Rheumapas

Benarkah Makan Kangkung dan Bayam Sebabkan Rematik

Penderita rematik memang dianjurkan untuk memperhatikan pola makan setiap hari. Sebab, salah mengkonsumsi makanan dapat memicu rematik kambuh  yang menimbulkan rasa pegal dan nyeri di bagian sendi. Dari sekian banyak makanan yang ada, muncul anggapan bahwa makan kangkung dan bayam sebabkan rematik.

Benarkah anggapan tersebut? Berikut akan diberikan penjelasan lengkapnya.

Apakah Makan Kangkung dan Bayam Sebabkan Rematik?

Jika berbicara mengenai pola hidup sehat pasti tidak akan terlepas dari anjuran untuk mengkonsumsi sayur dan buah. Namun, mengonsumsi buah dan sayuran pun harus dalam jumlah yang seimbang. Berbagai jenis sayuran hijau memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi dalam menu makanan setiap hari. Pasalnya, sayuran hijau kaya akan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun dibalik itu ada pendapatan yang menyebutkan bahwa mengonsumsi kangkung dan bayam dapat memicu rematik.

Selama ini kangkung dan bayam memang sering dituduh sebagai pemicu rematik akibat dari asam urat. Pendapat tersebut terus diyakini sehingga banyak orang yang akhirnya menjauhi kangkung dan bayam. Faktanya kangkung dan bayam termasuk jenis sayur hijau yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Perlu Anda ketahui juga bahwa membutuhkan kangkung dan bayam dalam jumlah yang sangat banyak untuk dapat menghasilkan zat asam urat.

Saat penderita rematik yang disertai gejala nyeri persendian hingga bengkak atau meradang memang dianjurkan menghindari konsumsi makanan yang mengandung purin. Sebab, purin yang masuk ke dalam tubuh dalam jumlah berlebih akan memicu penumpukan zat asam urat. Dengan begitu, hal tersebut dapat menyebabkan pembentukan kristal asam urat di persendian. Tentu saja kondisi tersebut akan semakin memperburuk nyeri persendian karena adanya kristal asam urat.

Untuk itulah penderita rematik disarankan menjauhi makanan tinggi purin. Tetapi makan kangkung dan bayam sebabkan rematik tidak akan terjadi selama Anda mengkonsumsi dalam jumlah wajar.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa saat Anda berada dalam kondisi yang sehat dan mengkonsumsi kangkung atau bayam dalam jumlah wajar maka kemungkinan terkena rematik juga lebih kecil.

Kangkung dan bayam bukan penyebab rematik

Makan kangkung dan bayam sebabkan rematik tidak sepenuhnya benar karena pada kenyatannya masih banyak jenis makanan lain yang dapat meningkatkan kadar asam urat melebihi kangkung dan bayam.

Makan kangkung dan bayam sebabkan rematik tidaklah benar karena dalam kangkung dan bayam terkandung purin sebanyak 50-150 mg per 100 gram. Sedangkan dalam 100 gram jeroan setidaknya terdapat 150 – 825 mg purin. Jumlah tersebut tentu sangat berbeda jauh sehingga makan kangkung dan bayam dalam jumlah yang wajar tidak akan menyebabkan rematik.

Selain itu, sebuah studi menemukan bahwa penderita asam urat yang setiap harinya membatasi makan kangkung dan bayam ternyata tidak menunjukkan adanya pengaruh pada penurunan kadar asam urat di dalam tubuhnya. Sebaliknya, bagi penderita asam urat sebaiknya perlu membatasi konsumsi produk hewani agar kadar asam urat senantiasa terjaga dengan normal.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui bahwa mengonsumsi kangkung dan bayam dapat menyebabkan rematik akibat asam urat tidaklah benar. Sebab penyakit rematik akibat asam urat bisa kambuh ketika Anda mengkonsumsi kangkung dan bayam dalam jumlah yang berlebihan.

Selain itu, Anda juga menerapkan pola hidup yang tidak sehat sehingga semakin memperburuk kondisi asam urat yang memicu masalah rematik pada tubuh Anda. Kini Anda tidak perlu takut makan kangkung dan bayam karena sayuran ini memiliki banyak manfaat serta risiko sebabkan rematik juga lebih kecil.

Rheumapas: Cara Ampuh Hilangkan Sakit karena Rematik

Jika Anda selama ini mengidap rematik akibat asam urat yang tak kunjung sembuh sebaiknya tidak perlu terlalu mempercayai makan kangkung dan bayam sebabkan rematik. Sebab kini telah hadir obat asam urat dan rematik yang dijamin ampuh yaitu Rheumapas. Produk obat herbal satu ini dibuat dari bahan-bahan alami seperti sambiloto dan temulawak yang diproses dengan teknologi canggih sehingga menghasilkan ekstrak sambiloto dan temulawak yang sangat berkhasiat.

Perpaduan sambiloto dan temulawak yang sejak dahulu menjadi obat tradisional untuk atasi asam urat dan rematik, menjadikan Rheumapas sebagai produk yang ampuh dan cepat menyembuhkan keluhan rematik dan asam urat seperti nyeri sendi, radang sendi hingga pembengkakan sendi. Rheumapas juga sudah memperoleh izin POM sehingga terjamin mutu dan keamanannya. Hal inilah yang menjadikan Rheumapas aman dikonsumsi untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Mengkonsumsi Rheumapas secara rutin juga memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Diantaranya meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu mengeluarkan kelebihan asam urat dari dalam tubuh. Bagi Anda yang mulai merasakan gejala asam urat atau rematik sebaiknya segera konsumsi Rheumapas agar gejala yang Anda alami bisa disegera disembuhkan.

Bagi Anda yang memiliki riwayat rematik sebaiknya tak perlu mengonsumsi kangkung dan bayam sebabkan rematik. Hal ini disebabkan karena, rematik akan kambuh akibat berbagai faktor terutama konsumsi makaan mengandung purin dalam jumlah yang berlebihan. Untuk mencegah dan mengatasi rematik secara ampuh, aman dan tanpa efek samping maka jangan ragu untuk mengkonsumsi obat herbal Rheumapas sekarang juga.

Tinggalkan Komentar