Tulang Belikat Menonjol, Apa Penyebabnya? Bagaimana Mengatasinya?

Rheumapas.com Tulang merupakan organ dengan struktur yang keras dan kaku yang bisa membentuk rangka manusia ataupun makhluk yang lainnya. Bentuk tubuh akan terlihat sebagaimana dari bentuk tulang. Jika tulang telah mengalami kelainan, maka bentuk tubuh yang terlihat juga akan berubah dengan bentuk tubuh yang lainnya.

Tulang cukup rentan terhadap berbagai benturan ataupun tekanan. Untuk bisa menghindari cidera terjadi pada tulang sebaiknya hindari hal-hal yang dapat menyebabkan tulang mengalami cidera. Seperti banyak memberikan tekanan pada tulang, memberikan pukulan yang keras pada tulang, atau bahkan tidak memperhatikan posisi tubuh baik saat berdiri,duduk atau tidur. Hal-hal tersebut dapat menjadi penyebab tulang menjadi cidera lalu sedikit demi sedikit mengubah bentuk tulang yang akan berdampak pada perubahan bentuk tubuh..

Akan tetapi, tahukah bahwa tulang belikat juga dapat mengalami penyakit kelainan pada tulang? Tulang belikat memang  cukup jarang memiliki permasalahan seperti beberapa tulang lainnya. Meski jarang mengalami cidera, tetapi tulang belikat juga terkadang mendapatkan masalah hingga harus ditangani secara serius. Salah satunya yakni tulang belikat bersayap. tidak hanya bersayap yang bisa dialami tulang belikat, melainkan terkadang juga ditemui tulang belikat yang menonjol. Untuk mengetahui apa penyebab dari tulang belikat menonjol, berikut ini penyebabnya:

  1. Kebiasaan Fisik

Maksudnya yakni kebiasaan fisik yang hanya menggunakan kekuatan salah satu lengan dan menjadi penyebab dari tulang belikat menonjol. Jika hal ini Anda biarkan terus menerus, dapat mengakibatkan bentuk tulang belikat menjadi tidak simetris. Hal ini menyebabkan adanya penonjolan yang semakin jelas jika tidak segera mendapat perawatan dari dokter.

  1. Efek Samping Perawatan Medis

Tulang belikat menonjol juga bisa disebabkan karena kesalahan yang dilakukan oleh tenaga media. Memutuskan untuk mengobati cidera pada medis merupakan hal yang tepat. Akan tetapi, terkadang tenaga medis juga bisa menyebabkan terjadinya sesuatu hal yang lain pada anggota gerak ataupun tubuh yang lainnya.

  1. Cidera Atau Trauma

Tulang belikat menonjol biasanya tidak dialami rasa sakit seperti tulang belikat bersayap yang menjadikan penyebab tulang belikat sakit. Akan tetapi, arah tonjolan dari tulang belikat juga terkadang tidak menentu. Ada yang arahnya ke samping atau ke belakang. Tulang belikat menonjol bisa terjadi akibat cidera yang pernah dialami seseorang. Baik karena sebuah benturan, mendapatkan pukulan keras atau terjatuh. Meski tidak ada rasa sakit yang ditimbulkan tulang belikat menonjol, akan tetapi lebih baik jika memeriksakan pada dokter jika mengalami gejala-gejalanya atau setelah mengalami benturan yang keras.

  1. Skoliosis

Banyak sekali yang bertanya apakah tulang belikat yang menonjol merupakan salah satu kelainan pada tulang  disebut dengan skoliosis. Tubuh yang mengalami tulang belikat menonjol sekilas akan mirip dengan penderita skoliosis karena posisi tulang belakang akan miring ke arah samping.

obat asam urat tradisional dan pantangannya

Cara Mengatasi Tulang Belikat yang Menonjol

Tulang belikat menonjol memang belum diketahui secara pasti apa penyebabnya. Akan tetapi, beberapa literatur menyatakan bahwa bisa terjadi karena faktor gen, cidera atau posisi badan yang kurang tepat sehingga bisa menyebabkan tulang belikat mengalami kelainan.

Tulang belikat menonjol masih bisa disembuhkan melalui beberapa cara sebagai berikut :

  • Melakukan terapi konservatif bisa saja untuk dilakukan dengan catatan harus dilakukan oleh terapis yang sudah berpengalaman. Sehingga perbaikan pada bentuk tulang bisa diperbaiki, bukan malah menambah keparahannya.
  • Dekompresi saraf dorsal merupakan alternatif yang kedua jika pengobatan dengan jika terapi konservatif mengalami kegagalan
  • Operasi bisa saja dilakukan untuk penderita tulang belikat menonjol dengan sudut kemiringan yang lebih dari 50 derajat
  • Alat penyanggah tanpa operasi bisa diberikan bagi penderita yang masih memiliki serajat kemiringan tulang belikat lebih dari 20 derajat dan kurang dari pada 50 derajat
  • Melakukan latihan jangkauan merupakan salah satu upaya agar otot serta saraf bagian lengan dan juga daerah tulang belikat tidak mengerut, dengan latihan menjangkau sesuatu bisa membuat otot sekitar tulang belikat menjadi kembali kuat
  • Latihan kekuatan merupakandslshdsyu tahap akhir untuk dilakukan dirasa persarafan otot mulai membaik. Latihan kekuatan mengembalikan fungsi saraf otot bisa dilakukan dengan olahraga ringan.
  • Melakukan olahraga untuk menguatkan otot bahu serta fungsi tulang belikat bisa dilakukan dengan melakukan gerakan olahraga seperti shoulder squeeze, lekukan sisi kanan dan kiri tubuh, melengkungkan punggung, serta melakukan rotasi samping kanan dan kiri tubuh.

Itulah penjelasan singkat mengenai tulang belikat yang menonjol. Semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan tambahan pengetahuan bagi pembaca. Untuk bisa mendapatkan hasil yang tepat dan keterangan lebih jelas, disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan dan segera konsultasi pada dokter yang lebih ahli. Sekian dan terimakasih.

Baca Juga :