Rheumapas

Amankah Alpukat Bagi Penderita Asam Urat?

Amankah Alpukat Untuk Penderita Asam Urat?

Penyakit asam urat yaitu kondisi yang dapat menimbulkan rasa nyeri, bengkak, dan terasa panas pada persendiaan. Kondisi ini akan mengganggu aktivitas pada penderitanya mengharuskan untuk berdiam diri merasakan gejalanya. Bagi kamu yang gemar memakan buah, apalagi buah alpukat,ini merupakan berita baik. Pasalnya alpukat dapat mengobati penyakit asam urat.

Lalu Amankah Alpukat Untuk Penderita Asam Urat

Nah, maka dari itu untuk penderita asam urat sebaiknya konsumsilah buah alpukat, sebab alpukat mampu digunakan dalam menurunkan kadar asam urat pada tubuh. Selain itu alpukat juga memiliki kandungan fitonutrien dan juga mineral yang baik untuk kesehatan tubuh dan mencegahnya terhidar dari serangan radikal bebas.

Alpukat juga memiliki kandungan gizi yang banyak. Pada 100 gram alpukat saja sudah mengandung semua kebutuhan tubuh contohnya seperti Vitamin A 10%, vitamin C 17%, vitamin E 10%, kalium 14%, vitamin B6 13%, vitamin B5 14%, vitamin K 26%, senelnium, tembaga, besi, magnesium, seng, fosfor dan banyak lagi yang lainnya.

Kandungan alpukat yang lainnya yaitu 160 kalori, 15 gr lemak, dan protein 2 gr. Alpukat memang mengandung lemak, namun lemak di sini ialah lemak sehat yang tentunya sangat menyehatkan bagi tubuh.

Selain untuk penderita asam urat, alpukat juga mempunyai manfaat lain yang dirasakan jika mengonsumsinya.

  1. Mengatasi peradangan

Karena alpukat memiliki kalium sebanyak 100 gram, dan bisa berguna untuk mengatasi peradangan yang terjadi saat asam urat kambuh. Sama halnya seperti buah pisang yang memiliki manfaat, namun kandungan pada alpukat lebih besar ketimbang pada pisang.

  1. Menurunkan berat badan

Alpukat memiliki kandungan serat banyak, sehingga ketika orang mengonsumsinya maka akan membuat perut menjadi terasa kenyang lebih lama. Dengan kata lain kita akan terhindar dari makan lebih lama, dan tentunya bisa menjaga pola makan yang rakus sehingga berkontribusi dalam hal menurunkan berat badan.

  1. Mengurangi risiko terkena penyakit

Ini juga merupakan hal yang sangat penting. Selain bisa menurunkan kadar asam urat. Mengonsumsi alpukat juga dapat mencegahmu terhindar dari risiko serangan jantung, gagal ginjal diabetes, , dan stroke.

Nah, itulah merupakan beberapa kandungan gizi yang dimiliki alpukat, baik untuk mengatasi asam urat atau bahkan mencegah agar tidak terkena penyakit lain yang sewaktu-waktu akan menyerang tubuh.

Source

https://www.bakul.my.id

Baca juga

 

Tinggalkan Komentar