buah jeruk untuk asam urat

Buah Yang Bagus Untuk Penderita asam Urat

Buah Jeruk Untuk Asam urat

Konsumsi buah-buahan yang baik untuk kesehatan, bahkan beberapa jenis penyakit bisa dibantu untuk proses penyembuhannya. Sebut saja buah jeruk dalam meringankan flu atau seperti buah bit untuk anemia. Bagaimana dengan asam urat, adakah buah untuk asam urat yang jika aman dikonsumsi?

Buah yang aman bagi penderita asam urat?

Karena nyeri asam urat memiliki sifat kambuhan, maka Anda perlu benar-benar memperhatikan juga asupan makanan sehari-hari. Ingat lagi bahwa asam urat bisa dipicu oleh makanan tertentu contohnya seperti daging, ikan, atau sayuran hijau seperti bayam, maka dari itu menu makanan penderita asam urat harus dikontrol.

Berikut merupakan Jenis-jenis buah untuk asam urat meliputi:

  1. Buah dengan kandungan purin rendah

Penyakit asam urat atau gout sangat erat dengan berlebihnya kadar asam urat dalam darah. Kadar asam urat yang tinggi serta ketidak mampuan tubuh untuk mengeluarkan purin dari tubuh dalam bentuk urin, merupakan dua kombinasi pencetus dari serangan asam urat.

Sementara itu, kelebihan purin akan menyebabkan naiknya asam urat. Karena itulah, buah untuk asam urat tentunya juga diharuskan yang memiliki rendah purin.

  1. Buah kaya serat

Serat sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum dan hampir setiap jenis buah kaya kandungan kaya serat. Menurut penelitian di Universitas Maryland Medical Center, dengan mengonsumsi serat 25-40 gram per hari sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan sendi bagi penderita asam urat.

  1. Buah kaya fitonutrien

Sebagian besar buah memiliki kandungan senyawa kimia flavonoid. Senyawa ini bersifat antioksidan yang mampu untuk membantu menangkal radikal bebas.

Seperti diketahui, radikal bebas bisa masuk melalui pencernaan maupun paparan langsung dari lingkungan dan bisa  mengganggu kesehatan.

Buah untuk asam urat yang baik atau harusnya dihindari :

Nah, setelah mengetahui kriteria dan jenis-jenis buah untuk asam urat, Anda mungkin juga masih bingung menentukan buah apa saja yang baik atau sebaiknya dihindari  dikonsumsi.

  1. Apel

Buah dengan warna merah atau hijau yang memiliki rasa segar manis ini sangat direkomendasikan bagi penderita asam urat. Kandungan senyawa asam malik pada apel diketahui sangat baik dalam  menetralisir asam urat, sehingga dapat mencegah terbentuknya kristal asam urat di persendian.

  1. Anggur

Buah anggur dikenal buah yang kaya dengan kalium, vitamin C, senyawa bioflavonoid, juga rendah dengan kandungan purin. Menambahkan buah ini pada menu makanan sehari-hari bisa membantu menurunkan asam urat dan meredam nyeri akibat asam urat.

Sebaiknya makanlah anggur ketika pada keadaan segar, bukan dalam bentuk buah kering. Ini karena proses pengeringan bisa membuat kandungan purin pada buah-buahan jadi meningkat. Hindari juga jus anggur olahan yang banyak senyawa serta pemanisnya.

  1. Buah jeruk untuk asam urat

Buah dengan kombinasi rasa manis, asam, dan segar ini sangat sering menghiasi ruang makan sebagai buah meja. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi, dan kaya akan senyawa fenolik, beta-karoten, dan juga likopen yang bersifat antioksidan membuat buah ini sangat baik untuk penderita asam urat.

Namun, disarankan mengonsumsi jeruk manis hanya dalam  bentuk buah atau jus segar, bukan dalam kemasan kalengan. Kandungan pemanis di dalam jus buah kalengan malah dapat memperburuk serangan asam urat.

  1. Rock melon

Cantaloupe atau rock melon termasuk pada salah satu buah untuk asam urat yang baik dikonsumsi. Buah yang masih satu kerabat dengan melon ini dan timun suri ini ternyata minim dengan kandungan purin serta kaya akan antioksidan, di antaranya kolin dan juga beta-karoten. Keduanya sangat baik digunakan sebagai tambahan nutrisi dalam mencegah atau meredakan serangan asam urat.

  1. Kurma

Kurma juga merupakan salah satu jenis buah yang baik asam urat karena mengandung rendah purin. Kandungan seratnya juga tinggi juga bisa membantu untuk menjaga kesehatan pencernaan dan sendi.

Akan tetapi, tetap tidak disarankan untuk makan terlalu banyak ketika saat menderita asam urat. Ini karena kandungan fruktosanya bisa meningkatkan risiko serangan asam urat jika dikonsumsi dengan berlebihan.

Baca juga

 

Tinggalkan Komentar