Apakah Pengapuran Tulang Bisa Disembuhkan?

Pengapuran atau Osteoarthritis tulang dapat didefinisikan sebagai terbentuknya dari jaringan tulang di tepi atau bagian tertentu pada tulang akibat dari deposit kalsium. Banyak yang menganggap bahwa pengapuran tulang identik dengan pengeroposan pada tulang. Lalu apakah pengapuran tulang bisa disembuhkan ?
Jika memang diagnosis osteoarthritis lutut sudah tegak, maka kondisi pengapuran itu memang tidak bisa disembuhkan (kecuali dioperasi untuk dibersihkan), tetapi nyeri dan rasa kaku biasanya berespons baik terhadap terapi. Dan kondisi perjalanan pada penyakit ini berbeda pada setiap orang.

Baca juga :  Olahraga Untuk Memperkuat Persendian Dan Tulang

Pengobatan Pengapuran Tulang

Ada berbagai pilihan yang dapat membantu menghilangkan nyeri dan kembali pada aktivitas biasanya.
Secara garis besar, pilihan dari terapi dari osteoarthritis lutut dibagi menjadi dua yaitu:
1. Tanpa operasi, dengan obat-obatan serta menjalani terapi Rehabilitasi
2. Dengan operasi, biasanya dilakukan jika kondisi Osteoarthritis nya tidak berhasil dengan tatalaksana non-operasi

Obat-obatan yang biasa diberikan marupakan penahan rasa sakit, suplemen sendi atau injeksi yang juga dimasukan kedalam celah sendi lutut. Obat-obatan ini biasanya hanya bersifat sementara.

Pasien harus mengerti selain dari obat-obatan, ia juga harus menaati terapi non-obat-obatan contohnya seperti menurunkan berat badan, mengurangi aktivitas yang terlalu banyak membuat beban pada lutut (jongkok, naik turun tangga, atau berdiri terlalu lama), segera dimulai latihan penguatan otot pada paha depan yang dapat mencegah berlanjutnya pada kondisi osteoarthritis lutut. Konsultasi dengan dokter Spesialis akan membantu pasien dalam memahami tatalaksana non-farmakologik tersebut.

Baca juga