Rheumapas – Alpukat merupakan salah satu buah yang banyak menjadi favorit banyak oran. Buah yang satu ini, cocok bagi Anda yang sedang menderita asam urat.

Biasanya, kita sering mengonsumsinya dalam bentuk jus dipadu dengan rasa yang manis dan disajikan dingin. Apalagi banyak di sekitar kita untuk mendapatkannya, mulai dari toko khusus jus hingga di warung makan.

Siapa sangka jika dengan rutin makan buah alpukat, asam urat yang menumpuk pada darah bisa kembali normal. Namun jangan salah cara mengonsumsi buah yang satu ini. Karena bisa-bisa khasiatnya bisa hilang.

Apa yang menjadikan buah alpukat Special?

Karena alpukat memiliki lebih dari 20 jenis vitamin di dalamnya, juga mineral, dan juga fitonutrien yang dapat membuat Anda tetap hidup sehat.

Itulah mengapa alpukat layak mendapat perhatian para penderita asam urat, dan alpukat harus menjadi bagian makanan dalam sehari-hari.

Kandungan Pada Buah Alpukat

Direkomendasikan untuk mengkosumsi setiap hari sebanyak 100 gram saja. Itu sudah mencakup kebutuhan vitamin K sebanyak 26 %, folat 20 %, vitamin C 17 %, kalium 14 %, vitamin B5 14 %, vitamin B6 13 %, vitamin E 10 % dan juga mengandung magnesium, tembaga, besi, fosfor, vitamin A dan banyak masih banyak lagi lainnya.

Selain itu alpukat juga hanya memiliki 160 kalori, 2 gram protein, dan sekitar 15 gram lemak sehat. Sebenarnya alpukat memiliki 77 % kalori pada bentuk lemak, tapi tenang saja ini merupakan lemak yang sehat.

Lemak pada alpukat sebagian besar dalam bentuk asam oleat, asam lemak tak jenuh tunggal juga ditemukan pada minyak zaitun. Asam oleat merupakan antioksidan kuat, yang terbukti dalam mengurangi peradangan yang menawarkan beragam manfaat kesehatan lain bagi para penderita asam urat.

Tahukah Anda jika alpukat memiliki lebih banyak kalium per 100 gram dari pada buah pisang? Ini sangat penting untuk penderita asam urat. Karena kalium dapat membantu mengeluarkan asam urat dari dalam tubuh.

yang dapat membantu penderita asam urat untuk menghindari tekanan darah tinggi stroke hingga gagal ginjal. Alpukat juga memiliki serat yang tinggi, sehingga dapat membantu mengatur kadar gula darah untuk menghindari diabetes.

Dan juga turut berkontribusi pada penurunan berat badan, karena dengan makan alpukat bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Buah ini juga bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik, serta mengurangi trigliserida darah, sekaligus mampu menurunkan kolesterol jahat.

Fakta Dari Buah Alpukat

Apa yang harus diketahui bagi penderita asam urat adalah studi yang menunjukkan bahwa ekstrak dari buah alpukat benar-benar bisa mengurangi gejala radang sendi dan juga osteoarthritis.

Ini dilakukan karena dapat mencegah apa yang kita sebut sintesis prostaglandin E2, pro-inflamasi, didalam jaringan ikat. Vitamin E pada buah alpukat juga dapat membantu memperbaiki kartilago sekitar sendi.

Apa pun yang Anda lakukan, pastikan untuk memakan alpukat setiap hari dalam waktu seminggu, untuk mendapatkan kehasiat dari makanan yang super ini. Anda dapat menambahkannya sebagai salad, membuat guacamole, atau menambahkannya ke dalam semua jenis resep atau bisa memakannya langsung.

Dan perlu diingat, jangan pernah menambahkan gula atau pemanis lainnyake dalam alpukat. Gula justru dapat memperburuk kondisi asam urat. Jika ingin rasanya sedikit manis, tambahkan satu atau dua sendok madu kedalamnya. Madu mengandung antioksidan yang cukup kuat, yang membantu dalam meredakan peradangan.

Baca juga