Rheumapas

Cara Menghilangkan Sakit Rematik Pada Kaki

Artritis reumatoid atau rematik biasanya akan mengakibatkan masalah pada beberapa bagian sendi dalam waktu yang bersamaan. Kondisi ini kerap menyerang bagian sendi jari-jari maupun pergelangan kaki dan tangan. Biasanya penyakit rematik dapat menyerang lebih dari tiga titik sendi serta mengenai kedua kaki atau tangan secara simetris dalam waktu yang sama. Oleh sebab itu dibutuhkan cara menghilangkan sakit rematik pada kaki dengan cepat.

Gejala yang muncul akibat rematik antara lain sendi menjadi kaku, terasa seperti panas atau terbakar, bengkak dan juga rasa nyeri. Rematik pada kaki biasanya akan menimbulkan gejala bengkak berwarna kemerahan. Sebenarnya penyakit rematik hingga saat ini belum ditemukan obat yang pasti, namun terdapat pertolongan yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala yang muncul.

Cara Menghilangkan Sakit Rematik Pada Kaki

Jenis obat resep dokter misalnya anti nyeri, anti rematik, anti radang, kortikosteroiddan juga obat lainnya. Obat-obatan tersebut memiliki manfaat yang tidak jauh berbeda, namun sudah tahukah Anda bahwa rematik pada kaki juga bisa disembuhkan dengan cara alami?

Berikut ini beberapa cara menghilangkan sakit rematik pada kaki dengan bahan alami.

1. Sambiloto

Cara menghilangkan sakit rematik pada kaki dengan alami yang pertama adalah memanfaatkan daun sambiloto. Tanaman ini memiliki kandungan flavonoid, alkane dan juga mineral seperti kalium dan kalsium. Kandungan tersebut berperan penting dalam pencegahan radang, penawar racun dan juga mengobati rasa nyeri.

2. Akar pohon pepaya gantung

Cara alami untuk menghilangkan rematik pada kaki berikutnya adalah dengan akar pohon pepaya gantung. Cara untuk membuat resep ini pun cukup mudah, yakni :

  • Cuci akar pepaya gantung, potong-potong dan rebus
  • Tambahkan 3 sdm lengkuas lalu diaduk sampai merata
  • Rebus bahan alami tersebut dalam 4 gelas air dan sisakan setengahnya
  • Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa mengkonsumsi ramuan herbal ini secara rutin 3 kali dalam sehari.

3. Kulit manggis

Sudah tidak diragukan lagi bahwa kulit manggis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ekstrak manggis bisa menjadi obat dalam yang merupakan produk mahal. Selain buah manggis yang sangat enak, nyatanya kulit manggis pun juga bisa bermanfaatsebagai obat tradisioanl seperti obat panas dalam, urat kejepit, rematik dan lainnya. Resep untuk mengobati rematik dari kulit manggis adalah :

  • Cuci bersih kulit manggis, lalu tumbuk sampai halus
  • Tambahkan air secukupnya lalu panaskan pada wadah
  • Oleskan salep kulit manggis pada bagian yang terasa nyeri akibat rematik selagi masih hangat

4. Kumis kucing

Kandungan senyawa dan mineral pada tanaman kumis kucing menjadikannya bermanfaat sebagai cara menghilangkan sakit rematik pada kaki. Di dalam kumis kucing juga terdapat kandungan senyawa osthosiponin glikosida yang berkhasiat untuk membuang kelebihan asam urat dalam tubuh.

5. Jus nanas

Buah nanas memiliki kandungan zat yang cukup baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Buah yang memiliki warna kuning ini mengandung enzym protein, bromelain yang bisa membantu mengatasi inflamasi. Buah nanas bisa dijadikan sebagai ramuan alami untuk meredakan nyeri pada kaki atau lutut akibat rematik. Anda bisa mengkonsumsi buah ini dalam bentuk jus segar.

6. Apel

Kandungan malic acid pada buah apel bisa membantu meredakan nyeri akibat rematik. Pilihan apel terbaik adalah jenis apel hijau karena mengandung banyak vitamin A, C dan juga polifenol. Kandungan tersebut bermanfaat sebagai antioksidan. Kandungan ini juga sangat penting untuk meredakan serta mencegah nyeri pada tubuh. Anda bisa mengkonsumsi buah apel secara langsung atau membuatnya menjadi jus apel.

7. Pepaya

Buah pepaya juga bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan sakit rematik pada kaki. Buah yang segar dan lezat ini memiliki kandungan vitamin C dan kaya antioksidan. Kandungan di dalam buah pepaya inilah yang berkhasiat penting dalam mengatasi keluhan nyeri.

8. Semangka

Buah semangka terbukti mampu membantu mengatasi nyeri sendi. Jus semangka yang diminum secara rutin setiap pagi dan malam bisa membantu mengurangi rasa sakit yang muncul akibat rematik. Anda bisa memilih jenis semangka tanpa biji supaya tidak perlu repot jika Anda ingin meminumnya dalam bentuk jus.

Selain beberapa cara menghilangkan sakit rematik pada kaki di atas, ternyata kita juga bisa memanfaatkan produk Rheumapas untuk meredakan nyeri rematik. Rheumapas merupakan obat herbal dengan kandungan ekstrak temulawak dan sambiloto sebagai zat aktifnya. Obat tradisional ini mampu mengurangi nyeri pada bagian sendi yang terkena rematik.

Obat herbal Rheumapas diproduksi dalam bentuk kapsul oleh PT Tiga Puspa. Suplemen ini bisa diminum secara teratur 3 kali dalam sehari sebanyak 2 kapsul untuk mendapatkan hasil terbaik. Namun demikian, produk herbal ini tidak dianjurkan bagi penderitan hipersensitif pada komposisi Rheumapas. Jadi, konsultasikan dengan dokter atau ahli farmasi sebelum Anda mengkonsumsinya untuk meredakan nyeri rematik pada kaki.

Tinggalkan Komentar