penyebab tersedak tiba-tiba

Berikut 5 Penyebab Tersedak Tiba-tiba

Berikut 5 Penyebab Tersedak Tiba-tiba

Rheumapas.com – Selain makanan, orang juga bisa tersedak karena air liur sendiri. Sebenarnya, ini merupakan hal yang wajar. Namun, jika terjadi dengan terus-terusan, bisa jadi ada masalah pada kesehatan yang Anda alami.

Masalah kesehatan apa saja yang mungkin bisa muncul akibat kondisi ini? Dan, apa saja yang bisa Anda lakukan agar tidak lagi sering tersedak air liur?

Penyebab Anda sering tersedak

Air liur diproduksi oleh kelenjar eksokrin. Yang gunanya untuk membantu mencerna makanan serta menjaga kebersihan mulut dari bakteri.

Setiap hari tubuh memproduksi sekitar 1 hingga 2 liter air liur yang kemudian akan tertelan. Namun, terkadang air liur tidak mengalir dengan baik.

Akibatnya Anda pun akan tersedak dan sulit untuk bernapas. Hal ini biasanya terjadi terjadi karena Anda makan atau mengunyah sambil berbicara.

Meskipun umum terjadi, bukan berarti Anda tak perlu curiga dengan kejadian amat sering menimpa Anda. Bisa jadi, ada masalah kesehatan atau ada kebiasaan buruk bisa jadi penyebabnya.

Berikut merupakan beberapa penyebab tersedak tiba-tiba :

1. Disfagia

Penyebab paling umum seseorang sering tersedak adalah kesulitan menelan. Dalam bahasa medis, kondisi ini dikenal dengan disfagia.

Disfagia bukanlah penyakit, melainkan gejala yang bisa juga terjadi pada kondisi lain. Berbagai masalah pada kesehatan yang dapat menyebabkan disfagia, antara lain:

  • Kerusakan saraf kranial otak yang dapat mengganggu transmisi sinyal menelan ke tenggorokan.
  • Terbentuknya jaringan parut, tumor, atau infeksi berada di belakang tenggorokan.
  • Memiliki kondisi mulut sumbing

2. Gangguan tidur

Tersedak tidak hanya terjadi ketika Anda makan atau minum saja. Beberapa orang juga pernah merasakannya bahkan ketika sedang tertidur lelap.

Sering tersedak ludah saat tidur kemungkinan disebabkan karena gangguan tidur, seperti sleep apnea obstruktif.

3. Masalah pada paru

Terganggunya jalan pernapasan memang dapat menyebabkan seseorang jadi sering tersedak karena air liur. Ini terjadi karena produksi lendir dan juga air liur yang menumpuk pada saluran pernapasan.

Bukan hanya tersedak air liur sendiri, kondisi ini juga bisa membuat seseorang batuk dan sulit menelan.

Penumpukan lendir dan air liur pada saluran pernapasan ini biasanya disebabkan karena beberapa penyakit, yakni:

  • Pneumonia (peradangan pada paru)
  • Bronkitis (peradangan dengan saluran bronkus)
  • Emfisema (kerusakan pada kantung alveolus)
  • Cystic fibrosis (masalah genetik yang akan menyebabkan lendir dan air liur menjadi lengket menumpuk di paru)

4. Masalah pada otot dan saraf

Gerakan menelan makanan dan juga air tentu berkaitan erat bersama otot dan saraf. Jika seseorang memiliki masalah pada otot dan saraf mereka, kemungkinan besar akan kesulitan menelan sekaligus akan tersedak makanan, dan minuman.

5. Refluks asam lambung

Orang dengan refluks pada asam lambung, biasanya akan mengalami disfagia. Hal ini terjadi karena asam lambung yang berlebihan mengalir ke tenggorokan serta merangsang air liur jadi lebih banyak.

Selain disfagia, refluks asam lambung juga dapat menimbulkan berbagai gejala, seperti perut mulas, mual, dan nyeri dada.

Lantas, bagaimanakah cara mengatasi dan mencegahnya?

Sebenarnya, tersedak air ludah bukanlah merupakan masalah serius. Namun, Anda tetap tak boleh untuk menyepelekan, apalagi jika sering terjadi.

Berkonsultasilah ke dokter agar mendapatkan diagnosis tepat dari penyebabnya. Dokter akan memberikan saran pengobatan jika kondisi yang di alami disebabkan karena penyakit tertentu.

Selain itu, Anda juga dapat mengikuti beberapa tips seperti berikut ini:

  • Terapkan kebiasaan baik ketika makan, seperti menyendok makanan secukupnya dan makan dengan perlahan.
  • Hindari tidur setelah makan
  • Tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi dengan posisi miring.
  • Kurangi konsumsi alkohol serta kunyah permen karet bebas gula.

Baca juga

Tinggalkan Komentar