Rheumapas

Beberapa Solusi Rematik Tanpa Obat Medis

Dalam istilah medis, rematik merupakan suatu penyakit yang menyerang area persendian. Sebenarnya, penyakit rematik di dalam dunia medis mempunyai lebih dari 100 macam penyakit. Salah satunya adalah rheumatoid artritis atau sering disebut radang sendi. Namun kebanyakan masyarakat lebih cenderung menyebut radang sendi tersebut dengan rematik dalam penggunaan istilah sehari-hari. Dalam kondisi kronis dibutuhkan solusi rematik yang tepat dan cepat.

Rematik ini menjadi kondisi kronis yang bisa mengakibatkan rasa nyeri, kekakuan pada beberapa bagian sendi, dan juga bengkak. Umumnya, gejala rematik muncul pada daerah sekitar pergelangan, kaki dan juga tangan.

Lansia Perempuan Diklaim Paling Banyak Mengidap Penyakit Sendi

Berdasarkan penelitian Kesehatan Dasar oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2018, persentase penyakit radang sendi paling banyak dijumpai pada mereka yang berusia lebih dari 45 tahun, terutama yang melewati usia 65 tahun. Jenis kelamin perempuan ditemukan lebih memiliki potensi terkena penyakit sendi dibandingkan dengan laki-laki.

Solusi Rematik Tanpa Obat Medis

Mengatasi gejala penyakit rematik menjadi hal utama yang banyak dicari oleh para pengidap rematik. Rasa nyeri pada bagian sendi yang timbul hilang sangat mengganggu aktifitas keseharian. Umumnya, dokter akan memberikan resep obat untuk meredakan rasa sakit akibat rematik yang sangat mengganggu. Disamping itu, terdapat beberapa solusi rematik alami seperti berikut.

1. Berhenti merokok

Sudah bukan hal baru lagi bahwa merokok dapat membuat kesehatan tubuh menjadi terganggu. Selain dapat memicu masalah kesehatan serius nantinya, merokok juga bisa mengakibatkan peradangan yang justru dapat memperparah gejala rematik. Rasa nyeri sendi akan bertambah apabila Anda terus menerus merokok dalam keadaan terserang rematik. Oleh sebab itu, berhentilah merokok sebagai solusi rematik terbaik yang alami.

2. Memperhatikan penggunaan sendi

Menyadari penggunaan sendi pada setiap aktifitas menjadikan Anda bisa menurunkan tekanan pada area sendi yang terserang rematik. Kegiatan berat seperti menggerakkan daun pintu saat mengangkat barang mampu memberikan tekanan pada bagian sendi. Oleh sebab itu, perhatikan penggunaan sendi dengan baik agar kesehatan sendi tetap terjaga.

3. Melakukan kompres

Memberikan kompres dingin menggunakan es batu di area sendi yang terserang radang bisa mengurangi pembengkakan. Sensasi dingin yang dihadirkan oleh es batu bisa membantu menurunkan rasa nyeri. Namun, apabila Anda merasakan gejala rematik misalnya nyeri atau tegang, Anda bisa mandi dan berendam dengan air hangat untuk meredakan masalah tersebut.

Selain berendam atau mandi, Anda juga bisa melakukan kompres hangat dengan memakai handuk yang sebelumnya sudah direndam dalam air hangat.

4. Relaksasi dan istirahat

Sangat penting bagi kita semua untuk memiliki kualitas tidur yang baik dan cukup. Usahakan untuk selalu tidur dalam waktu minimal 8 jam setiap harinya. Apabila Anda tidak cukup memenuhi waktu untuk tidur di malam hari, Anda bisa menggantinya untuk tidur di siang hari untuk solusi rematik terbaik.

5. Jahe

Jahe kerap dipakai sebagai salah satu solusi ketika terjadi keluhan mual ataupun rasa tidak nyaman pada perut. Kandungan zat pada jahe bersifat anti radang yang bagus untuk menurunkan peradangan seperti yang terjadi akibat gejala rematik. Dengan mengkonsumsi jahe secara rutin dapat menjadi solusi rematik yang tepat.

6. Menggunakan pereda nyeri

Produk gel, krim, lotion bisa digunakan langsung di kulit untuk solusi rematik atau radang sendi. Kandungan bahan aktif pada bahan tersebut dapat diserap kulit hingga menjadikan nyeri bisa berkurang sesaat.

7. Melakukan olahraga

Berolahraga secara rutin menjadi cara terbaik agar otot terlatih dan gerakan sendi menjadi lebih luas. Berjalan, pemanasan, aerobik dan juga berenang menjadi contoh olahraga sebagai solusi rematik karena tidak memberatkan sendi.

8. Meditasi mindfulnes

Meditasi ini merupakan momen kesadaran ketika kita berlatih dengan membawa perhatian penuh pada apa saja yang dilakukan saat itu. Melakukan meditasi ini bisa membantu pasien rematik untuk merasa tenang dan rileks sehingga rasa sakit maupun gejala rematik lainnya bisa teratasi.

Duduk pada satu posisi dalam durasi waktu cukup lama ketika berlatih meditasi mungkin dapat memberikan efek menyakitkan terutama bagi penderita rematik. Namun Anda bisa berkonsultasi dengan instruktur terlebih dahulu untuk memodifikasi teknik meditasi yang bisa membuat Anda merasa nyaman dan rileks dengan maksimal.

9. Mengatur pola makan

Makannan yang dikonsumsi bisa mempengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Beberapa contoh makanan yang disarankan untuk solusi rematik adalah jenis makanan dengan kandungan antiinflamasi dan antioksidan seperti rempah, buah-buahan, sayuran rebus atau mentah.

Demikian beberapa solusi rematik terbaik yang bisa dicoba tanpa harus menggunakan obat medis. Selain beberapa solusi di atas, Anda juga bisa mengkonsumsi obat herbal Rheumapas yang dipercaya mampu mengatasi rematik dengan tepat. Produk Rheumapas terbuat dari bahan temulawak dan sambiloto yang merupakan komponen baik untuk membantu meredakan rasa nyeri pada sendi.

Tinggalkan Komentar