8 Macam Peregangan Cara Menghilangkan Pegal Di Pundak

Pernahkah Anda merasa bahu pegal dan kaku? Mungkin bagi sebagian orang pernah mengalaminya. Bahu kaku seringkali membuat aktivitas sehari-hari Anda menjadi terganggu, karena tidak nyaman. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan kondisi ini. Apa saja dan bagaimanakah mengatasinya? Berikut ulasannya.

Penyebab bahu pegal dan kaku

Bahu yang kencang disebabkan karena beberapa faktor, termasuk usia. Banyak gerakan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari menyebabkan Anda membungkuk ke depan.

Bahu kaku bisa menyebabkan rasa sakit atau kekakuan di bagian leher, punggung, dan tubuh bagian atas. Ini juga dapat memengaruhi aktivitas Anda sehari-hari. Bahu Anda mungkin terasa kencang dan kaku akibat stres, ketegangan, dan cedera.

Lakukan peregangan untuk mengatasi bahu kaku

Bahu yang kaku dapat Anda atasi dengan cara melakukan peregangan untuk melemaskan otot-otot yang tegang. Meregangkan bahu dengan teratur untuk melonggarkan dan menguatkan otot, itu perlu dilakukan. Melepaskan ketegangan pada tubuh Anda dapat memperbaiki kesehatan secara menyeluruh.

Peregangan ini bisa membantu meningkatkan kelenturan, memperpanjang jangkauan gerak Anda, dan mencegah cedera. Berikut merupakan beberapa cara menghilangkan pegal di pundak.

  1. Mengangkat bahu

Anda bisa melakukan gerakan ini sambil duduk atau berdiri, dan dengan lengan di samping punggung lurus hingga ke bawah. Kemudian angkat bahu mendekati telinga, dan tahan selama beberapa detik. Dan turunkan bahu Anda kembali. Lalu ulangi gerakan ini sebanyak lima kali.

  1. Memutar bahu

Gerakan ini dapat dilakukan sambil berdiri atau duduk. Putar bahu Anda ke atas, belakang, dan ke bawah, lakukan gerakan ini sepuluh kali. Kemudian, putar bahu Anda juga ke arah yang berlawanan, sebanyak sepuluh kali.

  1. Gerakan leher ke kanan dan kiri

Anda dapat melakukan gerakan ini sambil berdiri atau duduk tapi pastikan tulang belakang lurus tegak. Miringkan kepala Anda ke bahu sebelah kanan, sejauh yang Anda bisa tanpa dengan mengangkat bahu kiri Anda.

  1. Melemaskan otot dagu dan juga leher

Sejajarkan kepala, leher, dan juga tulang belakang saat berdiri atau duduk. Lemaskan bahu Anda, kemudian dorong dan tarik bahu Anda. Dan ulangi gerakan ini sebanyak sepuluh kali.

  1. Meregangkan lengan

Angkat lengan kiri Anda ke arah depan, sejajar dengan dada. Gunakan tangan kanan untuk menahan lengan kiri Anda, hingga bahu terangkat. Tahan gerakan ini selama 30 detik. Kemudian ulangi lengan yang berlawanan.

  1. Mengangkat kedua tangan ke atas

Berdiri tegak dengan lengan tepat di samping dan telapak tangan menghadap tubuh Anda. ayunkan lengan Anda ke arah depan dengan mengangkat lengan setinggi mungkin tanpa mengangkat bahu. Turunkan lengan ke bawah, dan tahan tubuh untuk tetap tegak.

  1. Kepalkan kedua tangan ke atas

Kepalkan tangan Anda seperti tinjuan, lalu angkat ke depan pinggul Anda. Kemudian angkat tangan ke atas sehingga tangan bersatu di atas, sambil menarik napas. Lalu turunkan kembali ke posisi semula disambil buang napas. Ulangi gerakan ini beberapakali.

  1. Tarik tangan ke belakang punggung

Berdiri dengan kaki lebar dari pinggul, lalu menghadap ke depan. Gabungkan tangan Anda di belakang punggung lalu Anda condongkan dada Anda. Turunkan badan Anda ke bawah sehingga kepala mendekati lantai, sambil angkat lengan ke atas. Biarkan kepala Anda menggantung dan menyelipkan dagu Anda sedikit ke arah dada Anda. Tahan gerakan ini hingga 1 menit.

Baca juga