Rheumapas.com – Kaki merupakan modal mobilitas yang paling sering kita andalkan. Kemana pun melangkah, kakilah yang akan memberikan kekuatan menopang dari tubuh.

Dokter terapi fisik, Lauren Loberg, mengatakan bahwa kaki sangat penting dijaga keseimbangannya. Untuk itu, dia merekomendasikan beberapa latihan sebagai solusi mengatasi rasa pegal yang terkadang muncul dari kaki.

  1. Toe Spread and Press

Jika Anda sering merasakan nyeri pada bagian telapak kaki, latihan ini dapat berguna. Seperti halnya atlet lari yang sangat rentan mengalami Plantar fasciitis (nyeri tumit).

Cara melakukannya cukup mudah. yaitu berdiri dengan kaki selebar pinggul. Angkat kaki dan angkat sejauh yang kamu bisa. Tahanlah selama beberapa detik. Dan kemudian, lakukan sebaliknya. Dan tekan jempol kaki ke arah bawah tanpa membiarkan sebagian kaki terangkat. Lakukan hingga sepuluh repetisi tiga kali per minggu.

  1. Standing Calf Raise

Terapis medis, Mark Schneider, yang merekomendasikan latihan ini untuk Anda  mengatasi rasa pegal kaki hingga bagian betis.

Caranya cukup dengan berdiri dan lebarkan kaki selebar bahu. Angkat tumit lalu fokuskan beban tubuh pada jari kaki. Lakukan hingga 20 kali pengulangan.

  1. Tulis Alphabet

Untuk mengatasi rasa pegal pada pergelangan kaki dan juga jempol kaki, Schneider merekomendasikan dengan menulis alfabet menggunakan jempol kaki Anda. Latihan ini dapat mengurangi ketegangan tendon pada bagian atas kaki.

  1. The Asterisk

Latihan ini bisa memperkuat tumit, jempol kaki, hingga jari kelingking kaki. Hal ini juga dapat meningkatkan mobilitas pergelangan kaki karena berat badan.

Caranya yaitu dengan berdiri tegak dengan tumpuan berat badan pada kaki kanan. Dan arahkan jari kaki kanan Anda lalu tekan lantai di depan kaki kiri. Kemudian ulangi, dengan bergerak berlawanan arah jarum jam. Akhiri dengan menekan kaki menunjuk kea rah belakang dan di kaki lainnya.

  1. Bent-Knee Heel Raises

Latihan ini dapat menguatkan tendon Achilles. Latihannya bisa di lakukan di atas bangku atau kotak, dengan posisi tumit yang menggantung di tepi. Tenangkan diri dengan menempatkan tangan pada dinding di depan Anda. Mentransfer berat badan pada kaki kiri. Lalu angkat tumit. Dan ulangi pada kaki kanan. Lakukan dua set dengan 15 kali per kaki tiga kali seminggu.

Baca Juga :