Apakah Bawang Putih Dapat Turunkan Kolesterol? Ini Pembuktiannya

Rheumapas.com – Percaya atau tidak, beberapa orang menggunakan bawang putih bertujuan untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Hal ini dibuktikan dengan beberapa penelitian.

Dikutip oleh Times of India, suatu penelitian telah menemukan bahwa ekstrak bawang putih bisa menurunkan kolesterol sebanyak 7 persen. Pada pria yang memiliki hiperkolesterolemia, ekstrak bawang putih bisa untuk menurunkan LDL atau kolesterol jahat hingga 10 persen.

Penelitian lain juga mengungkapkan dengan mengonsumsi dua tablet ekstrak bawang putih setiap hari dalam enam minggu bisa turunkan kadar kolesterol total sebesar 12 persen, lalu kolesterol jahat (LDL) sebesar hingga 17 persen, dan juga menurunkan kadar trigliserida sebesar 5 persen.Sementara itu juga, bawang putih juga dapat meningkatkan HDL atau high-density lipoprotein (kolesterol yang baik). Beberapa penelitian mengklaim bahwa kenaikan hingga 15 persen pada HDL.

Para peneliti memeriksa lipid darah keseluruhan akan membaik setelah mengonsumsi ekstrak bawang putih selama empat bulan. Walaupun tidak bisa dirasakan manfaatnya dalam waktu cepat, bawang putih dapat dijadikan obat jangka panjang untuk masalah kolesterol.

Meskipun bawang putih bisa meningkatkan profil lipid secara keseluruhan, meskipun dokter masih meragukan bukti lain yang kuat sehingga tidak jarang ada juga yang tidak merekomendasikan bawang putih sebagai obat penurun kolesterol.

Baca juga