Di cuaca yang tidak bisa menentu seperti sekarang, Anda perlu memahami cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Pasalnya, daya tahan tubuh yang menurun akan meningkatkan risiko penyakit.

Pada dasarnya, tubuh manusia memiliki daya tahan tubuh atau sistem imunitas untuk melawan mikro organisme yang bisa menimbulkan penyakit. Namun, bukan berarti sistem imunitas ini tidak bisa gagal untuk mencegah serangan dari penyakit. Terkadang, kuman juga tetap dapat masuk dan membuat sakit, terutama jika daya tahan tubuh sedang lemah. Oleh karena itu, penting untuk Anda mengetahui cara tepat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah. Sebetulnya tidak sulit. Salah satunya adalah dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat. Berikut ini merupakan beragam makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh:

  • Jeruk
    Berwarna oranye dan menyegarkan, jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C. Vitamin C diperlukan tubuh sebagai peningkat jumlah sel darah putih, yang berfungsi untuk melawan beragam infeksi.
  • Brokoli
    sayuran ini kaya dengan vitamin, seperti vitamin E, A, dan juga C. Selain itu, brokoli juga mengandung mineral dan antioksidan. Cara mengolahnya pun tidak sulit. Cukup rebus sebentar, lalu santap selagi masih hangat.
  • Bayam 
    Bayam kaya dengan vitamin C, beta karoten, dan juga antioksidan. Dengan kandungannya ini, bayam akan membantu meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh dalam melawan infeksi.
  • Kacang almond
    Kacang almond merupakan sumber vitamin E. Perlu Anda ketahui bahwa dengan vitamin E pemegang peran kunci pada sistem kekebalan tubuh. Selain itu, baik almond ataupun kacang-kacangan yang lainnya memiliki kandungan dan berbagai vitamin dan juga lemak sehat.

Selain beberapa jenis makanan yang ada di atas, jahe, bawang putih, paprika merah, kunyit, teh hijau, dan yoghurt, juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Akan tetapi ingatlah untuk tidak mengolah sayur, dalam waktu yang lama. Cukup rebus sebentar saja, untuk tetap menjaga nutrisi yang ada di dalamnya.

Tips untuk Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh yang Lemah

Selain untuk menjaga pola makan sehat serta nutrisi yang seimbang, cara meningkatkan daya tahan tubuh yaitu adalah dengan cara menjalani gaya hidup sehat. Hal ini dikarenakan gaya hidup tidak sehat tentu akan mengganggu proses dan fungsi tubuh yang seharusnya, termasuk pada sistem imunitas, sehingga Anda lebih mudah untuk terserang penyakit.

Berikut tips untuk menjalankan gaya hidup sehat :

  • Hindari merokok
  • Hindari minuman berakohol
  • Rutin berolahraga.
  • Menjaga tekanan darah.
  • Menjaga berat badan agar tetap ideal.
  • Tidur dan istirahat yang cukup.

Sayangi diri Anda dengan cara menerapkan beragam cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh seperti yang dijelaskan di atas. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh sesuai dengan kondisi Anda.

Baca juga