cara alami menghilangkam benjolan di tangan

Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Pergelangan Tangan

Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Pergelangan Tangan

Rheumapas.com – Beberapa orang memiliki benjolan pada pergelangan tangannya. Benjolan bisa saja karena cedera atau gigitan serangga. Namun, ada juga benjolan yang disebabkan karena menumpuknya kista, atau dalam dunia medis biasa disebut dengan ganglion.  Ganglion bisa keluar dari persendian dan berbentuk mirip balon.

Bagian dalam dari balon tersebut akan terasa tebal, licin, cair, dan serupa cairan yang melubrikasi persendian. Biasanya kondisi ini terjadi kepada orang berusia 15-40 tahun dan kebanyakan dialami perempuan atau para pesenam.

Meski sangat jarang terjadi, ada pula kasus ganglion dialami oleh anak di bawah usia 10 tahun. Gejala yang paling umum kista ganglion adalah rasa sakit pada pergelangan tangan, mati rasa kesemutan, , atau kelemahan otot.

Ternyata, ada bahan alami yang bisa mengatasi ganglion. Lalu, apa saja cara alami menghilangkan benjolan di pergelangan tangan

  1. Teh hitam kantong

Sifat asam pada teh hitam diyakini dapat menyembuhkan kista ganglion sekaligus mencegahnya agar tidak tumbuh lebih besar.

Kandungan anti-inflamasi pada teh hitam juga dapat meredakan rasa sakit dan bengkak.

Cara menggunakan ganglion yaitu untuk meredakan rasa sakit ganglion cukup mudah.

Cukup dennganmencelupkan kantong teh hitam ke dalam air hangat selama 5 menit, remas kelebihan air, lalu letakkan kantong teh pada area yang mengalami ganglion.

  1. Jahe

Terkadang, ganglion bisa menyebabkan rasa sakit yang juga tak tertahankan.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Jurnal Fitoterapia tahun 2011 menyebutkan jahe merupakan tanaman dengan sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan rasa sakit akibat kista ganglion.

Jahe bisa menghalangi aktivitas Cox-2, yang diduga penyebab dari rasa sakit. Bisa mengonsumsi air jahe hangat 2 sampai 3 kali sehari. Atau bisa juga dengan mengonsumsi suplemen jahe.

  1. Kunyit

Sebuah studi pada tahun 2009 dalam The International Journal of Biokimia and Biologi Sel menunjukkan, kunyit memiliki kandungan anti-inflamasi yang mengatur sitokin, status redoks, molekul adhesi, protein kinase, enzim, dan banyak faktor lain penyebab dari peradangan.

Untuk mengatasi ganglion, Kalian bisa mengoleskan kunyit parut ke area yang sakit sebanyak 2 atau 3 kali sehari. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen kunyit dengan sebelumnya berkonsultasi dulu dengan dokter.

  1. Kompres air hangat

Kompres air hangat pada area sakit bisa membantu mengurangi rasa sakit.

Rasa hangat bisa meningkatkan sirkulasi darah ke area yang terkena dan meningkatkan drainase cairan. Namun, menggunakan air hangat tidak bisa menyembuhkan ganglion, hanya mampu mencegahnya menjadi lebih buruk.

Baca juga

Tinggalkan Komentar