Langkah-langkah Cara Detox Tubuh Yang Benar

Apa itu detox?

Detox adalah cara untuk membersihkan racun dari tubuh. Diet detoksifikasi mengharuskan Anda untuk melakukan hal tertentu dalam jangka waktu tertentu yang bertujuan membersihkan tubuh dari racun lingkungan serta makanan yang ada dalam tubuh.

Detoksifikasi bisa juga dilakukan dengan berbagai cara. Ada yang melakukannya dengan hanya mengonsumsi jus buah dan juga sayur, dan ada juga yang melakukannya dengan cara yang mudah, seperti menghindari diri dari konsumsi makanan yang memiliki kandungan gula, garam, kafein, dan alkohol.

Bagaimana cara Detox Tubuh Yang Benar

Diet detoksifikasi yang sehat bisa dilakukan dengan cara tidak mengonsumsi makanan tertentu, meningkatkan konsumsi pada buah dan sayur, tidak mengonsumsi minuman beralkohol dan kefein, banyak minum air putih, dan hal ini bisa dilakukan dalam jangka waktu tertentu, biasanya sekitar 7 hari.

Terdapat 7 tahap dalam melakukan detoksifikasi yang sehat, yaitu:

  1. Konsumsi air lemon pada setiap pagi

Awali hari dengan mengonsumsi air putih yang di campur dengan air perasan lemon.  Vitamin C yang terkandung di dalam air perasan lemon akan meningkatkan kadar glutathione pada tubuh tubuh, di mana ini merupakan senyawa yang diperlukan untuk detoksifikasi. Air dengan lemon yang bisa membantu membersihkan hari dari racun yang menumpuk di dalamnya dan juga bisa mengurangi penyumbatan di kantung empedu.

  1. Tenangkan hati dan pikiran Anda

Setidaknya luangkan waktu selama 10 menit untuk Anda bisa menenangkan diri. Hati dan pikiran yang tenang bisa membantu tubuh dalam melakukan detoksifikasi. Tarik napas dalam-dalam juga dapat membantu paru-paru mendapatkan oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida yang lebih baik. Ini juga bisa membantu melancarkan metabolisme tubuh, sehingga makanan yang di konsumsi dapat dicerna dengan baik.

  1. Lakukan olahraga

Selama melakukan detoksifikasi, lebih baik Anda luangkan waktu setidaknya sekitar satu jam setiap hari untuk melakukan olahraga. Keringat yang keluar ketika olahraga dapat membantu Anda mengeluarkan untuk racun-racun yang ada dalam tubuh. Olahraga juga bisa membantu melancarkan aliran getah bening di dalam tubuh, sehingga akan membantu tubuh mengeluarkan racun melalui keringat.

  1. Hindari makanan olahan

Setidaknya lakukan selama 7 hari, “libur” dari makanan olahan dan juga makanan kemasan yang cenderung miskin zat gizi serta kaya dengan lemak, garam, gula, dan zat pengawet. Juga hindari minuman kemasan, contohnya seperti minuman soda dan minuman manis dalam kemasan, sebaiknya di ganti dengan air putih, susu rendah lemak, atau teh herbal.

  1. Penuhi setengah piring Anda dengan buah dan sayur

Banyak makan buah dan sayur yang memiliki serat dapat membantu tubuh Anda dalam membuang racun, melancarkan sistem pencernaan Anda, dan di samping itu juga menyediakan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, serat dalam buah dan juga sayur juga dapat membantu Anda dalam mengurangi risiko penyakit jantung, kanker kolorektal, dan diabetes mellitus tipe 2.

  1. Jauhi minuman beralkohol

Alkohol sulit untuk dicerna dalam tubuh. Konsumsi alkohol akan memberi beban yang lebih berat pada tubuh, terutama pada otak dan hati. Hati merupakan organ yang memecah alkohol sehingga bisa dikeluarkan dari tubuh. Oleh karena itu, konsumsi alkohol dengan berlebihan dapat merusak hati.

Baca juga