apakah jengkol baik untuk asam urat

Apakah Jengkol Baik Untuk Penderita Asam Urat?

Apakah Jengkol Baik Untuk Penderita Asam Urat ?

Rheumapas – Petai dan jengkol merupakan makanan yang digemari oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Hanya saja, makanan yang dapat membuat aroma urine menjadi lebih menyengat ini disebut dapat menyebabkan datangnya penyakit asam urat. Berikut ulasannya.

Kandungan di dalam petai dan juga jengkol

Pakar kesehatan menyebut petai sebagai salah satu makanan yang kaya dengan kandungan nutrisi, tepatnya karbohidrat, protein, lemak, magnesium, kalsium, dan antioksidan. Hal ini berarti, jika kita mengonsumsinya, maka kita juga bisa mendapatkan banyak manfaat untuk kesehatan. Sementara itu, jengkol juga memiliki kandungan lemak, karbohidrat, serat, protein dan antioksidan yang mampu membantu tubuh dalam melawan paparan buruk dari radikal bebas.

Lalu Apakah Jengkol Baik Untuk Asam Urat ?

Cara agar dapat menurunkan risiko asam urat meski suka makan petai dan jengkol

Beruntung, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kita masih dapat menikmati petai dan jengkol namun tidak akan mengalami peningkatan risiko untuk terkena asam urat. Hanya saja, kita juga harus benar-benar dalam memperhatikan beberapa hal ketika mengonsumsinya.

Berikut merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan tersebut.

1. Memasaknya terlebih dahulu

Jangan mengonsumsi jengkol dan petai ketika masih dalam kondisi mentah. Sebaiknya kita mengonsumsinya pada saat setelah direbus atau digoreng. Dengan memasak kedua bahan makanan ini, maka kadar purin yang ada di dalamnya bisa diturunkan dengan signifikan.

2. Jangan mengonsumsinya dengan berlebihan

Mengingat kadar purin dalam jengkol dan petai termasuk cukup tinggi, kita sebaiknya juga membatasi konsumsi petai dan jengkol. Sebagai contoh, dalam sekali makan, kita sebaiknya untuk mengonsumsinya beberapa butir saja, jangan sampai makan berlebih.

3. Memperbanyak asupan air putih

Pakar kesehatan menyarankan agar memperbanyak asupan air putih jika ingin mencegah datangnya asam urat. Apalagi jika kita gemar makan jengkol. Dengan tubuh yang terhidrasi dengan baik, maka proses peluruhan zat asam urat pada tubuh akan berlangsung lebih baik.

4. Memperbanyak asupan buah yang tinggi vitamin C

Mengonsumsi buah yang tinggi dengan kadar vitamin C-nya bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kita juga akan mendapatkan manfaat lainnya.

5. Rutin berolahraga

Jika kita gemar memakan jengkol dan petai, pastikan bahwa kita juga rajin untuk berolahraga. Berdasarkan sebuah penelitian, dihasilkan fakta bahwa dengan rutin berolahraga akan menurunkan risiko untuk terkena kenaikan berat badan dan penyakit asam urat dengan signifikan.

Selain dengan menerapkan hal-hal tersebut, pakar kesehatan juga meminta kita untuk tidak sembarangan dalam mengonsumsi makanan tinggi purin lainnya seperti makanan laut, daging berlemak, jeroan, dan lain-lain. Dengan melakukannya, maka kita pun tidak akan mudah terkena penyakit seperti asam urat.

Baca juga

 

Tinggalkan Komentar