Rheumapas

mandi air hangat saat demam

Apakah Boleh Mandi Air Hangat Saat Demam?

Apakah Boleh Mandi Air Hangat Saat Demam?

Rheumapas.com – Banyak orang yang ragu apakah boleh mandi ketika demam karena takut memperparah kondisinya. Jadi, apakah boleh mandi ketika sedang sakit? Berikut adalah jawaban lengkapnya.

Yang terjadi ketika tubuh sedang demam

Demam sebenarnya bukanlah merupakan suatu penyakit, melainkan gejala umum dari pada berbagai penyakit. Demam ditandai dengan suhu tubuh yang akan meningkat, badan menggigil, lemas, sakit kepala, serta nyeri otot ataupun sendi.

Demam merupakan hasil dari proses peradangan di dalam tubuh, saat sistem imun sedang melawan infeksi. Proses peradangan ini lalu kemudian melepaskan senyawa kimia yang khusus untuk dibawa menuju hipotalamus melalui aliran darah. Hipotalamus merupakan sebuah struktur di otak yang berfungsi mengatur suhu tubuh.

Di hipotalamus, senyawa kimia yangt akan membuat suhu tubuh menjadi lebih tinggi. Karena adanya senyawa ini, tubuh pun menjadi keliru menganggap bahwa suhu tubuh yang normal justru adalah yang panas. Nah, hal inilah yang menjadi penyebab ketika terserang demam.

Aturan aman mandi ketika sakit demam             

Orang yang sakit demam diperbolehkan untuk mandi. Pasalnya, mandi tidak berkaitan dengan proses demamnya itu sendiri. Bahkan jika memungkinkan, Anda tetap disarankan mandi dua kali sehari bertujuan untuk menjaga kebersihan tubuh. Tidak hanya itu, pada dasarnya mandi ketika sakit tetap dianjurkan karena bisa menghindarkan Anda terkena infeksi lainnya.

Lalu apakah boleh mandi air hangat saat demam?

Yang perlu diperhatikan ialah suhu airnya. Mungkin Anda menganggap bahwa air dingin akan memberikan rasa nyaman pada tubuh ketika sedang “kepanasan”. Akan tetapi, dokter dan tenaga kesehatan di seluruh dunia tidak hal itu untuk mandi air dingin saat sedang sakit atau barang tidak fit. Ini justru malah dapat memperburuk kondisi Anda.

Tubuh yang panas ketika demam adalah naluri alami yang diperlukan tubuh dalam mempertahankan diri. Jika Anda mandi  dengan air dingin, tubuh justru akan menganggapnya sebagai ancaman pada proses melawan infeksi. Akibatnya, tubuh semakin meningkatkan suhunya dan demam pun akan menjadi semakin parah. Pasalnya, air dingin bekerja menutup pori-pori sehingga akan menghambat berpindahnya suhu tubuh.

Selain itu, mandi air dingin juga akan berisiko menurunkan suhu tubuh secara tiba-tiba. Hal ini akan memicu badan menjadi menggigil. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menghindari mandi air dingin ketika sedang sakit.

Tips merawat diri selama Anda Ketika sedang demam

Jika setelah mandi Andapun masih merasa tidak nyaman atau merasa suhu tubuh  menjadi semakin meningkat, Anda bisa minum obat pereda nyeri seperti (acetaminophen, ibuprofen, atau aspirin) untuk meredakan berbagai gejalanya. Ikuti petunjuk dokter atau bisa baca label kemasan untuk tahu dosis yang tepat. Tidak hanya itu, Anda juga tentu harus berhati-hati agar tidak menggunakan lebih dari satu obat memiliki kandungan acetaminophen, seperti obat batuk dan pilek.

Segera hubungi dokter jika kondisi Anda juga tidak kunjung membaik selama lebih dari 3 hari dan suhu tubuh Anda mencapai pada 39 derajat celsius atau lebih.

Baca juga

 

Tinggalkan Komentar