cara mencegah diabetes secara alami

4 Cara Mencegah Diabetes Secara Alami

4 Cara Mencegah Diabetes Secara Alami

Rheumapas.com – Diabetes memang bukan merupakan penyakit yang bisa disembuhkan. Namun bukan berarti Anda merasa putus asa. Jika Anda masih bisa mencegahnya, Apa yang bisa Anda lakukan untuk mencegah diabetes secara alami?

Berikut merupakan 4 cara mencegah diabetes secara alami:

  1. Makan makanan sehat

Makan makanan sehat ini bertujuan untuk selalu mengonsumsi makanan yang bergizi, rendah lemak dan juga kalori sehingga dapat mengontrol kadar gula darah Anda. Seperti apa makanan yang harus di makan sehari-hari untuk mencegah diabetes?

  • Makanan dari biji-bijian utuh atau karbohidrat yang kompleks seperti nasi merah, oatmeal, roti dan sereal kentang panggang dari biji-bijian utuh.
  • Ganti gula Anda dengan pemanis yang rendah kalori dan mengandung kromium.
  • Daging tanpa lemak yang dikukus, direbus, dipanggang, atau dibakar.
  • Sayur-sayuran yang diproses melalui cara direbus, dikukus, dipanggang atau bisa dikonsumsi mentah.
  1. Olahraga dengan teratur

Mungkin Anda terlalu sering mendengar atau bahkan merasa bosan jika olahraga baik untuk kesehatan.  Namun, memang tidak boleh meremehkannya, manfaat dari olahraga teratur untuk diabetesi adalah dengan membantu menjaga berat badan turun, insulin bisa lebih mudah untuk menurunkan gula darah, yang membantu jantung dan paru-paru bekerja lebih baik..

Cobalah untuk berolahraga minimal tiga kali dalam seminggu selama sekitar 30 sampai 45 menit.

  1. Tes gula darah Anda setiap hari

Pemantauan kadar gula darah dengan rutin adalah cara utama dalam mengatasi diabetes dan menjaga kadar gula darah agar tetap normal. Pemeriksaan ini akan membantu memberitahu Anda kadar glukosa darah Anda secara real time . Sebaiknya Anda memang memiliki alat ini untuk memeriksa kadar gula darah di rumah.

Anda dapat menggunakan alat tes gula darah yang disebut dengan glukometer. Berikut merupakan petunjuk cara pemakaiannya:

  1. Setelah mencuci tangan, masukkanlah test stripke alat ukur gula darah.
  2. Tusuk ujung jari menggunakan jarum yang disediakan agar bisa mengeluarkan darah.
  3. Remas atau bisa dipijat jari sampai keluar darah.
  4. Pegang dan tahan pada ujung test striphingga darah menetes pada test strip, lalu tunggu hasilnya.
  5. Kadar glukosa darah lalu akan muncul di layar alat ukur.

Tingkat gula darah pada tubuh akan mengalami perubahan, terutama sebelum dan juga setelah makan. Tingkat gula darah normal ketika sebelum makan 70-130 mg/dL, sedangkan setelah delapan jam puasa seharusnya kurang sekitar 100 mg/dL. Kemudian, tingkat gula darah dua jam ketika setelah makan seharusnya kurang dari 180 mg/dL dan ketika menjelang tidur berkisar 100-140 mg/dL.

  1. Pastikan Anda untuk selalu minum obat atau suntik insulin

Meski diabetes tidak dapat disembuhkan, pendeteksian sejak dini akan memungkinkan kadar gula darah penderita diabetes bisa Anda cegah. Tujuan pengobatan diabetes adalah untuk mengatasi diabetes sejak dini, memertahankan keseimbangan pada kadar gula darah dan meminimalisasi risiko komplikasi.

Obat-obatan yang tepat dalam mengatasi Diabetes Tipe 2

Keseimbangan kadar gula darah diabetes terkadang tidak bisa terjaga dengan hanya melalui penerapan pola makan sehat dan dengan olahraga teratur. Anda juga mungkin membutuhkan obat-obatan tertentu untuk menanganinya.

Ada beberapa jenis obat (biasanya bentuk tablet) yang dapat digunakan diabetes tipe 2 (obat hipoglikemik oral). Anda juga mungkin akan diberikan kombinasi dari dua jenis obat ataupun lebih dalam mengendalikan kadar gula darah Anda.

Terapi insulin sebagai pendamping obat-obatan.

Obat-obatan dalam bentuk tablet mungkin kurang efektif dalam mengobati diabetes, sehingga Anda membutuhkan untuk terapi insulin. Berdasarkan dosis dan juga cara pemakaiannya, terapi ini bisa diberikan untuk menggantikan atau bisa diberikan bersamaan dengan obat-obatan.

Baca Juga:

 

Tinggalkan Komentar