Benarkah Susu Organik Lebih Sehat?

Rheumapas.com – Saat ini masyarakat bisa mendapatkan berbagai macam produk organik dimulai dari sayur, buah dan juga susu. Tapi apa benarkah susu organik lebih sehat dibandingkan dengan non-organik?

“Yang berbeda diantara susu organik dan yang konvensional ialah dalam hal produksinya, akan tetapi mereka mungkin tidak memiliki efek seperti yang diharapkan oleh konsumen,” ujar Thomas Overton, PhD dari Cornell University, seperti yang dikutip dari Menshealth.com).

Overton juga menuturkan memang ada perbedaan diantara susu organik dan non-organik (konvensional),akan tetapi lebih banyak pada hal produksinya. Sapi di peternakan organic pada umumnya:

  1. Hanya diberi makan biji-bijian yang organik dan bebas dari pupuk sintetis dan pestisida
  2. Setidaknya minimal 30 persen dari pakan mereka berasal dari padang rumput
  3. Hewan ini tidak diberikan antibiotik ataupun hormon pertumbuhan yang untuk meningkatkan produksi susunya.

Kondisi ini akan membuat seseorang yang mengonsumsi susu organic akan terhindar atau mengurangi paparan hormon pertumbuhan terhadap tubuh.

Lalu benarkah susu organik lebih sehat?

“Tapi satu hal yang perlu diingat ialah tidak ada yang lebih sehat dari kedua jenis susu seperti ini, karena baik susu konvensional ataupun susu organik tetap mengandung 9 nutrisi penting termasuk didalamnya kalsium, vitamin D dan kalium.

Meskipun ada sebuah studi yang telah menemukan susu organik memiliki nilai asam lemak yang lebih sedikit di bandingkan dengan susu non-organik namun jumlahnya tidak terlalu signifikan.

Mangieri juga menuturkan hal yang terpenting ketika konsumen ingin memilih susu organik ataupun konvensional adalah ia harus yakin bahwa produk yang ingin dibeli berkualitas dan penuh oleh nutrisi yang diperlukan serta aman untuk dikonsumsi. Jadi mau konsumsi susu organik ataupun yang konvensional tergantung dari pilihan individu.

Produk organik merupakan segala jenis bahan pangan yang berasal dari hewan ataupun tanaman yang tidak mengandung zat kimia tambahan contohnya seperti pestisida, insektisida ataupun disuntikkan hormon tertentu.

Baca juga