Rheumapas

Benarkah Ada Sayuran Penyebab Asam Urat?

Penderita asam urat memang harus senantiasa menjaga pola makannya, salah satunya adalah dengan mengonsumsi sayuran. Namun, adakah sayuran penyebab asam urat? Oleh sebab itu, penting bagi penderita asam urat untuk mengetahui jenis sayuran mana yang baik dan tidak baik dikonsumsi, seperti yang akan dijelaskan dalam ulasan berikut.

Sebelumnya, perlu Anda ketahui bahwa kadar asam urat tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan terbentuknya kristal pada sendi. Gejala dari penyakit asam urat sendiri umumnya muncul secara tiba-tiba, yang berupa nyeri dan kaku pada bagian sendi. Apabila kadar asam urat tinggi dibiarkan begitu saja tanpa penanganan, maka kondisi ini pada akhirnya dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Sayuran untuk Pendeita Asam Urat

Pada dasarnya, penderita asam urat tidak diperkenankan mengonsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi, seperti daging merah, alkohol, makanan laut (seafood), makanan cepat saji, santan, jeroan hewan, dan lain sebagainya. Untuk itu, penderita asam urat perlu lebih cermat dalam memilih makanan maupun minuman yang dikonsumsi. Jika tidak, gejala yang muncul akibat kondisi tersebut akan semakin buruk. Anda juga dapat mengatasi gejala asam urat dengan mengonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan asam urat di dalam tubuh sekaligus meredakan gejalanya.

Oleh sebab itu, menjaga pola makan merupakan hal penting yang dapat membantu meminimalisir serangan dan mengurangi tingkat keparahan gejala asam urat yang mungkin Anda alami. Berikut ini adalah beberapa jenis sayuran yang baik dikonsumsi oleh penderita asam urat, yaitu :

1. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin C dalam sayuran tersebut dapat membantu menurunkan kadar asam urat.

2. Tomat dan terung

Selain brokoli, tomat dan terung juga termasuk jenis sayuran yang boleh dikonsumsi penderita asam urat karena kandungan purinnya yang rendah. Seperti yang Anda ketahui, bahwa penderita asam urat tidak diperkenankan mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan purin. Tak hanya itu, toat dan terung juga dilengkapi dengan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

3. Wortel dan ubi jalar

Tak hanya tomat dan terung, sayuran yang berasal dari akar seperti wortel dan ubi jalar juga memiliki kandungan purin yang rendah. Oleh sebab itu, oleh sebab itu, jika Anda menderita asam urat tidak perlu khawatir jika mengonsumsi wortel maupun ubi jalar.

4. Kentang

Sayuran lainnya yang juga rendah akan kandungan purin adalah kentang. Selain rendah purin, kentang juga kaya akan vitamin C, sehingga dapat membantu mengurangi kadar asam urat secara efektif.

5. Bayam

Sebenarnya, bayam adalah jenis sayuran yang memiliki kandungan purin. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab menurun penelitian purin yang berasal dari sayuran bisa dibilang aman dikonsumsi bagi mereka yang menderita asam urat.

6. Kacang-kacangan

Penderita asam urat biasanya dianjurkan untuk menghindari protein hewani. Oleh sebab itu, agar asupan protein dalam tubuh tetap terpenuhi, maka konsumsi kacang-kacangan dapat menjadi alternatif lain. Hal ini disebabkan karena kacang-kacangan termasuk jenis makanan yang mengandung protein cukup tinggi.

7. Jamur

Jamur merupakan jenis sayuran yang kaya akan serat dan rendah kalori. Dengan kandungan yang dimilikinya, jamur juga termasuk sayuran yang dapat dikonsumsi penderita asam urat.

Disamping mengonsumsi sayuran, penderita asam urat juga harus mengimbanginya dengan menerapkan pola hidup sehat berikut :

  • Olahraga teratur
  • Perbanyak minum air putih
  • Hindari konsumsi minuman ringan atau minuman yang terlalu manis
  • Hindari konsumsi minuman beralkohol
  • Berhenti merokok
  • Cukupi kebutuhan protein
  • Konsumsi susu rendah lemak
  • Jaga berat nadan ideal, sebab berat badan berlebih dapat meningkaykan tekanan pada sendi, sehinga memperburuk gejala asam urat.

Adakah sayuran penyebab asam urat?

Sebenarnya tidak ada jenis sayuran penyebab asam urat. Dalam hal ini, penderita asam urat masih boleh mengonsumsi sayuran yang sebetulnya menjadi pantangan untuk mereka, seperti jamur, kacang hijau, bayam, asparagus, brokoli, dan kembang kol, selama porsinya tidak lebih dari 1/2 cangkir per hari.

Selain mengonsumsi sayuran, penderita asam urat juga dianjurkan mengonsumsi buah-buahan yang dapat membantu mneurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi penderita asam urat di antaranya adalah buah ceri, lemon, jeruk, kiwi, buah beri, jambu biji, semangka, sirsak, hingga mangga.

Obat Herbal Asam Urat

Selain dengan menjaga pola makan sehat seperti mengonsumsi buah dan sayur, ada baiknya jika Anda juga mengonsumsi obat untuk mengatasi masalah asam urat. Anda dapat menggunakan obat herbal untuk asam urat jika tidak dapat mengonsumsi obat-obatan kimia. Salah satu obat asam urat herbal yang sangat ampuh dalam mengatasi kondisi tersebut adalah Rheumapas. Produk ini merupakan produk herbal asam urat yang dapat membantu meredakan gejala asam urat yang mengganggu secara alami. Obat ini juga terbukti aman dikonsumsi oleh berbagai kalangan karena terbuat dari 100% ekstrak alami berkhasiat. Selain aman dan hampir tidak menimbulkan efek samping, Rheumapas juga telah mendapat sertifikat halal.

Tinggalkan Komentar