Bisakah Stroke Disembuhkan ?

Penyakit stroke muncul pada saat pasokan darah yang membawa oksigen dan juga nutrisi menuju otak terganggu atau berkurang sama sekali. Saat sedang kekurangan oksigen, sel-sel otak akan mati, sehingga kemampuannya mengontrol fungsi otak seperti pergerakan, sensitifitas rasa, serta kemampuan bicara, pemahaman dan  juga ingatan menjadi terganggu bahkan hilang. Stroke merupakan kondisi yang harus segera ditangani, karena jika semakin cepat tindakan diambil, maka juga akan semakin cepat proses pemulihannya.  Tapi, bisakah stroke di sembuhkan?

Apa faktor penyebab dari stroke?

Faktor penyebab stroke terbagi menjadi dua, yaitu faktor yang bisa dikendalikan serta faktor yang tidak bisa dikendalikan. Faktor penyebab stroke yang bisa dikendalikan adalah masalah kesehatan lain yang mungkin menjadi pemicu stroke, seperti:

  • Hipertensi
  • Kolesterol
  • Tekanan darah tinggi
  • Diabetes
  • Penyakit jantung

Begitu juga dengan gaya hidup contohnya seperti merokok dan kebiasaan mengonsumsi alkohol yang sebenarnya dapat dihindari.  Sementara itu, factor dari penyebab stroke yang tidak dapat dikendalikan yaitu:

  • Usia
  • Riwayat keluarga
  • Jenis kelamin
  • Riwayat stroke sebelumnya

Jika dilihat dari  jenis kelamin laki-laki yang usianya produktif akan memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan pada usia yang sama. Pada usia yang lanjut resiko pada laki-laki dapat dikatakan sama dengan perempuan. Sementara itu, orang yang pernah mengalami stroke juga cenderung berpeluang besar untuk terkena penyakit ini kembali.

Apakah penderita stroke bisa sembuh secara total?

Stroke bisa sembuh dengan total. Hal ini menandakan pasien bisa kembali pada kondisi seperti sedia kala.

Bahkan proses penyembuhannyapun tidak memandang usia pasien. Artinya, penderita stroke pada usia produktif ataupun lansia, sama-sama memiliki kesempatan untuk sembuh total dari penyakit ini.

Lama pemulihan dari penyakit ini tergantung dari pada seberapa luas stroke akan menyerang otak penderita. Semakin luas bagian otak yang sedang tersumbat atau sedang mengalami perdarahan, maka akan semakin lama pula waktu pengobatan yang dibutuhkan.

Perlu juga diingat bahwa berbagai hal yang bisa memicu stroke juga harus diperhatikan dan juga dikendalikan dengan baik, sehingga tidak akan mengganggu pengobatan.

Lantas bagaimana dengan pengobatan alternatif?

Stroke bisa sembuh total, namun tidak jika dilakukan dengan pengobatan alternatif. Sebab, faktanya tidak ada pengobatan alternatif yang dapat digunakan untuk mengobati stroke. Hal ini disebabkan, terapis alternatif tidak dapat mempertanggungjawabkan jenis dan juga proses pengobatan yang digunakan.

Proses pengobatan yang dipilih serta digunakan oleh terapis alternatif tidak berdasarkan pada uji klinis yang sesuai prosedur. Jadi tidak bisa dipastikan bahwa proses pengobatan yang digunakan aman serta efektif mengobati stroke.

Justru malah sering kali pengobatan alternatif akan membuat kondisi pasien semakin parah, seperti stroke yang berulang, menjadi tidak terkontrol, dan semakin berat

Baca juga