Rheumapas.com Pada beberapa kasus, penyakit asam urat tidak menunjukkan gejala apapun pada yahap awalnya. Gejala asam urat biasanya muncul ketika penderitanya sudah mengalami kondisi yang akut atau hingga kronis. Gejala asam urat yang paling umum terjadi adalah:

  • Nyeri sendi parah secara mendadak, yang sering terjadi pada pagi hari
  • Sendi bengkak dan lunak
  • Sendi terlihat kemerahan
  • Rasa panas terasa di sekitar sendi

Gejala asam urat biasanya muncul secara  tiba-tiba, tidak dapat diprediksi, dan sering juga terjadi di tengah malam. Pada kasus yang parah, nyeri pada sendi dapat terjadi dalam waktu berminggu-minggu. Jika Anda mengalami gejala seperti ini, maka encok yang Anda miliki cukup parah.

Sementara, ada pula yang merasakan gejala encok sampai 6-12 bulan, dengan intensitas yang berbeda pada tiap harinya. Bila Anda mengalami hal seperti ini, maka kondisi kesehatan Anda cukup parah dan sebaiknya harus segera periksakan diri ke dokter.

Kemungkinan ada tanda­ atau gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran dengan gejala tertentu, segera konsultasikanlah kepada dokter Anda.

Beberapa tahapan pada gejala asam urat yang bisa Anda rasakan

Gejala asam urat secara  umumnya dapat bervariasi pada setiap orang, tergantung dari tingkat keparahan dan kondisinya. Beberapa orang dengan kadar asam urat yang tidak terlalu tinggi bahkan tidak mengalami gejala apapun. Berikut inilah merupakan tahapan gejala asam urat yang dapat Anda perhatikan:

  1. Pada awalnya hanya meliputi satu sendi

Bila kristal asam urat telah menempel pada persendian, gejala awal yang muncul meliputi nyeri, pembengkakan, kemerahan dan jika Anda tekan atau disentuh terasa nyeri. Sendi-sendi yang terasa panas pada malam hari, juga bisa menjadi merupakan salah satu gejala asam urat.

  1. Mulai tersebar berbagai sendi

Menurut ( National Institute of Arthritis Musculoskeletal and Skin Diseases) tanda asam urat kambuh mulanya akan dirasakan pada bagian jempol kaki yang terasa nyeri. Beberapa sendi lainnya yang juga memungkinkan ikut merasakan nyeri ialah, pergelangan kaki, tumit, lutut, jemari tangan, siku hingga sendi-sendi tubuh lainnya.

  1. Durasi gejala semakin akan panjang

Jika Anda telah didiagnosis telah menderita asam urat, rasa sakit yang diderita akan mencapai kurun waktu 12 hingga 24 jam pada awal gejala pertama.

Selain itu, ketika nyeri sendi yang parah sudah bisa mereda, sendi Anda akan mengalami rasa tidak nyaman selama beberapa hari atau bahkan hingga mingguan. Jika asam urat tidak segera Anda tangani perawatan medis yang tepat, dikhawatirkan dapat mengakibatkan kerusakan sendi secara permanen.

  1. Sakit asam urat yang juga berdampak pada kulit

Setelah bertahun-tahun menderita asam urat dan juga merasakan kambuh-sembuhnya, kristal asam urat mungkin saja telah membentuk benjolan di bawah kulit. Benjolan ini tidak sakit, tapi biasanya akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

  1. Berisiko sakit ginjal

Risiko paling berbahaya dari asam urat adalah bisa menyebabkan batu ginjal hingga pada kematian. Kristal yang terbentuk akibat asam urat yang berlebih, bisa saja menempel hingga pada saluran kemih, dan biasanya pria yang lebih rentan terkena kondisi ini. Gejala batu ginjal akibat komplikasi asam urat dapat dirasakan dengan nyeri pada pinggang, demam, hingga urin bisa berdarah.

Pilihan pengobatan untuk asam urat tinggi

Pilihan pengobatan penyakit asam urat pada sebenarnya berdasarkan dari tingkat keparahan penyakitnya sendiri. Namun biasanya dokter akan memberikan beberapa resep pengobatan untuk membantu dalam menurunkan kadar asam urat yang tinggi.

Hal yang harus Anda pahami, tidak ada satu obat asam urat pun yang bisa membuat seseorang terlepas dari penyakit ini selamanya. Meski begitu, obat asam urat bisa  Anda konsumsi untuk mengendalikan dan meringankan gejala yang biasa muncul. Berikut beberapa obat asam urat pada umumnya diresepkan dokter adalah :

Non-steroid anti-inflammatory drugs (NSAIDs)

Obat ini digunakan untuk penghilang rasa sakit, nyeri, serta peradangan akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi. Biasanya dokter akan meresepkan obat asam urat ini jika gejala yang terjadi terbilang parah dan akut.

Colchicine

Colchinie (Colcrys, Mitigare) adalah jenis obat asam urat yang berfungsi sebagai penghilang rasa sakit. Obat asam urat ini bisa bekerja dengan dua cara yang berbeda yaitu untuk mengobati gejala asam urat yang akut dan mencegah kambuhnya asam urat. Umumnya dokter akan meresepkan obat asam urat ini, bila obat NSAID tidak cocok bagi Anda.

Steroid

Obat asam urat ini akan diberikan apabila obat NSAID dan juga Colchinie tidak dapat mengatasi gejala asam urat. Sama seperti NSAID dan Colchinie, kortikosteroid mempunyai fungsi utama yaitu penghilang rasa sakit. Contoh obat streoid, yaitu prednison dan lainnya.

Obat lainnya

Beberapa obat asam urat lainnya yang berfungsi sebagai mengendalikan tingkat asam urat dalam darah di antaranya, allopurinol, rheumapas(Obat Herbal), pegloticase, dan febuxostat.

Mengatasi asam urat tinggi di rumah

Mengonsumsi obat asam urat dengan teratur sesuai dengan resep dokter merupakan kunci. Akan tetapi dengan melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat juga sama penting untuk mengatasi dan mencegah penyakit asam urat. Beberapa perubahan gaya hidup yang dapat dilakukan untuk mengendalikan penyakit asam urat antaranya:

Memperhatikan asupan makanan

Tidak hanya melakukan diet rendah purin saja, namun, Ada baiknya Anda juga menghindari makanan yang memiliki lemak dan gula tinggi. Selain buruk untuk kesehatan, makanan ini juga dapat meningkatkan risiko Anda dalam terkena penyakit diabetes pada kemudian hari.

Perhatikan asupan cairan

Penting bagi Anda untuk memastikan asupan cairan dalam keadaan cukup untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi cukup baik. Sebisa mungkin Anda lebih banyak minum air putih, dari pada mengonsumsi air yang memiliki rasa.

Rutin olahraga

Rutin berolahraga bisa membuat Anda menjaga berat badan agar tetap ideal dan bahkan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Berolahragalah dengan teratur minimal 3 kali dalam seminggu dengan intensitas yang sedang.

 

Baca juga :