Rheumapas

Cara Menghilangkan Penyakit Rematik

Apakah Anda sering merasakan gejala nyeri pada lutut atau lengan siku? Atau, Anda mendapati jari-jari tangan menjadi kaku dan terasa sulit untuk ditekuk khususnya pada pagi hari? Jika Anda sering mengalami gejala ini maka bisa jadi Anda memiliki gejala penyakit Artritis Reumatoid atau lebih sering disebut dengan rematik. Tentunya kondisi ini sangat mengganggu aktifitas keseharian kita. Lalu bagaimana cara menghilangkan penyakit rematik?

Cara Menghilangkan Penyakit Rematik 

Apabila Anda tiba-tiba merasakan gejala nyeri sendi pada bagian tubuh maka Anda tidak perlu terlalu panik karena Anda bisa melakukan beberapa cara senderhana untuk menghilangkan nyeri tersebut. Perlu diketahui bahwa cara di bawah ini merupakan pertolongan awal sebagai cara menghilangkan penyakit rematik ringan. Adapun beberapa cara tersebut antara lain:

1. Memanfaatkan air es atau air panas

Cara menghilangkan penyakit rematik ringan yang pertama adalah dengan mengompres bagian tubuh yang terasa nyeri menggunakan es batu. Anda bisa membungkus es tersebut menggunakan kain handuk atau dimasukkan dalam kantong. Sensasi dingin dari es batu bisa membantu melemaskan otot yang mengalami kram serta meredam rasa sakit akibat nyeri rematik.

Cara menghilangkan penyakit rematik lainnya adalah dengan memanfaatkan bantal panas elektrik. Anda bisa meletakkan bantal panas tersebut pada permukaan kulit yang terasa nyeri atau sakit. Selain itu, Anda juga bisa berendam di dalam air hangat atau cukup dengan mengompres bagian tubuh yang terasa sakit menggunakan handuk yang sebelumnya sudah direndam dalam air panas.

2. Melakukan olahraga ringan

Menurut healthline.com, orang yang mengalami gejala rematik dan mau melakukan olahraga ringan misalnya jalan pagi atau berenang bisa memperkuat otot serta membantu penderita memiliki kualitas tidur yang baik di malam hari. Dengan demikian, rasa nyeri dapat berkurang karena tubuh dapat beristirahat dalam waktu yang cukup.

Selain memiliki jenis olahraga, Anda sebaiknya juga memilih aktifitas yang tidak terlalu membuat sendi menjadi tegang, seperti olahraga rock climbing dengan tali.

3. Mengkonsumsi kunyit dan jahe

Khasiat kunyit dan jahe untuk kesehatan sudah tidak bisa diragukan lain. Selain berfungsi untuk meredakan rasa pusing dan mual, jahe juga dapat digunakan untuk meredakan penyakit rematik ringan.

Adapun kunyit memiliki kandungan kurkuminoid yang dapat menghambat sistem kerja faktor NF-KB. Dengan demikian, peradangan bisa berkurang dan resiko kerusakan sendi akibat rematik pun bisa dihindari. NF-KB merupakan protein kompleks yang berperan dalam perangsangan sel. Dengan mengkonsumsi jahe dan juga kunyit dapat menjadi cara menghilangkan penyakit rematik yang alami dan cukup efektif.

4. Teh hijau

Dilansir dari everydayhealth.com,  di dalam teh hijau terdapat kandungan polyphenols yang bermanfaat untuk melindungi sendi dan mengurangi pembengkakan pada penderita rematik. Sekarang ini teh hijau sudah mudah didapatkan di beberapa toko terdekat. Disarankan untuk membeli teh hijau bukan dalam kemasan celup namun dalam bentuk daun.

Teh hijau tidak disarankan untuk diminum bagi mereka yang meminum obat pengecer darah. Hal tersebut karena dapat menghambat sistem kerja dari obat pengencer darah tersebut.

5. Kayu manis

Cara menghilangkan penyakit rematik ringan berikutnya adalah dengan memanfaatkan kayu manis. Bahan alami ini memiliki kandungan anti inflamasi yang bisa digunakan untuk membantu mengurangi rasa nyeri yang dialami akibat rematik. Dilansir dari laman everydayhealth.com, menyatakan bahwa ibu hamil dilarang untuk mengkonsumsi kayu manis. Hal ini karena dapat memicu resiko penggumpalan darah.

Cara mengkonsumsi kayu manis ini pun juga cukup mudah yakni dengan menyeduh kayu manis secukupnya dengan air hangat beserta tambahan madu.

6. Bawang putih

Mengkonsumsi bawang putih juga diyakini bisa membantu kesehatan tulang dan juga sendi sebagai cara menghilangkan penyakit rematik. Senyawa diallyl disulfide pada bawang putih diyakini dapat mencegah resiko kerusakan sendi. Konsumsi bawang putih secara teratur untuk mendapatkan hasil terbaik agar gejala rematik bisa segera disembuhkan.

7. Menghindari stress

Stress yang berlebih bisa memperburuk gejala rematik. Stres dapat mengakibatkan senyawa sitokin muncul lebih banyak dan memicu pembengkakan. Hal tersebut akhirnya menjadikan tubuh terasa sakit. Dengan demikian, sangat penting bagi kita untuk menghindari stres misalnya dengan aktifitas yoga, meditasi maupun mendengarkan musik.

8. Menggunakan obat

Jurnal Pain and Therapy menyatakan bahwa penggunaan obat dengan kandungan Diclofenac bisa dimanfaatkan untuk mengatasi penderita rematik. Kandungan Diclofenac bisa didapatkan dalam bentuk pil atau salep. Penggunaan obat dengan kandungan Diclofenac tersebut harus berdasarkan resep dari dokter karena bisa menyebabkan efek samping seperti diare.

Salah satu obat herbal yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan penyakit rematik adalah Rheumapas. Obat herbal ini diproduksi dari bahan sambiloto dan juga temulawak yang memiliki kandungan penting untuk meredakan rasa nyeri akibat rematik. Anda bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri ini secara teratur sehingga penyakit rematik dapat diredakan dengan segera.

Tinggalkan Komentar