Rheumapas

9 Tumbuhan Obat Rematik dan Asam Urat

Penyakit rematik dan asam urat tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Rematik dan asam urat rentan diderita oleh orang yang mengalami diabetes, hipertensi, obesitas dan penyakit ginjal kronis. Jika rematik dan asam urat menyerang bagian persendian akan terasa nyeri dan membengkak. Untuk menanggulangi gejala munculnya penyakit tersebut dibutuhkan tumbuhan obat rematik dan asam urat untuk mengatasi nyeri secara alami.

Selain faktor penyebab diatas, penyakit rematik dan asam urat juga bisa terjadi akibat makanan yang menyisakan zat purin seperti makanan laut, jeroan, alkohol dan juga daging merah. Penumpukan zat purin yang berasal dari sisia makanan yang dikonsumsi menjadi faktor penyebab asam urat dan rematik. Apabila kondisi ini tidak segera ditangani maka bisa menyebabkan gagal ginjal, kelumpuhan bahkan sampai merenggut nyawa.

Tumbuhan Obat Rematik Dan Asam Urat

Penyakit rematik dan asam urat bisa disembuhkan dengan menjalani pola hidup sehat serta mengkonsumsi obat medis dari dokter. Selain itu, terdapat tumbuhan obat rematik dan asam urat yang bisa dijadikan pilihan untuk mengatasi masalah tersebut.

Adapun tumbuhan obat rematik dan asam urat yang dimaksud antara lain:

1. Tapak liman

Tumbuhan tapak liman memiliki khasiat diuretik atau melancarkan air seni. Apabila buang air kecil lancar, hal ini menjadikan kristal akibat asam urat dapat terbuang dengan baik melalui ginjal. Dengan demikian rasa nyeri akibat rematik dan asam urat pun bisa teratasi.

2. Sidaguri

Tumbuhan obat rematik dan asam urat berikutnya adalah sidaguri. Tumbuhan tersebut memiliki kandungan alkaloid hedrinea. Biji tumbuhan sidaguri memiliki khasiat penting untuk menghambat pembentukan enzim oksidase yang mengakibatkan penyakit sendi termasuk rematik dan asam urat.

3. Mahkota dewa

Di dalam tumbuhan mahkota dewa terdapat kandungan zat flavonoid yang sangat baik untuk mengatasi masalah asam urat tinggi. Zat ini berperan penting untuk membantu melancarkan peredaran darah menuju seluruh tubuh serta mencegah resiko penyumbatan pembuluh darah.

4. Tempuyung

Tumbuhan obat rematik dan asam urat berikutnya adalah tempuyung yang memiliki efek diuretik. Kandungan ini dapat memacu kristal serta batu ginjal keluar bersama urin.

5. Jahe

Jahe merupakan bahan rempah yang ternyata juga memiliki kandungan penting untuk meredakan rasa nyeri rematik dan asam urat. Untuk membuat ramuan jahe ini pun juga cukup mudah. Anda cukup menyediakan dua potong jahe lalu iris tipis dan rebus bersama air.

Setelah itu, tambahkan gula merah sesuai selera dan tunggu sampai mendidih. Mengkonsumi jahe hangat secara teratur dapat membantu mengatasi peradangan sendi.

6. Lengkuas

Tumbuhan rempah yang dapat membantu mengatasi masalah rematik dan asam urat berikutnya adalah lengkuas. Mungkin Anda jarang menyediakannya didapur, namun bahan alami ini sangat mudah ditemukan di pasaran. Anda juga bisa membuat ramuan berkhasiat ini dengan simpel.

Caranya dengan mencuci rimpang lengkuas lalu parut sampai halus. Setelah itu, peras parutan lengkuas dan ambil sarinya. Sari dari lengkuas ini bisa dioleskan sebagai obat pereda nyeri sendi secara rutin sehari 2 kali.

7. Daun sirsak muda

Selain buahnya yang enak dan menyehatkan, ternyata daun sirsak juga memiliki khasiat penting untuk kesehatan tubuh. Salah satu khasiat tersebut adalah meredakan nyeri akibat rematik dan asam urat.

Adapun cara membuat ramuan daun sirsak ini adalah dengan mengambil 5 lembar daun sirsak muda. Kemudian rebus dengan air sampai mendidih. Ramuan herbal tersebut dapat dikonsumsi setelah dingin. Anda bisa mengkonsumsi ramuan ini secara rutin sehari 2 kali.

8. Daun kumis kucing dan temulawak

Tumbuhan obat rematik dan asam urat adalah daun kumis kucing. Daun kumis kucing bisa dikombinasikan dengan temulawak untuk mendapatkan hasil maksimal. Tumbuhan ini bisa dijadikan ramuan yang menyehatkan termasuk untuk membantu meredakan rasa nyeri dan pembengkakan.

Cara membuat ramuan daun kumis kucing dan temulawak ini adalah dengan mencuci 30 lembar dan temulawak secukupnya. Rebus semua bahan bersama 4 gelas air dan biarkan mendidih sampai tersisa 3 gelas saja. Minumlah ramuan ini secara rutin 3 kali sehari selama 1 minggu berturut-turut.

9. Sambiloto

Sambiloto juga termasuk tanaman yang dapat digunakan untuk mengatasi rematik dan asam urat. Daun sambiloto ini sebaiknya juga dikombinasikan dengan temulawak untuk mendapatkan hasil terbaik.

Cara meramu bahan herbal ini adalah dengan menyiapkan 30 g sambiloto, 30 g rimpang temulawak. Cuci bersih semua bahan, lalu potong bahan menjadi bagian kecil-kecil. Masukkan bahan ke dalam 2 gelas air dan rebus sampai mendidih. Setelah itu, tunggu sampai ramuan menjadi suam-suam kuku dan minum secara rutin 2 kali sehari. Minumlah masing-masing ½ gelas hingga Anda mendapatkan hasilnya.

Demikian beberapa contoh tumbuhan obat rematik dan asam urat yang bisa Anda gunakan untuk membantu meredakan nyeri sendi dan juga pembengkakan. Selain tumbuhan obat di atas, Anda juga bisa mengkonsumsi obat Rheumapas yang terbukti berkhasiat untuk meredakan nyeri sendi. Produk herbal ini juga dibuat dari bahan sambiloto dan temulawak sehingga mampu memberikan hasil terbaik untuk kesehatan sendi Anda.

Tinggalkan Komentar