Rheumapas

Aman dan Alami, Inilah Berbagai Tanaman Obat Asam Urat

Asam urat adalah gangguan kesehatan yang ditandai dengan munculnya gejala berupa nyeri yang tidak tertahankan pada bagian sendi dan dapat disertai dengan pembengkakan dan adanya rasa panas di area tersebut. Kondisi ini tentunya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, sehingga harus segera diatas. Salah satu cara untuk mengatasi gangguan asam urat adalah dengan memanfaatkan tanaman herbal. Lantas, apa saja tanaman obat asam urat yang dapat dimanfaatkan? Simak ulasan berikut.

Mengenal Penyakit Asam Urat

Sebelumnya, perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya asam urat merupakan zat yang dihasilkan oleh tubuh secara alami untuk memproses zat purin yang terdapat pada makanan. Biasanya,asam urat yang tidak terpakai tidak dibiarkan menumpuk di dalam tubuh melainkan dibuang melalui urine dan feses. Hal yang membuat bahaya adalah ketika asam urat diproduksi dalam jumlah yang terlalu banyak dan ginjal tidak mampu untuk membuangnya.

Sementara itu, seperti yang telah dijelaskan bahwa penyakit adam urat adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala berupa nyeri sendi yang tidak tertahankan. Semua bagian sendi di tubuh memiliki risiko terkena asam urat, namun bagian yang paling sering adalah jari tangan, jari kaki, lutut, dan pergelangan kaki. Selain itu, penyakit asam urat juga lebih sering terjadi pada laki-laki, terutama mereka yang usianya di atas 30 tahun.

Sedangkan pada wanita, penyakit asam urat biasanya muncul setelah mengalami menopause. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa sakit yang dapat berlangsung selama rentang waktu 3 sampai 10 hari dengan perkembangan gejala yang sangat cepat dalam beberapa jam pertama. Meski demikian, hingga saat ini masih banyak orang keliru dalam membedakan penyakit asam urat dengan rematik. Faktanya, rematik merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan rasa sakit pada sendi atau otot yang mengalami peradangan.

Kadar asam urat tinggi di dalam darah pada akhirnya dapat menyebabkan terbentuknya kristal padat pada sendi, sehingga menimbulkan gejala asam urat yang lebih parah. Jika tidak segera diatasi, maka kristal padat ini dapat menebabkan berbagai penyakit atau komplikasi berbahaya, mulai dari kerusakan sendi permanene hingga penyakit ginjal.

Tanaman Obat Untuk Asam Urat

Hingga saat ini, masih banyak orang yang lebih mempercayakan penyakit asam urat yang dialaminya pada pengobatan tradisional alami. Pengobatan ini memanfaatkan tanaman alami yang dipercaya dapat mengatasi gejala asam urat yang dialami. Berikut ini adalah beberpa jenis tanaman obat untuk asam urat yang dapat Anda manfaatkan :

1. Daun sambiloto

Daun sambiloto memang memiliki rasa pahit ketika dikonsumsi, namun manfaat dari tanaman yang satu ini tidak bisa dianggap remeh. Hal ini disebabkan karena daun sambiloto memiliki kandungan zat kimia yang  bermanfaat untuk mengobati beberapa penyakit. Senyawa kimia tersebut antara lain adalah alkane, keton, kalium, natrium, kalsium, flavonoid, hingga aldehid. Tanaman ini juga dapat berperan sebagai antiradang, antinyeri, dan penawar racun yang tentunya dibutuhkan ketika asam urat menyerang.

2. Jahe

Jahe merupakan jenis rempah yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Selain dapat memberikan sensasi hangat pada tubuh,ternyata jahe juga dapat meredakan rasa nyeri akibat asam urat tinggi. Jahe memiliki kandungan yang efektif dalam mengatasi gejala asam urat sekaligus dapat melancarkan peredaran darah. Jahe juga memiliki kandungan fitokimia yang dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

3. Daun seledri

Daun seledri juga merupakan tanaman obat asam urat yang tak kalah baik. Dengan mengonsumsi daun seledri sendiri dapat menjadi alternatif mengatasi gejala asam urat secara alami. Hal ini disebabkan karena daun selediri memiliki banyak kadungan yang baik untuk penderita penyakit asam urat, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, zat besi, flavonoid, dan apiol. Tak hanya itu, daun seledri juga dilengkapi dengan kandungan glikosida yang efektif dalam mengatasi asam urat.

4. Kunyit

Selain jahe, kunyit juga merupakan jenis rempah yang memiliki manfaat untuk penderita penyakit aam urat. Pada dasarnya kunyit memang seringkali dijadikan sebagai bahan pengonatan tradisional lantaran manfaatnya yang tidak diragukan lagi. Bahkan, sudah sejak lama kunyit dipercaya untuk mengobati gejala akibat penyakit asam urat secara efektif.

5. Brotowali

Brotowali adalah salah satu jenis tanaman obat asam urat yang dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh manusia (immuno-modulator). selain dapat meredakan gejala asam urat, tanaman herbal ini juga dapat membantu mengobati penyakit diabetes, kolesterol tinggi, hingga tekanan darah tinggi (hipertensi).

6. Temulawak

Temulawak menjadi jenis rempah selanjutnya yang dapat membantu mengatasi penyakit asam urat. Hal ini disebabkan karena tanaman obat asam urat yang datu ini kaya akan kurkumin yang memang bermanfaat untuk mengatasi nyeri dan peradangan pada sendi.

Selain tanaman obat asam urat di atas, Anda juga dapat mengonsumsi obat herbal asam urat yang lebih praktis dari pada harus repot meracik tanaman terlebih dahulu. Salah satu obat herbal yang sangat ampuh dalam mengatasi gejala asam urat adalah Rheumapas. Obat herbal Rheumapas mengandung ekstrak sambiloto dan temulawak yang sangat ampuh dalam mengatasi asam urat. Untuk keamanannya pun tidak perlu diragukan lagi, karena Rheumapas telah mengantongi izin edar resmi BPOM dan sertifikat halal dari MUI.

Tinggalkan Komentar