Rheumapas

Bagaimana Cara Menghilangkan Bengkak Rematik

Rheumatoid Arthritis atau yang biasa dikenal dengan rematik adalah  suatu penyakit yang ditandai dengan gejala kaku pada persendian. Baik itu pergelangan tangan, lutut, maupun bagian tangan yang umumnya terjadi pada pagi hari. Adapun penyakit tersebut juga menyebabkan kekakuan dan peradangan pada sendi yang disertai rasa nyeri, panas, bahkan pembengkakan. Lantas, jika terjadi pembengkakan, bagaimana cara menghilangkan bengkak rematik?

Sebelum mengetahui bagaimana cara menghilangkan bengkak rematik, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja gejala rematik yang sering muncul pada penderitanya. Di bawah ini beberapa gejala tersebut.

Berbagai Gejala Rematik yang Perlu Anda Ketahui

Seiring berjalannya waktu, rematik yang diderita oleh seseorang dapat menyebabkane erosi tulang. Hal ini berarti jaringan persendian mengalami kerusakan yang dapat menyebar ke bagian organ tubuh lainnya. Tentu saja, jika hal tersebut sudah terjadi Anda akan merasakan ketidaknyamanan dalam beraktivitas.

Aktivitas yang menggunakan kaki, tangan, dan sebagainya pun akan menjadi terhambat. Tak heran jika penderita rematik dapat memicu terjadinya penurunan kualitas hidup.  Yang mana penderita penyakit tersebut umumnya menyerang pada orang dewasa. Lebih tepatnya mereka yang berusia antara 40-60 tahun. Pada wanita sendiri lebih rentan mengalami penyakit rematik dibandingkan dengan pria.

Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui seperti apa saja gejala penyakit rematik tersebut. Yakni:

  1. Sendi yang terasa nyeri saat ditekan maupun disentuh
  2. Sendi yang membengkak
  3. Tangan yang memiliki warna kemerahan
  4. Lemas
  5. Terasa kaku pada sendi di waktu pagi hari
  6. Demam
  7. Berat badan yang mengalami penurunan

Untuk menghilangkan bengkak rematik dan berbagai gejala yang sudah dijelaskan di atas, pada dasarnya terdapat beberapa obat dan cara alami yang bisa Anda gunakan. Apa saja? Di bawah ini penjelasan selengkapnya.

Cara Menghilangkan Bengkak Rematik

Untuk menghilangkan bengkak pada rematik, Anda perlu menerapkan beberapa cara sederhana di bawah ini:

1. Istirahat dan relaksasi

Saat mengalami gejala rematik, yang perlu Anda lakukan adalah tidur yang cukup. Pada dasarnya tidur yang cukup memang kebutuhan setiap orang. Akan tetapi sebagai penderita rematik kualitas tidur Anda perlu lebih diperhatikan. Yakni dengan melakukan istirahat setidaknya delapan jam setiap malam serta usahakan untuk tidur siang beberapa saat.

Dengan cara yang sudah disebutkan tersebut, Anda bisa meredakan gejala rematik yang dirasakan. Lantas, bagaimana jika tidak bisa tidur karena merasa kelelahan atau stress? Jika Anda mengalami hal tersebut, maka Anda perlu melakukan relaksasi dengan melatih otot dan pernapasan sehingga pikiran dapat menjadi lebih rileks.

2. Yoga

Yoga merupakan campuran latihan yang berdampak rendah dalam mengolah pernapasan. Yoga sendiri sudah cukup dikenal dan dilakukan banyak orang. Dengan melakukan yoga, maka tubuh dan pikiran pun akan menjadi lebih rileks. Tak hanya itu, Anda juga bisa meredakan gejala nyeri sendi, menghilangkan stress ataupun ketegangan pada tubuh.

3. Olahraga

Satu lagi tips yang bisa Anda terapkan adalah dengan melakukan olahraga. Olahraga disini dapat melawan kelelahan, meningkatkkan jangkauan gerak sendi, memperkuat otot, serta bagus dalam melawan kelelahan. Anda juga bisa melakukan peregangan ringan dengan cara berenang, berjalan kaki, ataupun melakukan aerobic air.

Yang penting, sebisa mungkin untuk menghindari olahraga yang berat saat sendi terasa lemah serta meradang.

4. Gunakan minyak nabati

Cara ini bisa jadi salah satu alternatif pengobatan rematik. Minyak nabati sendiri dianggap bisa mengurangi rasa sakit serta kekakuan pada sendi yang terasa di pagi hari. Terlebih, minyak nabati memiliki kandungan berupa asam lemak esensial yang berupa asam gamma-linolenat. Yang mana kandungan tersebut dapat memberikan sedikit kelegaan pada bagian tubuh yang mengalami gejala rematik.

5. Kompres dengan es dan mandi air hangat

Saat sendi Anda mengalami peradangan dan pembengkakan, maka Anda bisa mencoba untuk mengompres sendi tersebut sebagai cara meringankan serta menghilangkan bengkak rematik. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah menghilangkan rasa sakit yang dirasakan serta merelaksasikan kejang otot agar lebih lega.

Apabila Anda tetap mengalami otot yang terasa sakit dan tegang, maka cobalah alternatif lainnya yakni dengan mandi air hangat. Mandi air hangat bisa Anda lakukan untuk menenangkan sendi. Anda bisa memanfaatkan handuk panas, bantal pemanas, ataupun benda pendukung lainnya yang bisa digunakan untuk menangkan sendi.

Dari berbagai cara di atas mana yang sudah Anda coba? Setidaknya Anda memilih beberapa langkah di atas untuk menghilangkan bengkak rematik ataupun gejala lain yang dirasakan. Anda juga bisa mencoba salah satu produk andalan untuk mengatasi penyakit rematik dengan Rheumapas.

Rheumapas merupakan obat yang dapat Anda gunakan untuk meredakan berbagai gejala nyeri sendi akibat penyakit rematik. Anda juga dapat menggunakan Rheumapas untuk mengurangi gejala lainnya yang disebabkan oleh penyakit rematik.

Tinggalkan Komentar