4 Cara Menghilangkan Bau Jempol Kaki

Rheumapas.com Jempol kaki memang tidak banyak mendapat perhatian orang. Selain sering tersembunyi di dalam kaos kaki dan sepatu, yang posisinya juga dibawah. Tapi biasanya ketika kita buka kaos kaki, barulah baunya kaos kaki yang sedap kecut itu tercium dari jari kaki. Tertamanya jempol.

Tidak bisa dipungkiri, jempol kaki memang seringkali di keluhkan banyak orang. Khusus jempol, kasus tumbuhnya kuku dengan tidak wajar dapat memicu infeksi dan bau tidak sedap pun muncul. Bagi yang sehat, jempol juga terkadang tetap menimbulkan bau yang khas.

berikut ini adalah 5 cara menghilangkan bau jempol kaki :

  1. Sabun Antibakteri

Kuku kaki yang banyak bersentuhan dengan tanah serta menjadi tempat singgah dari berbagai bakteri. Cucilah jari kaki menggunakan sabun antibakteri. Khusus pada bagian jempol, mungkin perlu menggunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan kotoran-kotoran pada bawah kuku. Kotoran itulah yang sebenarnya sumber bau kecut dari kaki Anda. Membersihkan jari kaki dan menyikatnya dengan sabun dapat membantu mencegah tumbuhnya bakteri serta jamur di sela-sela jari.

  1. Potong Kuku Kaki Dengan Teratur

Memotong kuku dengan teratur akan sangat membantu kebersihan jari kaki. Kuku kaki, utamanya pada jempol, biasanya akan lebih keras daripada kuku jari tangan. Hal itu bisa disiasati dengan cara merendamnya dalam air hangat terlebih dahulu sebelum Anda memotong kuku.

  1. Menggunakan Krim Antijamur

Krim antijamur juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi bau tak sedappada  dari jari kaki. Oleskan krim tersebut di sela-sela jari dan juga sisi kuku yang baru dipotong. Krim anti jamur dapat membantu mengurangi bakteri yang tumbuh pada sela jari bawah kuku.

  1. Menghilangkan Kuku Bermasalah

Ini bisa mempunyai dua tafsiran. Pertama, menghilangkan melalui cara memotong sendiri kuku bermasalah. Cantengan adalah ketika tumbuhnya kuku, biasanya pada kuku jempol kaki, tidak normal dan menusuk daging. Biasanya akan membengkak dan mengeluarkan cairan yang berbau. Kadang juga nanah.

Operasi secara manual dapat Anda lakukan  dengan cara memotong pada bagian kuku yang telah menusuk daging. Biasanya juga sedikit susah serta sakit dan memakan waktu yang sedikit  lama untuk melakukan eksekusi kuku ini. Cungkil lalu potong ujung kuku yang telah menusuk, usahakan jangan menyisakan sisi yang tajam lagi. Lalu, bersihkan serta olesi bekas lukanya dengan antiseptik agar tak infeksi lagi.

Baca juga