Jangan Disepelekan, Asam Urat Bisa Membahayakan Jantung

Rheumapas.com – Salah satu penyakit yang cukup sering menyerang masyarakat Indonesia ialah asam urat. Penyakit ini sering dianggap sebagai masalah kesehatan yang dialami oleh mereka yang berusia lanjut lanjut. Sayangnya, asam urat masih disepelekan karena dianggap hanya dapat memicu rasa nyeri pada persendian saja. Padahal, dampak  asam urat jika Anda biarkan sangatlah berbahaya bagi kesehatan.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 lalu, penyakit yang memiliki nama lain gout ini juga ternyata bisa meningkatkan risiko terkena serangan jantung hingga 2 kali lipat. Hal ini disebabkan karena tingginya kadar purin di dalam tubuh.

Purin memang bisa menjadi pemicu penumpukan kristal yang juga menyebabkan rasa nyeri, namun tingginya kadar purin pada tubuh juga ternyata dapat meningkatkan pada risiko penyakit jantung. Semakin banyak kadar purin dalam tubuh, semakin banyak pula kandungan yang bisa mengendap pada pembuluh darah. Jika pembuluh darah menjadi semakin sempit, maka aliran darah akan tersumbat dan pada akhirnya memicu datangnya serangan jantung.

Ada banyak sekali yang menjadi penyebab tingginya kadar purin dalam tubuh. Hanya saja, seringkali kondisi seperti ini dipicu oleh karena makan yang tidak sehat. Hobi mengonsumsi makanan yang kaya purin seperti jeroan dan makanan laut ditambah lagi dengan malas mengonsumsi sayur dan buah-buahan merupakan penyebab utama terbentuknya kristal asam urat. Karena alasan seperti inilah ada baiknya kita menerapkan pola makan yang lebih sehat setiap hari demi menghindari munculnya masalah kesehatan dan tentunya juga menurunkan risiko terkena serangan jantung yang bahaya.

Obat Asam Urat Alami dari Tumbuhan

obat asam urat tradisional dan pantangannya

Pakar kesehatan mengatakan bahwa kondisi penyakit ini dapat dikendalikan. Asalkan penderitanya juga mau berusaha untuk mengendalikan kadar purin atau asam urat pada tubuh. Caranya tentu saja adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat. Mereka tak lagi boleh mengonsumsi makanan tinggi purin dan menurunkan asupan makanan berlemak atau berkolesterol tinggi. Selain itu, rajin-rajinlah mengonsumsi makanan yang bisa menurunkan kadar asam urat seperti minyak zaitun, bawang putih, dan buah beri. Penderita asam urat sebaiknya semakin rajin dalam berolahraga dan minum air putih demi membantu proses peluruhan kadar asam urat pada tubuh.

Jika kita tidak memiliki penyakit asam urat, bukan berarti kita bisa tenang. Pastikan pula untuk selalu menerapkan gaya hidup yang sehat demi mencegah penyakit jantung. Sering-seringlah mengonsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah dan kurangi kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat seperti makanan cepat saji, makanan kalengan, atau bahkan makanan berpengawet.

Baca juga :