Cara Menghilangkan Gatal di Kaki

Rheumapas.com – Gatal pada kaki dapat disebabkan karena kulit yang kering, eksem, infeksi, atau gejala penyakit tertentu. Kulit yang terasa gatal dan sangat mengganggu, sementara menggaruk pada kaki dapat menyebabkan pendarahan hingga infeksi. Untungnya, sebagian besar penyebab dari kaki gatal bisa diatasi di rumah. Dengan cara mengidentifikasi penyebab dari gatal dan menggunakan perawatan serta pengobatan alami yang tepat.

Mengatasi Gatal pada Kaki Secara Alami

Lembapkan kulit yang kering

Kulit yang kering akan terasa sangat gatal, terutama untuk orang dewasa tua dengan lapisan kulit yang tipis. Jika kulit telapak kaki Anda kering lalu mengelupas, usapkan krim, losion, ataupun salep pelembap setiap hari di bagian tersebut. Usapkan pelembap pada tumit, tapak, sisi, dan juga punggung kaki, serta sela-sela pada jarinya. Carilah produk yang menggunakan petrolatum sebagai basisnya karena petrolatum  dapat menghaluskan dan juga melembutkan kulit yang kering serta pecah-pecah sekalipun.

Gunakan air dingin

Rendam telapak kaki Anda pada air dingin atau tempelkan kain basah yang dingin pada bagian yang gatal. Air dingin dapat meredakan kulit yang gatal dan teriritasi. Anda boleh melakukan perawatan seperti ini setiap hari. Namun, jika Anda sering rendam kaki, pastikan untuk melembapkannya setelah selesai.

  • Jika Anda menggunakan kain untuk mengompres, jangan gunakan kain tersebut untuk hal lainnya agar jamur tidak menyebar pada kain.

Cobalah rendaman air garam

Merendam kaki pada air garam dapat meredakan rasa nyeri sekaligus dapat membantu mengatasi gatal dan iritasi . Larutkan 2 sendok teh garam masukan dalam setiap 1 liter air yang dapat Anda gunakan. Gunakan baskom yang dangkal atau beberapa cm air dalam bak mandi, asalkan cukup digunakan untuk merendam punggung kaki. Rendamlah kaki selama kurang lebih 5-10 menit.

  • Amati efek dari rendaman air garam pada kaki Anda. Mungkin perawatan ini akan membantu, tetapi mungkin juga akan memperparah gatal dan membuat kulit Anda menjadi semakin kering.
  • Anda boleh melakukan perawatan ini pada setiap jam hingga rasa gatal berkurang. Namun, garam akan membuat kulit Anda kering. Jadi, basuhlah kaki Anda menggunakan air dingin dan gunakanlah pelembap setelahnya.

Cari tahu dan hindari pencetusnya

Gatal-gatal dapat disebabkan oleh reaksi alergi yang ringan hingga benda atau produk yang Anda pakai. Coba Anda untuk cari tahu pencetusnya dengan cara mengubah sesuatu satu demi satu. Misalnya, dengan cara mengganti merek detergen pakaian, sabun mandi, ataupun Anda mulai mengenakan kaus kaki katun alami. Jika Anda dapat mengetahui penyebab dari gatal-gatal, Anda dapat menghindarinya pada kemudian hari.

Baca juga