Rheumapas.com – Sofa ataupun kursi yang lembut memang membuat kita nyaman pada saat duduk. Namun bukan berarti kita untuk duduk berlama-lama. Hal ini dikarenakan duduk yang terlalu lama akan berisiko terhadap kesehatan. Adapun beberapa risiko yang mungkin akan terjadi jika Anda duduk terlalu lama yakni 8 atau hingga 10 jam dengan posisi yang sama,

Berikut merupakan dampak bahaya duduk terlalu lama pada kesehatan:

  • Sakit punggung

    Kebiasaan duduk terlalu lamabiasanya sering dialami oleh orang-orang kantoran. Salah satu akibat dari duduk terlalu lama adalah sakit punggung terutama bagian bawah atau bagian tulang belakang secara keseluruhan. Hal ini disebabkan karena otot menjadi kaku akibat  dari duduk terlalu lama.

  • Gangguan terhadap fungsi metabolik

    Menurut penelitian, duduk terlalu lama hingga berjam-jam dapat mengganggu sistem metabolisme pada tubuh. Efek yang ditimbulkan akan terjadi penurunan kolesterol di dalam tubuh. Ini dapat mengakibatkan masalah kesehatan tubuh Anda.

  • Meningkatkan risiko diabetes

    Wanita yang duduk selama 7 jam dalam sehari memiliki risiko yang lebih tinggi terkena diabetestipe 2. Bila kebiasaan ini dilakukan dengan rutin, maka waspadalah terkena penyakit ini.

  • Nyeri di leher

    Duduk pada posisi tegak berjam-jam dapat menimbulkan rasa nyeri di bagian leher. Rasa sakit ini disebabkan karena peradangan pada bagian sendi di tulang belakang.

  • Mati muda

    Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa jika semakin lama anda duduk, maka semakin akan pendek pula usia anda. Ini dikarenakan duduk duduk terlalu lama akan mengembangkan lemak darah dan meningkatkan kadar kolesterol.

Risiko yang terjadi anda juga bisa terkena penyakit kardiovaskular yakni serangan jantung dan penyakit lainnya yang dapat menyebabkan hingga pada kematian.

Namun dari semua kabar buruk tersebut, ada beberapa tips yang bisa di lakukan agar Anda bisa terhindar dari gangguan kesehatan akibat duduk terlalu yang lama, yaitu :

  • Minum air lebih banyak

    Dengan minum air banyak sangat baik untuk kesehatan, hal ini jug akan ‘memaksa’ anda untuk lebih sering berdiri walaupun sekadar untuk mengambil air. Ini juga memungkinkan anda untuk lebih sering pergi ke toilet.

  • Berdiri sebentar setiap 30 menit atau perjam

    Berdirilah atau bisa melakukan aktivitas ringan pada setiap 30 menit sekali bertujuan untuk merilekskan tubuh agar tidak kekakuan.

  • Gunakan tangga

    Dari pada Anda menggunakan lift, lebih baik untuk menggunakan tangga sekalian ‘olahraga ringan’. Hal ini bisa membuat tubuh anda lebih bugar.

  • Gunakan meja fleksibel

    Jika memungkinkan, gunakanlah meja yang dapat diatur ketinggiannya, sehingga bisa diubah posisinya untuk digunakan pada saat duduk ataupun berdiri.

  • Menghampiri rekan kerja anda

    Hampiri langsung rekan kerja bila Anda ingin menyampaikan sesuatu dari pada Anda menggunakan telepon atau pesan singkat.


Baca juga