Cara Mengatasi Jempol Kaki Bengkak Akibat Karena Cantengan

Rheumapas.com – Cantengan adalah kondisi dimana jempol mengalami pembengkakan, kemerahan, dan rasa sakit di sudut ujung jari akibat dari pertumbuhan sisi kuku yang menjorok ke dalam daging sehingga melukai kaki. Kondisi ini sering dialami jempol kaki terutama pada orang yang memiliki bentuk kuku melengkung atau kuku yang tebal.

Meskipun cantengan bisa sembuh, kondisi ini berisiko dapat kambuh berulang kali atau  menimbulkan komplikasi jika tidak segera diobati dengan benar. Komplikasi akibat dari cantengan dapat menjadi serius terutama bagi orang yang menderita diabetes atau kelainan pada pembuluh darah.

Penyebab Cantengan

Cantengan cukup sering terjadi, terutama karena disebabkan oleh hal-hal seperti berikut ini:

  • Memotong kuku tidak benar. Jika kuku jari kaki dipotong dengan terlalu pendek atau telah menembus hingga ke bagian pinggiran kuku, akan menyebabkan kulit jari kaki tumbuh secara normal dan menembus kulit.
  • Bentuk kuku. Bentuk kuku yang seperti kipas dan melengkung menyebabkan kuku lebih mudah menusuk kulit.
  • Kaki berkeringat. Keringat yang ada pada kulit jari kaki dapat menyebabkan kuku menjadi lebih lunak dan mudah rusak, sehingga akan terselip pada kulit.
  • Cedera kaki. Cedera pada kaki, misalnya akibat dari tersandung atau menendang benda keras dengan tidak disengaja, dapat menyebabkan kerusakan pada kuku atau membuat kuku menjadi menancap pada kulit.
  • Kurang menjaga kebersihan.
  • Faktor genetik.

Mengatasi Jempol Kaki Bengkak Akibat Karena Cantengan Dirumah

Untuk mencegah agar tidak terjadi infeksi pada jari cantengan atau mencegahnya agar tidak menjadi lebih parah lagi, ada langkah-langkah perawatan yang bisa dilakukan di rumah. Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan kulit dan rutin mencucinya menggunakan air hangat dan juga sabun. Lakukan hal ini empat kali dalam sehari, masing-masing selama sekitar 10 hingga 20 menit.

Cobalah untuk menjauhkan sisi kulit dari kuku yang menancap dengan bantuan cotton bud. Atau jika perlu, ganjalah celah di antara kulit dan kuku menggunakan kapas. Metode ini bisa terasa sedikit menyakitkan, oleh karena itu Anda harus melakukannya dengan perlahan dan dibantu dengan minyak zaitun.

Cara lain untuk menghentikan tekanan pada kuku kulit adalah dengan cara memotong kuku yang menancap agar lusrus jembali. Selain itu, kenakan sepatu serta kaos kaki yang nyaman dan pas sehingga tidak akan menekan kulit. Jangan lupa untuk mengganti kaos kaki dengan rutin.

Anda juga bisa mengonsumsi obat-obatan pereda rasa sakit, seperti ibuprofen dan juga paracetamol,sesuai dengan usia, dosis, dan jangan lupa membaca petunjuk yang tertera pada kemasan.

Anda juga dapat mengoleskan krim antibiotik pada jari yang sedang mengalami cantengan untuk mencegahnya dari infeksi. Setelah diolesi antibiotik, tutupi jari yang sakit dengan perban kasa.

Baca juga