7 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Permanen

Rheumapas.com – Bau kaki merupakan salah satu masalah bau tubuh yang umum terjadi, tapi juga cukup meresahkan. Bukan hanya diri sendiri saja yang tidak akan nyaman, tapi bau kaki juga akan membuat orang sekitar kita tidak terasa nyaman. Cara menghilangkan bau kaki ada sangat banyak cara mulai dari alami hingga perawatan medis dan tentunya dengan cara mengubah kebiasaan sehari-hari.

Penyebab Bau Kaki

Sebelum mencari cara menghilangkan bau kaki, mari ketahui lebih dulu apa penyebabnya. Setiap bagian dari tubuh manusia memiliki kelanjar keringat yang bisa memproduksi keringat pada kondisi tertentu.

Keberadaan kelenjar keringat pada kaki adalah agar kaki menghasilkan keringat bertujuan untuk menjaga kelembapan kulit serta mendinginkan tubuh. Dalam beberapa kondisi, produksi keringat pada kaki seseorang memang dapat menjadi berlebihan atau bahkan kurang hingga membuat kaki menjadi kering.

Selain dengan adanya kelanjar keringat, secara alami juga terdapat bakteri yang berada pada kaki kita. Jika bakteri menumpuk dan kaki telah memproduksi keringat berlebihan, maka potensi bau kaki pun bisa terjadi. Kebiasaan tertentu dapat memicu adanya bakteri tambahan yang akan membuat kaki menjadi bau.

Cara Menghilangkan Bau Kaki

Ada banyak sekali cara untuk menghilangkan bau kaki. Terdapat cara menghilangkan bau kaki secara alami, secara medis, hingga dengan cara mengubah kebiasaan sehari-hari. Berikut merupakan berbagai cara untuk menghilangkan bau kaki secara permanen:

1. Rendam air garam

Cara pertama adalah dengan cara menghilankan bau kaki dengan cara alami dengan air garam. Merendam kaki menggunakan air garam dipercaya dapat memiliki beragam manfaat mulai dari relaksasi, meredakan eksim, hingga dapat menghilangkan bau kaki.

2. Rendam air lemon

Bau kaki bisa diatasi juga dengan rendaman air lemon. Buah yang satu ini memiliki sifat antibakteri yang dapat mengatasi kelebihan keringat dan juga bakteri penyebab bau kaki.

3. Rendam air baking soda

Selain lemon dan garam, baking soda juga dapat menjadi salah satu cara untuk merendam kaki. Campurkan ¼ gelas baking soda dengan air secukupnya. Anda juga dapat menambahkan perasan lemon untuk menambah aroma lebih segar pada air rendaman.

4. Rendam air cuka

Cara menghilangkan bau kaki yang selanjutnya adalah dengan merendam kaki menggunakan cuka. Campurkan air dan juga cuka dengan perbandingan 2:1. Kemudian rendam kaki sekitar 15 menit. Sebelum melakukannya, pastikan tidak ada luka terbuka pada kaki Anda.

5. Rendam teh

Dilansir dari Reader’s Digest Best Health, asam tanat yang terdapat dalam teh hitam bisa membantu membunuh bakteri penyebab  dari bau kaki dan dapat mengurangi produksi keringat pada kaki.

6. Kopi

Terdapat beberapa cara utntuk mengatasi bau kaki secara alami menggunakan kopi. Cara pertama adalah dengan cara mencampurkan kopi dan juga minyak kelapa untuk dijadikan sebagai scrub kopi yang dapat memambantu mengangkat sel kulit mati.

7. Sabun antibakteri atau antijamur

Sudahkan Anda mencoba membersihkan kaki secara rutin? Jika belum, mungkin itu lah merupakan penyebab bau kaki Anda. Cobalah untuk mencuci kaki menggunakan sabun antibakteri atau antijamur. Jangan sampai lupakan bagian dari sela-sela jari.

Setelah mencuci kaki, pastikan untuk mengeringkan kaki dengan benar sebelum kembali Anda mengenakan alas kaki kembali.

Baca juga