dalam dosis besar. Buah ini juga memiliki bakteri baik yang dianggap sebagai probiotik dan vitamin.

Banyak sekali cara mengobati rematik pada jari tangan yang bisa dilakukan, baik dengan mengkonsumsi obat medis maupun dengan cara alami. Selain itu, terdapat pula produk herbal Rheumapas yang terbukti berkhasiat untuk mengatasi rematik. Rheumapas dibuat dari ekstrak temulawak dan sambiloto yang bekerja aktif dalam memerangi rasa nyeri yang menyerang jari tangan maupun persendian lainnya.

Tinggalkan Komentar