4 Cara Mengobati Cantengan Bernanah Dirumah

Rheumapas.com – Banyak orang yang sering/pernah mengalami cantengan. Masalah ini muncul disebabkan karena masuknya kuku ke dalam daging, hingga menimbulkan bengkak dan infeksi. Cantengan biasanya terjadi karena dari kebiasaan memotong kuku terlalu pendek, sehingga menyebabkan kuku bertumbuh masuk ke dalam kulit. Pakai sepatu terlalu sempit atau jari yang menabrak sesuatu sampai cedera juga bisa menyebabkan kuku lama-lama berubah jadi cantengan. Jika sudah parah, cantengan akan diobati dengan cara operasi. Namun, Anda tak perlu khawatir berikut adalah beberapa cara mengobati cantengan bernanah di rumah.

Berbagai cara mengobati cantengan yang mudah di rumah

1. Rendam atau cuci kaki

Merendam kaki ke dalam air sabun dengan suhu hangat, dapat bermanfaat untuk membantu menjaga area jari yang cantengan menjadi bersih dan bebas bakteri. Rendam kaki dalam air hangat tiga kali sehari. Anda juga bisa menambahkan garam Epsom pada air untuk menambah rasa nyaman.

2. Pakai cuka apel

Cara mengobati cantengan dirumah lainnya adalah menggunakan cuka apel . Anda dapat mencoba menambahkan seperempat cangkir cuka apel ke dalam air hangat yang digunakan untuk merendam kaki.

3. Gunakan kapas atau kasa

Menaruh gumpalan kapas tepat di bawah batas kuku, ternyata juga bisa jadi cara mengobati cantengan. Cara tersebut bisa membantu menggeser kuku tumbuh ke arah yang benar.

Ambil sepotong kapas yang berukuran kecil lalu gulung. Taruh kapas atau kasa tersebut tepat di bawah kuku yang masuk ke dalam dengan cara mengangkat perlahan ujung kuku.

Hal ini dapat mengurangi tekanan pada daging yang terkena cantengan. Cara ini mungkin akan membuat Anda tidak nyaman serta menimbulkan sedikit rasa sakit, tapi cukup efektif untuk mengurangi nyeri di area yang cantengan.

4. Hindari dahulu pakai sepatu hak tinggi dan sepatu yang agak sempit

Jika Anda ingin kuku yang cantengan cepat sembuh, Anda harus menghindari memakai sepatu high heels dan sepatu yang sempit. Memakai kedua sepatu tersebut akan memberi tekanan yang lebih besar pada kuku jari yang cantengan.

Jika Anda tetap memakainya, maka rasa sakit dapat semakin sering muncul dan cantengan akan sembuh lebih lama. Maka  dari itu, sebaiknya gunakan sandal atau alas kaki yang lebih longgar terlebih dulu hingga cantengan Anda sembuh.

Jangan sepelekan, cantengan dapat berdampak buruk jika tidak segera Anda obati

Jika tidak segera Anda obati atau tidak terdeteksi, kuku cantengan dapat menginfeksi tulang di bawahnya hingga sampai menyebabkan infeksi tulang yang serius. Komplikasi yang sangat parah juga dapat terjadi, apalagi jika Anda menderita diabetes.

Jika Anda menderita diabetes atau kondisi lain yang bisa menyebabkan aliran darah yang buruk ke kaki Anda, berisiko lebih besar untuk mengalami cantengan. Orang dengan diabetes yang mengalami cantengan bisa jadi lebih sulit untuk sembuh dan mungkin memerlukan pembedahan agar mencegah terjadinya gangren.

Baca juga